KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cuma Disini! Tempat Pendaftaran Merek Satu-Satunya

Tempat Pendaftaran Merek

MEBISO.COM – Mau tau tempat pendaftaran merek yang paling tepat? Ternyata, untuk bisa melindungi merek, kamu cuma bisa memprosesnya di satu tempat saja! Perhatikan penjelasan berikut untuk mengetahui tempat pengajuan merek yang paling pas. 

Cari Tahu Tempat Pendaftaran Merek

Kenapa kamu perlu tahu tempat pendaftaran merek? Jadi, karena urusan perlindungan merek itu melibatkan pemilik merek dan negara atau pemerintah, kamu perlu menyesuaikannya dengan aturan yang dibuat oleh pemerintah.

Satu-satunya tempat yang bisa kamu tuju untuk mengamankan nama merek ternyata hanya sebuah sistem. Pastikan kamu sudah masuk ke dalam sistem yang benar untuk melindungi nama usaha. 

Ini adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Karena selanjutnya kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang tersedia, jadi pastikan saja langkah pertama kamu sudah tepat. Setelah menemukan sistem merek, kamu bisa meneruskan ke tahapan selanjutnya.

Sistem merek itu, adalah salah satu portal yang hanya menerima pengurusan untuk perlindungan nama usaha, dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Adalah website resmi dari DJKI

DJKI adalah satu-satunya tempat yang bisa memproses merek, dan untuk itulah kamu harus memastikan sistem tersebut benar-benar milik DJKI. 

2. Hanya untuk merek

Selanjutnya, karena DJKI sendiri juga menyediakan berbagai macam sistem perlindungan KI, kamu harus memastikan sistem tersebut adalah sistem merek. Bukan untuk paten apalagi untuk hak cipta. 

Salah memilih sistem, pengajuan kamu bahkan bisa tertolak. 

Langkah Setelah Menemukan Sistem Pendaftaran Merek

Karena memilih sistem itu baru langkah pertama, artinya ada tahapan-tahapan lain yang perlu kamu lakukan. Prosedur ini adalah penentuan sebenarnya untuk bisa berhasil melindungi nama usaha. 

Berikut adalah tahap-tahap yang perlu kamu ikuti sebagai pengusaha:

1. Siapkan dana

Tidak ada perlindungan tanpa investasi. Kalau mau nama merek aman, pastikan kamu juga bersedia mengeluarkan biaya perlindungan. Mulai dari biaya pendaftaran sampai biaya lain-lain juga perlu kamu siapkan lebih dulu. 

2. Mempelajari langkah-langkah perlindungan merek

Walaupun DJKI juga sudah menyediakan tahapannya berdasarkan urutan, tapi untuk keadaan tertentu ada langkah atau fitur yang tidak kamu perlukan. Misalnya adalah fitur ‘kuasa’ ketika kamu memproses mereknya sendiri.

3. Menyiapkan dokumen

Tentunya selalu ada dokumen yang perlu kamu siapkan setiap kali pengajuan merek. Misalnya, dokumen dasar seperti dokumen logo dan identitas. Tapi, dalam keadaan tertentu kamu juga akan perlu dokumen tambahan.

Contoh keadaan tertentu itu seperti, pengajuan jenis UMKM yang harus melampirkan surat pernyataan UMKM. Atau bisa juga kalau nama usahamu itu menggunakan nama orang, kamu perlu mendapatkan persetujuan tertulis dari pemilik nama tersebut. 

4. Menjamin keamanan merek

Terakhir, yang tidak kalah penting kamu juga harus bisa menjamin keamanan merek yang akan kamu ajukan. Parameter untuk bisa menjamin keamanan merek ini semuanya sudah tertulis dalam peraturan. 

Kamu harus bisa memahami seluruh parameter tersebut sebelum mengajukannya. Apalagi, merek yang gagal diajukan hanya bisa diusulkan kembali dengan membayar biaya pendaftarannya dari awal. 

Khawatir tidak bisa memenuhi seluruh tahapan di atas? Tenang saja, karena sudah ada solusi instan untuk pengusaha dalam melindungi nama merek. Solusi instan itu adalah Jasamerek.com. 

Biro jasa terpercaya yang bisa membantu pengurusan merek mulai A sampai Z. Apa yang perlu kamu lakukan? Cukup dua langkah mudah saja, dengan mengirimkan KTP dan nama merek, kamu sudah bisa mendapatkan bukti pengajuan keesokan harinya.

Tempat pendaftaran merek memang hanya bisa melalui DJKI, tapi sebagai pengusaha kamu juga bisa mencari cara mudah lainnya untuk bisa mendapatkan perlindungan dengan mudah. Salah satu kemudahan yang bisa kamu dapatkan adalah dengan menggunakan fitur Cek Merek dari Mebiso.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah