Technology

Bagaimana Menggunakan Fitur Hangout di Google+ untuk Video Call

 
  • 1
    Share

   

Google+ bisa dikategorikan sebagai sosial media baru jika kita bandingkan dengan Facebook. Namun dia punya fitur yang jauh lebih lengkap dan fungsional dibanding Facebook. Di dalamnya, anda dapat melakukan video call dengan sesama pengguna Google+ lain yang tersebar di seluruh dunia (karena di dalam setiap akun GMAIL, kini sudah terdapat fitur Google+).

Nah, bagi anda yang sudah bosan dengan Facebook, Google+ bisa jadi alternatif playground baru anda. Di sini, kami akan menunjukkan bagaimana melakukan video call dengan Google+ atau yang lebih dikenal dengan nama Hangout. Ketika artikel ini ditulis, saya bahkan sampai dapat satu kenalan total stranger dari negeri Paman Sam melalui fitur Hangout. Seperti apa?

1. Silakan login ke http://plus.google.com dengan akun GMAIL anda. Google benar-benar serius menggarap sosial media ini, bukan sekedar proyek percobaan saja. Hal ini terbukti dengan seringnya frekuensi Google melakukan perombakan tampilan terhadap dashboard Google+ untuk menyesuaikan dengan kebutuhan user.

Google-Hangout (1)

2. Kemudian anda akan tiba di halaman dashboard. Halaman dashboard dalam screenshot kami menggunakan versi tanggal 30/07/2013. Di masa depan, mungkin halaman dashboard ini akan mengalami perombakan berkali-kali sehingga jika anda melihat tampilan dashboard Google+ anda tidak sama dengan screenshot di artikel ini, anda bisa sedikit menyesuaikan langkah-langkahnya.

Google-Hangout (2)

3. Arahkan mouse anda ke menu “Hangout Party” yang terletak di bagian kiri bawah sesuai tanda panah merah.

Google-Hangout (3)

4. Kemudian klik Start a Party. Sesuai namanya, kita akan mulai berpesta!

Google-Hangout (4)

5. Pada jendela “Post a Hangout Party Invitation”, Silakan tulis deskripsi singkat berisi kalimat yang mengundang. Kemudian set Audience ke Public agar semua orang (termasuk orang asing yang tak dikenal) bisa bergabung ke pesta Hangout anda. Atau jika anda tidak mau sembarang orang bergabung, maka anda bisa menulis audience secara lebih spesifik. Klik “Start Hangout” untuk mulai.

Google-Hangout (5)

6. Jika anda sudah terlanjur membuka jendela Hangout, namun anda ingin mengundang orang yang spesifik, misalnya sahabat anda, atau keluarga anda, maka anda cukup klik Invite People.

Google-Hangout (6)

7. Belum 5 menit berlalu, seorang asing bernama Tom bergabung ke dalam room Hangout yang saya buat. Belakangan saya ketahui bahwa dia berasal dari Virginia, Amerika Serikat.

Google-Hangout (7)

8. Tom rupanya adalah orang yang enak diajak ngobrol. Dia bahkan memberitahu caranya menambahkan dirinya ke dalam circle Google+ saya secara langsung. Dengan demikian, saya bisa menghubunginya lagi suatu saat untuk Hangout. Caranya mudah, tinggal klik nama orang yang terdapat di thumbnail foto, kemudian klik Add to Circle untuk menambahkan.

Google-Hangout (8)

9. Di dalam Google+ Hangout juga sudah ada fitur Screen Share yang berfungsi untuk mengatur tampilan apa yang ingin kita perlihatkan di layar monitor lawan bicara kita. Fitur ini sangat bermanfaat jika suatu saat kita ingin menyajikan presentasi kepada pendengar lainnya, atau sekedar nonton film bersama.

Google-Hangout (9)

10. Di dalam Google+ Hangout juga sudah ada fitur Google Effects untuk menambahkan sejumlah efek otomatis ke layar kita. Misalnya tanduk setan, ekor malaikat, kumis bajak laut, dan berbagai efek lucu lainnya (sayang ketika tengah dicoba, efek ini tidak dapat dijalankan di laptop saya).

Google-Hangout (10)

11. Terakhir adalah menu Youtube. Di sini, anda bisa memutar Youtube untuk kemudian ditonton bersama-sama dengan lawan bicara anda. Sama seperti fitur Screenshare. Namun di sini, anda tidak perlu berpindah ke jendela lainnya.

Google-Hangout (11)

12. Tom, sahabat asing kita yang baik juga membagikan trik seputar bagaimana menemukan random Hangout room yang sedang diselenggarakan di berbagai penjuru dunia. Anda cukup melakukan pencarian dengan kata kunci “Hangoutpost”. Kemudian pada menu “More”, klik Hangout untuk filter posting seputar Hangout saja. Maka hasilnya akan tampil sejumlah room Hangout yang bebas anda masuki (karena audience mereka telah di set ke Public).

Google-Hangout (12)

Nah pembaca MEBISO, sekian Tips Hangout yang dapat anda coba sendiri di rumah. Misalnya jika tahun ini anda berhalangan pulang kampung, atau anda sedang berada di negeri seberang, maka anda bisa gunakan Google+ Hangout untuk lebih mudah berkomunikasi dengan orang tersayang anda di rumah. Google Hangout dapat digunakan untuk menampung hingga 10 percakapan video sekaligus. Selamat lebaran, Minal aidin wal faizin. Teriring salam kami untuk segenap keluarga anda di rumah.

Sampai jumpa di Google+ ;-)


  • 1
    Share

Artikel Terkait

2 komentar

  • 16 August 2013 - pukul 20:36

    Photoshopnya udah jadul tuh, download yang CS2 gratis loh langsung di adobe.com gan Taufik. :)

    • 16 August 2013 - pukul 22:02

      iya nih mas, gak sadar sudah waktunya update software sama gadget. thanks infonya mas Jaka :-)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *