Running A Business

Ciptakan Hubungan Emosial Antara Brand dengan Pelanggan Melalui Pengalaman

 
  • 30
    Shares

   

Brand dan pelanggan adalah kesatuan

Saat Anda membuat sebuah brand dan menciptakan sebuah produk lalu memasarkannya, apakah yang Anda fikirkan? Banyak yang menyukai produk Anda? Banyak yang mencari produk Anda? Dan banyak yang membeli produk Anda? Itu alasan yang tepat saat Anda diberi pertanyaan apa yang Anda inginkan setelah brand dan produk sudah mulai dipasarkan. Tapi tahukah Anda pelanggan memegang peranan penting akan hal tersebut. Siapa yang akan mencari, membeli dan menggunakan produk Anda selain pelanggan Anda. Itu sebabnya sebelum mulai memasarkan produk ke pasaran, sebaiknya kita membuat target untuk tujuan penjualan dan pasar kita. Ini diharuskan karena tanpa adanya strategi dan target pasar yang jelas, produk yang kita hasilkan tentu tidak akan mudah untuk masuk dan diterima oleh pasar. Pasar akan sulit untuk mengenal dan mencari brand yang kita terbitkan.

Itu sebabnya brand dan pelanggan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dimana Anda menciptakan brand dan produk, disanalah Anda mencari dan menemukan pelanggan yang akan menggunakan produk Anda. Mereka akan menjadi aset berharga Anda. Terlebih saat produk Anda benar – benar mereka butuhkan dan berpengaruh bagi kegiatan sehari – hari mereka. Pelanggan akan membawa banyak pelanggan lain untuk mengenal dan menggunakan produk Anda.

Menciptakan hubungan emosional antara brand dengan pelanggan

Tahukah Anda, jika setiap orang yang ingin membeli suatu produk di pasaran, maka mereka terlebih dahulu menggunakan sifat emosional mereka. Salah satunya yaitu dimulai dari rasa ingin memenuhi kebutuhan mereka, rasa ingin memiliki apa yang mereka inginkan dan dilanjutkan dengan rasa ingin kembali menggunakan produk tersebut. Bukankah ini penting bagi seorang enterpreneur untuk mengetahui bagaimana sebenarnya hubungan emosional antara pelanggan Anda dengan brand dan produk yang Anda ciptakan? Sedikit banyak, pelanggan akan mendahulukan keinginan mereka dalam membeli suatu produk. Kemudian jika mereka menyukainya, mereka akan kembali menggunakannya.

Lalu bagaimana menciptakan hubungan emosional antara brand dengan pelanggan? Jelas melalui pengalaman menggunakan produk yang kita pasarkan. Setiap pelanggan tidak hanya ingin menggunakan dan menikmati manfaat dari produk yang mereka beli dari brand Anda. Mereka ingin mendapatkan pengalaman berbelanja dan menggunakannya dari bisnis Anda. Bayangkan Anda menciptakan dan menjual produk yang mampu membuat pelanggan Anda senang dan bahagia saat mengkonsumsinya, Anda membuat mereka selalu ingin membeli dan menggunakannya lagi. Ini akan berdampak baik untuk bisnis dan pemasaran yang Anda lakukan. Ini juga berlaku bagi Anda yang berbisnis dan brand Anda lebih dikenal secara online, Anda juga bisa menciptakan pengalaman tersebut melalui website bisnis Anda. Buat pelanggan mudah dan nyaman menggunakan dan melakukan transaksi di toko online Anda.

Selain pengalaman melalui produk yang Anda ciptakan, Anda juga bisa memberikan pengalaman melalui pelayanan yang Anda sediakan. Salah satu contohnya adalah pelayanan yang diberikan oleh customer support Anda. Sebagai penjual, tentu kita ingin memiliki pelanggan yang loyal dan terus menggunakan produk kita. Itu bisa dimulai dari pengalaman yang mereka terima saat mereka bertanya kepada kita. Bayangkan saja, pelanggan akan senang ketika ia bertanya kepada customer support kita dan mendapatkan jawaban serta obrolan yang ramah dan hangat. Mereka akan merasa dihargai dan benar – benar diharapkan. Dan tentu saja itu membuat mereka senang kembali membeli produk pada brand kita. Namun saat kita sudah tidak memberikan pelayanan yang baik dan bahkan produk yang mereka inginkan saja sudah tidak sesuai dengan apa yang kita berikan, kepercayaan mereka akan berkurang, bahkan hilang.

Ini menjadi hal yang harus selalu diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Jika ingin pelanggan menjadi seorang yang setia pada bisnis kita dan menjadi aset berharga bagi bisnis kita, maka berikanlah mereka pengalaman terbaik dari setiap produk atau layanan dan pelayanan yang mereka terima. Ciptakan hubungan emosional terbaik antara brand dan pelanggan Anda. Bawa mereka seolah – olah menjadi bagian terpenting dari apa yang Anda pasarkan.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Saatnya Masuk ke Era “Conversation” untuk Promosi Value Bisnis Anda

8 Cara Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan Melalui Website Anda

Pelajaran yang Bisa Anda Ambil dari Komplain Pelanggan


  • 30
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *