Interviews

Kraukk.com, Keunikan Namanya Membuat Bisnis Kuliner Online ini Terkenal di Seluruh Wilayah Indonesia

 

   

Kraukk.com, sebuah bisnis online yang bergerak di bidang kuliner ini memang menjadi salah satu pelopor dari bisnis kuliner online lainnya. Dimulai dari usaha keras pendirinya, yakni Bapak Yudhi Dwinanto(33) yang merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Program Business Law. Ketekunan Bapak Yudhi mempelajari internet marketing membawa bisnis yang sebelumnya offline ini, kini sukses sebagai bisnis online dengan market di seluruh wilayah Indonesia. Nah, untuk tahu bagaimana kisah sukses Bapak Yudhi, berikut ini ceritanya:

Halo Bapak Yudhi, Bisa diceritakan terlebih dahulu Pak, apa itu “Kraukk”?

Kraukk.com  merupakan sebuah Online Shop dengan beberapa keunggulan/keunikan dibanding online shop lainnya:

  • Menggunakan sistem membership dengan sistem afiliasi bertingkat hingga kedalaman 2 level (mirip seperti MLM sistem matahari).

  • Sistem Dropship dan Deposit belanja yang memudahkan para reseller/dropshipper dalam berjualan dan mengembangkan bisnis ini dengan sistem jaringan (MLM).

  • Produk yang berkualitas, teruji dari testimoni dan member yang berjumlah lebih dari 6.000 orang di seluruh Indonesia, serta diterima sebagai pelengkap hidangan di berbagai hotel berbintang serta restoran ternama di Jakarta.

Bagaimana dengan cerita latar belakang berdirinya Kraukk ini?

Awalnya ketika mempelajari Internet Marketing dan melihat begitu banyak bisnis internet yang hanya menjual e-book saja dengan sistem afiliasi. Kelemahan berjualan e-book dengan sistem afiliasi adalah hanya sekali order/tanpa repeat order.

Setelah dipikirkan dan dicari produk yang tergolong repeat order paling tinggi adalah makanan/lauk sehari-hari yang unik dan berkualitas, serta berkelas mengingat target market adalah pengguna internet/segmen menengah ke atas. Akhirnya ditemukan mitra yang cocok dan memiliki kualitas produk yang diinginkan hingga akhirnya berlanjut sampai dengan sekarang. Produk Paling Populer adalah Moneybag dan Udang Tempura karena bentuknya yg unik dan rasanya yang lezat.

Lalu bagaimana latar belakang Anda saat masuk ke dunia enterpreneur ini?

Tahun 2006 setelah mengikuti sebuah seminar Giant Steps yang memberikan Insight baru untuk berwirausaha dari Mr. Tung Desem Waringin, setelah itu mulai terjun sebagai agent asuransi, berjualan Flasdisk, hingga menjajakan air mineral di pinggir jalan.

Mulai 2007 belajar internet marketing dari beberapa Master seperti Anne Ahira, Suwandi Chow, Valentino Dinsi, dan lainnya, hingga akhirnya menemukan sebuah produk yang unik dan berkualitas untuk dijual di Internet, yakni makanan ala Jepang ‘Udang Tempura‘.

Awalnya berjualan kaki lima di pasar kaget setiap Minggu pagi di kawasan Depok. Lalu beralih ke Online Shop di akhir 2007 dengan memanfaatkan media friendster, email, blog, dan website gratisan hingga tahun 2008.

Tahun 2009 baru mulai menggunakan website profesional dengan domain Kraukk.com

Apa pengorbanan terbesar Anda untuk menjadi enterpreneur ini?

Pengorbanan terbesar itu saya rasakan ketika saya memilih resign dari profesi saya sebelumnya yaitu sebagai seorang PNS dan memilih untuk menekuni dunia bisnis ini.

Bagaimana Anda memasarkan bisnis Anda ini?

Awalnya penjualan melalui offline di kaki lima, lalu beralih ke online dengan web dan blog gratisan. Kemudian berkembang dari satu member ke kember lainnya (menggunakan sistem afiliasi online), hingga sekarang yang lebih banyak berpromosi adalah para member melalui media sosial dan gadget seperti Facebook, Twitter, BBM, dsb.

Sebagai pemilik bisnis kuliner, bagaimana Anda menyeimbangkan antara harga dengan kualitas produk?

Harga mengikuti perkembangan harga bahan baku tetapi dengan menjaga agar tetap berada dibawah harga rata – rata produk sekelassejenis di supermarket/pasaran. Sedangkan kualitas selalu mendapat kontrol dari internal dan para konsumen.

Apasih yang membedakan antara bisnis Bapak dengan bisnis lain yang konsepnya sama?

Sentuhan yang membedakan bisnis saya adalah di penguatan layanan customer service yang cepat serta penanganan komplain pelanggan diutamakan sebagai prioritas(Bergaransi).

Prestasi apa saja yang sudah pernah diraih oleh bisnis Anda?

Menjadi 5 besar Indonesia Top Ecommerce Site dari Price Area.com tahun 2012. Liputan Utama diberbagai majalah dan surat kabar seperti Majalah Ide Bisnis, Kontan, Elshinta, Tabloid Nova, Business Opportunity, Poskota, dan Talkshow Live Inspirasi Bisnis di B-Channel(Ngobrol Pagi).

Wah banyak juga ya pak, lalu pengalaman terbaik apa yang sudah pernah Anda alami?

Bagi saya adalah rasa senang ketika produk kita dapat diterima dengan baik dan disukai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

Bagaimana Anda melinai ruang lingkup market yang ada saat ini dan pengaruhnya untuk bisnis Anda?

Ruang lingkup market online untuk bisnis makanan masih sangat besar potensi yang belum tergarap. Target kami adalah mencapai 1 juta member dan sekarang baru 6.000 an.

Selama berbisnis ini tantangan apa saja yang pernah Anda hadapi dan bagaimana cara Anda mengatasinya?

Tantangannya adalah sistem distribusi dan jaringan yang masih sulit menjangkau hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan beban biaya pengiriman yang tinggi sehingga harga terutama di luar Pulau Jawa jadi agak berat untuk bersaing. Solusinya adalah dengan mengefektifkan pengiriman Port to Port dengan cargo bandara seluruh Indonesia.

Rencana kedepan apa yang akan bapak lakukan untuk mengembangkan bisnis ini?

Kraukk.com berencana membuka beberapa sayap usaha seperti Restoran/Catering Online dan Jaringan Distribusi Frozen Food dalam bentuk Freshmart.

Yang terakhir nih Pak, saran apa yang dapat Bapak berikan untuk para enterpreneur di luar sana?

Berfikirlah menemukan sesuatu yang baru dalam bisnis, tidak sekedar menjadi follower dari bisnis yang sudah ada saat ini.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *