KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Logo Bisnis yang Tepat Mudahkan Mendapat Keuntungan Lebih

Logo Bisnis yang Tepat Mudahkan Mendapat Keuntungan Lebih

MEBISO.COM – Tahukah kamu seberapa penting menentukan logo bisnis untuk menunjang bisnis? Nyatanya, masih banyak pengusaha yang abai terhadap salah satu media pemasaran satu ini. 

Kalau kamu termasuk pengusaha yang masih bingung terhadap fungsi dan jenis-jenis logo untuk bisnis, maka penjelasan dari artikel ini akan sangat membantu. 

Logo Bisnis Keren

Sebuah logo nantinya akan menjadi pengenal produk dan bahkan perusahaan. Jadi, ketika memutuskan untuk menempelkan logo, maka kamu perlu menemukan sebuah referensi yang berkesan untuk pelanggan. 

Karenanya, untuk menentukan sebuah logo tidak bisa sembarangan. Pertama, kamu harus memastikan logo tersebut keren. Ini dia tips membuat logo yang keren. 

1. Menjadi Representasi Produk

Pertama, logo bisnis itu harus bisa menjadi representasi dari produk. Artinya, ketika pertama kali melihat logo maka pelanggan bisa menilai mengenai produkmu. Untuk memudahkan, kamu bisa membayangkan mengenai hal pertama yang akan muncul ketika pelanggan memikirkan produkmu. 

Sekarang ini banyak pengusaha yang mulai menggunakan gambar-gambar atau simbol-simbol yang berkaitan dengan produknya. Atau bisa juga yang berkaitan dengan pemilihan nama merek. 

Jadi, untuk bisa mendapatkan logo yang berhasil mewakilkan produk, kamu bisa mempertimbangkan dari nama produk, nama bahan utama, dan nama mereknya. 

2. Tidak Berkaitan dengan Produk

Tips berikutnya untuk mendapatkan logo bisnis yang keren adalah kamu bisa memilih gambar-gambar dan ikon-ikon unik yang bahkan tidak berkaitan dengan produk. Pernah membayangkan merek sepatu yang berhasil terkenal hanya dengan logo tiga garis?

Faktanya, cara ini sangat berhasil menjadikan produk tersebut semakin terkenal. Tidak menggunakan gambar-gambar yang umum untuk produk sepatu, perusahaan ini justru memilih gambar unik yang berhasil menunjang penjualan produk. 

3. Menggunakan Singkatan

Menjadi favorit, logo bisnis online shop kerap menggunakan singkatan dari nama merek atau nama badan usahanya. Dengan penggunaan font, ukuran, dan juga coretan yang tepat maka kamu bisa berhasil mendapatkan logo yang keren. 

Untuk kamu yang memiliki bisnis online shop, logo ini nantinya bisa kamu gunakan juga sebagai profil sosial media atau toko online milikmu. Jadi, menentukan logo yang keren akan menjadi tugas utamanya. 

4. Memanfaatkan Fitur Terkini

Membuat logo bisnis sekarang ini juga bisa dengan cara memanfaatkan fitur-fitur canggih. Misalnya, dengan memanfaatkan aplikasi pembuatan logo bisnis digital. Dengan fitur canggihnya, kamu bisa langsung mendapatkan referensi logo merek terkini hanya dengan menunggu beberapa detik. 

Setelah memilih jenis bisnis yang akan kamu jalankan, berikutnya adalah dengan memaksimalkan kombinasi dari unsur-unsur logo yang bisa kamu gunakan. Ada beberapa referensi seperti gambar, garis, warna, atau ikon yang bisa kamu tempelkan dalam logomu. 

Namun, jangan lupa untuk memastikan masing-masing unsur ini menghasilkan kombinasi yang sempurna dan bisa menunjang fungsi dari logo itu sendiri. 

Logo Bisnis Online 

Kalau sekarang kamu sedang menjalankan bisnis online, maka pembuatan logo perlu menjadi perhatian utama. Pasalnya, saat ini semakin marak kemunculan bisnis-bisnis online baru di berbagai bidang. 

Apalagi karena kemudahan penyebaran informasi saat ini maka penentuan logo yang unik menjadi sangat penting. Untuk bisnis-bisnis yang memanfaatkan media sosial atau media online lainnya, kamu perlu memastikan logo yang kamu gunakan bukan gambar umum yang bisa kamu temui di internet. 

Memilih logo yang umum tidak hanya akan mengacaukan bisnismu tapi juga bisa mengakibatkan proses perlindungan logo menjadi terhambat. Setelahnya, tentu kamu perlu mengulang proses perlindungannya dari awal dan mengganti seluruh logo produk yang sudah tersebar. 

Contoh Logo Bisnis yang Pasti Sukses

Meskipun kali ini kamu sudah berhasil mendapatkan sebuah logo yang keren, ternyata pengusaha masih harus memastikan logo tersebut sukses di pasaran. Tentu bukan hal yang mudah untuk membuatnya sukses. Ini dia beberapa contoh logo bisnis online yang bisa sukses di pasaran. 

1. Beda dari Kompetitor

Logo bisnis utamanya menjadi sebuah pengenal dari produk-produk yang serupa. Karenanya, untuk bisa menjadi logo yang sukses, kamu perlu pertama kali memastikan kalau logo itu berbeda dengan milik kompetitor. 

Mudahnya, kamu perlu lebih dulu menentukan apa jenis dari bisnis yang kamu jalankan. Berikutnya lakukan penyortiran atau pengelompokan mengenai logo-logo yang mereka gunakan. 

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan inspirasi berikut petunjuk mengenai logo-logo yang perlu kamu hindari penggunaannya. 

2. Melakukan Pendaftaran

Untuk menjadi logo yang sukses, kamu perlu mengamankannya melalui sebuah perlindungan oleh pemerintah. Faktanya, semua logo yang berhasil di pasaran telah melakukan perlindungannya melalui DJKI. 

Meskipun prosesnya sangat sederhana, namun kamu perlu lebih dulu memastikan logo milikmu aman sehingga bisa berhasil melalui proses pemeriksaan. Hal ini yang kemudian menjadi tugas penting pengusaha. 

Sebelum berhasil mendapatkan sertifikat yang membuktikan kalau logo sudah terlindungi dengan sempurna, pengusaha perlu melalui beberapa lapis pemeriksaan dengan membandingkan logo-logo yang sudah ada. 

Memastikan logo bisnis yang aman adalah langkah pertama sebelum membuatnya menjadi tenar. Untuk memudahkanmu melakukan langkah pertama ini, mulai manfaatkan fitur Cek Merek dengan teknologi AI agar mendapatkan pertimbangan yang cepat dan tepat.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu