Running A Business

Kesulitan Ini yang Biasa Dialami oleh Pebisnis Online

 
  • 2
    Shares

Siapa bilang pebisnis sukses tidak pernah mengalami kesulitan atau kendala sekalipun. Mereka sama saja dengan kebanyakan pebisnis. Memulai bisnisnya dari mengumpulkan ide serta keberanian untuk memulai. Bagi setiap pebisnis online, kesulitan ini bukanlah hambatan untuk melanjutkan mimpi menjadi salah satu icon bisnis online sukses di Indonesia bahkan dunia. Tapi apa saja sih sebenarnya yang umum dialami oleh para pebisnis online ini?

1. Kurangnya keahlian di bidang teknologi atau programming

programming

Kebanyakan pebisnis online yang menggunakan website punya ketakutan ini. Mereka berfikir bahwa pemilik bisnis online harus memiliki keahlian khusus di bidang IT atau programming. Tapi nyatanya tidak. Setiap pebisnis online tidak harus menguasai berbagai ilmu di bidang IT termasuk programming yang berguna untuk membangun website toko online mereka. Mereka hanya perlu menguasai ilmu bisnis dan selalu mau untuk update seputar teknologi terbaru. Gunanya jelas untuk membantu meningkatkan performa atau kualitas dari bisnis online mereka. Inilah dulu yang diawali oleh Taufshwara Diasriandaru pemilik Jelasin.com. Meski berlatarbelakang di dunia IT, tapi ia tidak sepenuhnya menguasai dunia IT termasuk programming. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk tetap mendirikan stratup di bidang IT dengan berbekal kemampuan IT yang ia miliki, yaitu animasi.

Untuk pemilik bisnis online, tidak perlu bingung saat kamu tidak memiliki keahlian programming. Toko online kamu akan tetap berdiri kok. Buktinya sekarang ada banyak yang menjual jasa pembuatan website instan khusus toko online, seperti Jagoanstore.com. Ini menjadi solusi bagi siapapun kamu yang tidak memiliki keahlian programming untuk membangun website, juga memungkinkan untuk sukses membangun website toko online.

2. Produk yang rentan bila dikirim dalam jarak jauh

resiko pengiriman jauh

Ada kalanya produk yang kita jual tidak tahan disimpan lama atau sangat rentan saat dikirim dalam jarak yang sangat jauh. Seperti halnya produk makanan, minuman dan barang pecah belah. Resiko memang untuk produk yang kita kirimkan kepada pelanggan dengan jarak jauh. Saat ini memang jasa ekspedisi pengiriman barang menyediakan asuransi dan ganti rugi terhadap produk yang rusak ketika masa pengiriman. Tapi tentu harga yang harus kita bayarkan akan sedikit berbeda dengan biasanya. Dan ini membuat pelanggan kembali berfikir untuk membeli produk makanan atau barang pecah belah di toko kita jika harga yang dipatok sangat mahal.

Inilah yang dialami oleh Dapurmae.com, toko online yang menjual berbagai macam jenis dan bentuk cake. Berjualan online membuat May Irianti berfikir keras tentang bagaimana cara mengakali produk yang akan dikirim agak jauh. Tapi itu tidak menjadi halangan bagi wanita 31 tahun ini untuk terus mengembangkan toko online kue yang sangat memiliki banyak pelanggan setia ini.

Sebenarnya sekalipun harga yang diberikan sedikit lebih mahal, jangan ragu untuk menjelaskan kepada pelanggan berapa harga yang harus mereka bayarkan dan bagaimana solusi yang bisa diberikan oleh toko online kamu untuk dia yang sudah mengeluarkan banyak uang.

3. Bertahan pada keinginan hingga tidak jarang bertentangan dengan orang tua

bisnis keluarga

bisnis keluarga

Keinginan untuk mandiri dan memulai bisnis di usia muda terkadang tidak mendapat restu sepenuhnya dari keluarga termasuk kedua orang tua. Bisnis online yang notabennya adalah bisnis yang dijalankan dengan santai dan tidak terlalu sibuk seperti orang yang memiliki toko fisik, dinilai tidak cukup untuk menjadi karir bagi kita. Orang tua kita memang menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Hingga tidak jarang mereka menginginkan anaknya menjadi seorang pegawai kantoran atau pegawai negeri sipil. Sehingga menjadi seorang pebisnis online bukanlah pekerjaan yang cocok untuk dijadikan karir dan mata pencaharian utama.

Tapi tidak semua orang pantang menyerah untuk meneruskan keinginannya membangun bisnis online. Sekalipun awalnya tidak mendapat restu orang tua, mereka bekerja keras dan mampu membuktikan hingga akhirnya mengantongi ijin untuk mendirikan bisnis online dan sukses sampai saat ini, seperti yang dialami oleh Yukka Herlanda, owner Bro.do. Awalnya ia tidak memiliki ijin untuk mendirikan bisnis secara full time. Tapi setelah bekerja keras dan pantang menyerah, akhirnya ia berhasil mendapatkan ijin orang tua untuk berbisnis.

4. Sampai pengalaman website di “HACK”

hack

Ini sangat menyebalkan! Bukan hanya untuk blog atau website biasa, pengalaman terkena hack juga sering dialami oleh pemilik bisnis online yang menggunakan website. Bagaimana tidak menyebalkan, karena hacker bisnis mereka bisa jadi merugi banyak. Data tidak bisa diambil, pelanggan yang masuk ke website mulai pergi dan bahkan penjualan menurun drastis. Hack memang menjadi ancaman paling berbahaya untuk website, termasuk website toko online. Penting banget buat kita untuk memilih jasa hosting untuk website yang menyediakan fitur keamanan atau security untuk website toko online kita. Jika memungkinkan yang khusus untuk website toko online. Karena website menggunakan hosting untuk menyimpan berbagai data di website, maka memilih layanan hosting juga harus yang baik. Seperti di Jagoanhosting ataupun Beon.co.id.

5. Menyesuaikan keinginan pelanggan dengan kemampuan bisnis online itu sendiri, bahkan sampai ditipu pelanggan

customer

Tidak jarang pelanggan meminta berbagai macam produk, pelayanan hingga diskon yang tidak memungkinan kita untuk memberikan. Seperti halnya saat kita menjual produk pakaian, tapi pelanggan meminta model atau harga yang jauh berbeda dari yang kita sediakan. Ada kalanya mereka meremehkan kita sebagai pemilik toko online dan akhirnya tidak jadi membeli produk di toko online kita. Itu yang memang membuat kita sedikit emosi. Karena kita kehilangan cukup banyak waktu untuk melayani pelanggan yang bertanya dan tidak jadi membeli itu. Tapi itu bukan lagi sebuah kerugian besar bagi kita. Karena memang tujuan kita adalah melayani pelanggan, memberikan solusi bagi mereka. Bahkan terkadang resiko ditipu oleh pelanggan bukan lagi hal yang harus terlalu dibesar – besarkan. Kita memang harus sabar dan pandai untuk mengatasi masalah seperti ini. Seperti halnya yang dialami oleh Hafiyyan naufal pemilik toko online Ridefreakleather.com yang memiliki pengalaman ditipu oleh customernya. “Kejadian ditipu ini pun bukan hanya sekali dalam perjalanan bisnis saya, setidaknya ada 3 atau 4 kali saya tertipu oleh pelanggan saya sendiri, bahkan teman baiksaya pun pernah menipu dan membawa lari jaket saya” katanya. Tapi berkat kesabaran dan ketekunannya ia pun berhasil bertahan hingga saat ini.

Jangan pantang menyerah yah kalau mengalami 1 kesulitan atau kegagalan dalam berbisnis. Kamu gak sendirian kok, dengan kerja keras dan tekad yang kuat kamu pasti bisa jadi pebisnis sukses seperti mereka :)

Baca juga:

Selain Website, 10 Media Promosi Inilah yang Membantu Pebisnis Online Sukses

Dapatkan Ide Peluang Bisnis dari Survey Bisnis Online Ini!

Mereka Memilih Resign Lalu Berbisnis Online

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 2
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *