Leadership

20 Tips Menentukan Arah Masa Depan Selepas SMA

 
  • 53
    Shares

   

Ujian Nasional setingkat SMA/SMK sudah selesai. Berikutnya setelah ini adik-adik mau kemana? Buat kalian yang saat ini merasa bingung atau ragu, ingin menjalani masa depan seperti apa, sedang mencari tujuan hidup yang sesuai dengan karakter dirimu, maka berikut tips yang dapat membantu adik-adik.

1. Mari fokus dulu pada apa yang ada sekarang.

Jalani apa yang ada saat ini, misalnya bimbel untuk masuk PTN atau melamar kerja, lakukanlah sepenuh hati agar tidak ada penyesalan kelak.

2. Berkelilinglah.

Jangan batasi dirimu dengan satu hal. Mumpung liburan, lakukan hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Hal positif tentunya.

3. Katakan ya! pada kesempatan yang unik.

Daripada bosan dengan rutinitas, lakukan hal lain yang dapat membangkitkan minat Anda. Siapa tahu kesempatan aneh yang tiba-tiba datang bisa menuntunmu menemukan klik yang tepat pada pertimbangan masa depanmu.

4. Temukan masalah untuk diselesaikan.

Memiliki sebuah masalah untuk ‘dilawan’ dapat membuat Anda seolah memiliki lawan bermain untuk dikalahkan. Menemukan sebuah solusi akan membuat pekerjaan melawan masalah tersebut lebih berkesan dan bernilai.

5. Jangan terpaku dengan planning.

Kadang kehidupan tidak berjalan sesuai rencana. Jadi jika Anda merasa rencanamu keluar dari relnya, maka jangan khawatir. Masih banyak jalan menuju roma. Masih banyak cara yang belum kamu coba untuk menjadi lebih sukses.

6. Jangan mengikuti mimpi orang lain.

Mimpi orang lain adalah milik orang lain. Temukan mimpimu. Kemudian lakukan apa yang sesuai dengan hati kecilmu. Setidaknya kelak tidak ada rasa penyesalan di masa depan karena itulah keputusanmu.

7. Pertimbangkan talentamu.

Adakah hal yang tidak hanya membutuhkan satu jenis kemampuan, misalnya gabungan dari beberapa hal yang bisa Anda kerjakan dengan baik.

8. Carilah orang-orang yang memang kamu sukai.

Sesuatu lebih menyenangkan dan berkesan apabila kita melakukannya dengan mereka yang sudah cocok dengan kita.

9. Berikan kesempatan untuk berubah pikiran.

Kebanyakan kita memilih jalan hidup saat berumur 18 tahun. Tapi seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya tempat dan orang yang kita kenal, beberapa hal yang kita rasakan dulu mungkin akan berubah. Kenapa takut untuk berubah?

10. Mintalah nasehat pada mereka yang sudah berpengalaman.

Karena orang tua atau mereka yang sudah berpengalaman sudah pernah melalui apa yang sekarang sedang kamu lalui. Mereka bisa memberikan petunjuk yang bermanfaat.

11. Membaca buku.

Kadang anda akan menemukan sebuah buku yang tidak anda ketahui judul maupun pengarangnya, namun makna di dalamnya dapat mempengaruhi perjalanan hidup anda.

12. Jangan segan untuk minta bantuan orang lain.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Sehingga suatu saat kita juga membutuhkan orang lain untuk membantu mewujudkan impian kita.

13. Habiskan waktu sebelum menghabiskan uang.

Berinvestasilah dalam membaca, membicarakan, dan mencari tahu sebelum Anda menyalurkan sejumlah besar uang untuk sebuah gelar, sertifikasi, atau relokasi. Anda akan menyadari bahwa Anda tidak perlu selalu mengeluarkan uang untuk menyusun masa depan.

14. Jangan keliru antara pekerjaan dan tujuan.

Jika Anda bekerja untuk mencapai tujuan, jangan biarkan gaji (seberapapun nilainya) menjadi halangan untuk mencapai tujuan itu.

15. Berfikir jangka panjang

Berpikir secara jangka panjang bisa membantu Anda melihat apa yang benar-benar penting dan apa yang saat ini tidak ada dalam kehidupan anda dan perlu dilengkapi.

16. Anda tidak perlu menjadi yang terbaik.

Sangat sedikit orang yang menjadi terbaik dalam suatu hal. Melakukan yang terbaik bukan berarti harus jadi yang terbaik. Kadang anda mungkin gagal pada percobaan pertama, tapi hidup adalah kata lain dari kesempatan.

17. Jangan terus-terusan memperhatikan orang lain.

“Wah, si A dapat promosi” atau “Si A masuk PTN X”. Jangan sekalipun merasa iri sehingga perlu mengikuti track record kehidupan seseorang. Tidak ada orang yang selamanya berada di puncak atau di palung kehidupan mereka. Orang-orang yang Anda anggap saingan akan terus berganti. Jadi, daripada melihat obyek, fokuslah pada apa yang anda lakukan sekarang.

18. Saat anda menyadari telah terbawa arus, switch.

Kita sangat mungkin untuk terjebak dalam sebuah arus, misalnya fokus pada pekerjaan yang mudah dan menghasilkan, pekerjaan yang enteng dan tidak menekan. Jika Anda menyadari bahwa kini Anda sedang bersantai-santai, jalan anda pelan menuju impian anda, sudah saatnya mengubah jalan jika hal ini bisa menghentikan Anda dari mimpi anda.

19. Yakin pada kemampuan diri sendiri.

Berpeganglah pada apa yang Anda sukai, bahkan saat orang lain mencemoohnya. Hal ini juga bisa disebut sebagai integritas.

20. Rileks.

Karena Anda memiliki jutaan pilihan yang dapat Anda jalani. Hidup adalah kesempatan.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 53
    Shares

Artikel Terkait

4 komentar

  • 24 April 2013 - pukul 21:24

    Terimakasih sudah share artikel yang sangat bermanfaat.

  • 17 February 2015 - pukul 13:37

    Thanks artikelnya

  • Candra
    29 March 2015 - pukul 12:40

    Bismillah inspirasi banget!

  • David
    2 April 2017 - pukul 15:33

    Saya selalu mendapat nilai kecil di pelajaran mtk min bagaimana caranya yah orang tua saya selalu membingbing saya untuk harus bisa mtk tapi tetap saja sudah les sudah sekolah sudah nanya ke saudara tapi tetap sajah sajah kecil nilai saya

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *