KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Produk Digital: Pengertian dan Ide Bisnis untuk Pengusaha

Produk Digital: Pengertian dan Ide Bisnis untuk Pengusaha

MEBISO.COM – Siapa sangka kalau ternyata sekarang ini produk digital juga bisa menjadi sebuah ide bisnis untuk pengusaha! Mau tahu apa pengertian dan juga jenis-jenis produk yang bisa kamu pasarkan? Berikut ini adalah bocoran untuk ide usahamu berikutnya!

Produk Digital Adalah 

Pengertian dari produk digital merupakan sebuah barang atau layanan yang dapat kamu tawarkan secara digital atau online. Artinya, kamu tidak perlu menampilkan produk secara fisik, namun hanya menggunakan data digital seperti file atau video.

Dari penjelasan di atas, kamu mungkin sudah banyak menemukan berbagai promosi terhadap produk yang serupa. Biasanya, yang paling sering adalah tawaran mengenai layanan atau jasa karena dengan begitu, pengusaha bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Contoh Produk Digital

Nah, agar kamu semakin paham dengan penjelasan di atas, berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas. 

1. Game Online

Contoh pertama dari produk digital yang bisa dijual adalah game online. Kalau kamu memiliki kemampuan dalam memproduksi permainan-permainan baru yang menarik, maka kamu bisa mencoba menawarkannya kepada pelanggan baru. 

Kegiatan yang kamu lakukan ini adalah termasuk memasarkan sebuah produk secara digital. 

2. Video Kursus

Kalau membuka kelas-kelas kursus secara offline membutuhkan modal yang sangat tinggi, maka kamu bisa mencoba untuk menawarkan kursus tersebut dalam bentuk video. 

Dengan begitu, kamu bisa menekan modal sekaligus mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi. Tentunya kamu tidak perlu khawatir, karena kemudahan aksesnya, maka video sejenis ini akan mendapatkan banyak peminat. 

3. Paket Internet

Karena sudah menjadi kebutuhan dasar, maka produk digital berupa paket internet bisa menjadi salah satu ide berbisnismu selanjutnya. Bahkan tidak hanya paket internet, karena kamu bisa menawarkan berbagai voucher digital lainnya. 

4. Software

Berminat untuk menjalankan bisnis di bidang IT? Karena kamu juga bisa menjual software sebagai salah satu jenis produk digital dengan peminat yang tinggi. Apalagi kalau kamu memang memiliki keahlian untuk membuat software tersebut, maka jangan ragu untuk mulai memasuki dunia bisnis dengan menawarkan software buatanmu. 

5. Template Design

Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan digital, tentunya kebutuhan untuk penggunaan template design juga semakin tinggi. Jenis produk ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki bakat di bidang editing. 

Tentunya, akan banyak pelanggan baru yang bisa menggunakan jasamu ini, dan kamu bisa menciptakan banyak keuntungan dari kemampuanmu tersebut. 

6. Filter Foto

Siapa yang sekarang ini tidak menggunakan filter foto? Nyatanya, meskipun sudah tersedia berbagai model filter foto baru, kemunculan beberapa filter foto lain bisa tetap menarik perhatian. 

Filter foto ini juga merupakan salah satu produk digital yang bisa menjadi salah satu ide bisnis menarik. 

Tips Menjual Produk Digital

Sudah mendapatkan ide jenis produk yang akan kamu jual? Nah, agar proses penjualan juga tetap berhasil mencetak keuntungan, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. 

1. Menentukan Platform 

Langkah pertama setelah menentukan produk adalah dengan memilih platform yang sesuai. Fungsi dari platform ini adalah untuk membantu proses pemasaranmu agar lebih mudah mendapatkan pelanggan. 

Nah, karena sekarang ini banyak sekali pilihan platform, kamu perlu melakukan riset lebih dulu. Pastikan kamu memilih platform yang sesuai dengan produk dan juga proses pemasaranmu. 

2. Tentukan Keunikan Produk

Meskipun sekarang ini sudah terdapat pilihan produk yang beragam, agar produkmu tetap laku di pasaran, maka kamu perlu menentukan kelebihan dari produk. Pastikan kelebihan tersebut bisa menjadi sebuah alasan pelanggan memilih produk yang kamu tawarkan. 

3. Maksimalkan Digital Marketing

Menawarkan produk digital secara digital merupakan sebuah terobosan baru untuk seluruh pengusaha. Pasalnya, dengan digital marketing kamu bisa menawarkan berbagai macam produk secara luas tanpa batasan. 

Cara ini akan membantumu mendapatkan banyak pelanggan baru, tanpa adanya batasan wilayah. 

4. Influencer Marketing

Kurang puas dengan hasil dari digital marketing? Mungkin inilah saat yang tepat untuk menggunakan nama besar influencer. Kamu bisa mencari influencer yang sesuai dengan value perusahaan atau karakter produk. 

Kamu bisa memanfaatkan tingginya popularitas dari seorang influencer tersebut untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru setiap harinya. 

5. Gunakan Website

Belum memanfaatkan website untuk menawarkan produk? Mungkin setelah ini kamu bisa mulai mempertimbangkannya. Website sekarang ini sudah menjadi alternatif tempat menawarkan produk. 

Tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk sewa toko, kamu bisa membangun toko onlinemu sendiri dengan menggunakan website. Tentunya cara ini akan sangat cocok dengan produk digital yang akan kamu tawarkan. 

Dari sini, kamu bisa menuliskan berbagai penjelasan lengkap dari produk agar pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai produk tersebut. Sebagai tambahan, kamu juga bisa memberikan fitur untuk pembelian secara langsung melalui website atau meneruskannya ke kontak perusahaan. 

Menjual Produk secara Aman

Sudah memutuskan produk digital yang akan kamu jual? Sudahkah menentukan sebuah nama yang cocok juga? Kalau belum, mulailah dengan Cek Merek untuk membantumu menemukan sebuah nama yang cocok dan aman.

Cek Keberhasilan Daftar Merek Hanya 1x KLIK!