Technology

10 Prinsip Desain yang Baik Menurut Dieter Rams

 
  • 12
    Shares

   

Seorang pria dan legenda, Dieter Rams Product Designer dan seorang kepala desainer di perusahaan Braun menginspirasi banyak desainer modern saat ini dengan gagasannya, tentang 10 Prinsip Desain yang Baik. Dengan gagasannya itu Dieter Rams menginspirasi banyak desainer modern saat ini. Sebut saja Jonathan Ive (Jony Ive), seorang pemimpin tim desain di perusahaan Apple. Bertanggung jawab akan sejumlah produk Apple, termasuk MacBook Pro, iMac, MacBook Air, iPod, iPod Touch, iPhone, iPad, iPad Mini, dan iOS 7.

Berikut sepuluh gagasan Dieter Rams tentang prinsip desain yang baik:

Good Design Is Innovative

Desain yang baik adalah desain yang inovatif. Bukan banyaknya kemungkinan dari inovasi itu, dengan cara apapun pastinya akan melelahkan untuk melahirkan sebuah inovasi. Perkembangan teknologi akan selalu menawarkan peluang baru untuk melahirkan desain yang inovatif. Dan akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan teknologi itu sendiri, dan hal ini tidak pernah bisa menjadi tujuan akhir dari sebuah good design.

1 Good Design Is Innovative

Good Design Makes A Product Useful

Desain yang baik membuat sebuah produk berguna. Karena sebuah produk dibeli untuk dipergunakan sebagaimana semestinya. Untuk memenuhi kriteria tersebut sebuah produk tidak hanya dilihat dari fungsinya saja tapi juga secara psikologis dan estetika atau keindahan. Desain yang baik menomersatukan kegunaan dan mengabaikan apapun yang dapat mengurangi nilai kegunaan produk tersebut.

2 Good Design Makes A Product Useful

Good Design Is Aesthetic

Desain yang baik harus memiliki unsur keindahan, pastinya. Kulitas keindahan sebuah produk sejajar dengan kegunaannya karena produk digunakan setiap hari dan mempunyai efek pada kesejahteraan penggunanya. Hanya dengan eksekusi yang terbaik sebuah produk dapat menjadi cantik.

3 Good Design Is Aesthetic

Good Design Makes A Product Understandable

Desain yang baik membuat sebuah produk dapat dimengerti. Menjelaskan tentang struktur produk. Lebih baik lagi, dapat membuat produk secara jelas dan cepat mengungkapkan fungsinya dengan memanfaatkan intuisi pengguna. Dan bagian terbaiknya, produk dapat menjelaskan tentang dirinya sendiri (self-explanatory).

4 Good Design Makes A Product Understandable

Good Design Makes A Product Understandable

Desain yang baik itu rendah hati. Maksudnya disini, produk hanya digunakan memenuhi kebutuhan akan sebuah alat. Produk itu bukanlah benda-benda dekoratif maupun karya seni. Oleh karena itu desain yang baik harus dibuat dengan baik, netral, dan terkendali,. Membiarkan ruang kesempatan bagi penggunanya sebagai ekpresi diri.

5 Good Design Is Unobtrusive

Good Design Is Honest

Desain yang baik adalah desain yang jujur. Tidak membuat produk terlihat lebih inovatif, kuat atau berharga daripada yang sebenarnya. Tidak berusaha menipu konsumen dengan janji-janji yang akhirnya tidak dapat dipegang.

6 Good Design Is Honest

Good Design Is Long-lasting

Desain yang baik memiliki nilai berjangka panjang. Hal ini untuk menghindari produk hanya menjadi sebuah tren fashion yang cepat berganti dan tidak pernah bisa tampil sebagai produk yang antik. Tidak seperti tren fashion, desain produk yang baik dapat bertahan hingga bertahun-tahun bahkan dalam masyarakat saat ini.

7 Good Design Is Long-lasting

Good Design Is Thorough Down To The Last Detail

Desain yang baik adalah desain yang diperhatikan hingga detail terakhir. Tidak ada yang harus berubah-ubah atau membuatnya dengan untung-untungan. Perhatian dan akurasi dalam proses desain akan menciptakan sebuah bentuk penghormatan tersendiri kepada konsumen.

8 Good Design Is Thorough Down To The Last Detail

Good Design Is Environmentally Friendly

Desain yang baik adalah desain yang ramah lingkungan. Desain harus memiliki kontribusi dalam pelestarian lingkungan. Dalam hal ini desain dibuat dengan mempertimbangkan penggunaan sumber daya dan meminimalisir polusi visual maupun fisik, hingga seluruh siklus hidup dari sebuah produk.

9 Good Design Is Environmentally Friendly

Good Design Is As Little Design As Possible

Desain yang baik adalah desain yang dibuat seminimal mungkin “Less, but better”. Karena produk dibuat dengan berkonsentrasi hanya pada aspek-aspek terpenting, dan tidak membebani produk selain hal penting itu sendiri. Kembali pada kemurnian, kembali pada kesederhanaan.

10 Good Design Is As Little Design As Possible

source

Photos via ArchDaily. H/T A Continuous Lean.

Baca juga:

10 Kesalahan Umum yang Sering Terjadi pada Pembuatan Desain Website

[Infografis] Bagaimana Menjadi UX dan UI Desainer

15 Bahasan Desainer Website yang Umum Kita Dengar

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 12
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *