Running A Business

10 Cara Membangun Relasi Online yang Positif

 
  • 5
    Shares

Loading...

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya saat ini bukan hanya digunakan untuk bersosial media dengan teman saja namun juga untuk keperluan bisnis. Seorang sales bahkan cenderung harus bisa memasarkan produk melalui media sosial. Karena ada peluang pasar yang besar di media sosial. Namun menjalin ikatan dengan klien melalui sosial media tidak semudah yang anda bayangkan. Kita harus mampu berkomunikasi dengan benar di sosial media. Selain itu, ada 10 cara tambahan yang semuanya harus anda ikuti untuk membangun relasi yang baik secara online:

1. Selalu update website anda

Ketika memiliki sebuah website pribadi, baik berupa e-commerce ataupun sekedar blog, sebaiknya selalu update. Terlebih ketika website anda dalam masa pengembangan. Lakukan update artikel secara berkala agar website anda tidak tenggelam di mesin pencari.

[Baca juga: 15 Alasan Bisnis Anda Harus Punya Blog]

2. Memperhatikan

Walau memiliki public relation, bukan berarti kita jadi tidak memperhatikan masalah di luar perusahaan. Tetap update perkembangan yang terjadi di luar sana. Jangan menjadi pasif mengenai segala informasi yang mungkin bisa bermanfaat bagi perusahaan Anda. Pengetahuan yang luas adalah awal dari sebuah upaya membangun ikatan yang sukses.

3. Retweet dengan bijak

Media sosial disediakan dengan dasar kebebasan. Namun bebas seperti apakah yang bisa menciptakan kebaikan? Bebas yang benar atau bebas yang bijak. Meskipun kita mampu dengan mudah untuk me-retweet artikel atau pesan di media sosial, namun jangan melakukannya secara sembarangan. Jika tidak bermanfaat, mending jangan. Pikirkan setiap maksud yang ingin kita sampaikan kepada follower kita sehingga tweet kita akan lebih berguna.

[Baca juga: 10 Aturan Sosial Media bagi Bisnis]

4. Jangan berlebihan

Facebook, twitter, dan media sosial lainnya memang diciptakan untuk berbagi informasi. Artikel yang ditulis juga sangat bebas. Namun sebaiknya ketika hendak berbagi informasi melalui sebuah tulisan artikel, jangan terlalu berlebihan. Bisa saja orang lain akan berpaling karena tulisan atau informasi yang kita berikan terlalu berlebihan dan dirasa kurang penting.

[Baca juga: 10 Peraturan Marketing di Sosial Media]

5. Jangan sembarang masukan email orang lain ke dalam mailing list

Memiliki database berisi email milik awak media memang sangatlah penting bagi bisnis anda. Relasi dengan media akan semakin banyak. Namun ada hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan memasukan email mereka ke dalam email list tanpa izin. Jangan pula mengirim email yang sama kepada mereka. Jika kita masih mencoba melakukan hal tersebut, maka email kita pasti tidak akan diperhatikan dan hanya akan masuk ke dalam spam.

6. Waktu yang tepat

Kebebasan berbagi di media sosial tentu saja juga harus memperhatikan waktu. Tentukan waktu yang tepat untuk melakukan aktifitas di media sosial. Jangan tiba – tiba retweet informasi pada tengah malam atau dini hari. Bisa saja anda mengganggu banyak orang dengan notifikasi yang anda ciptakan. Waktu tersebut juga bisa dianggap sebagai waktu para pemabuk. Anggapan tersebut jelas sudah tidak baik bagi anda.

[Baca juga: 8 Tips Promosi Bisnis Anda di Sosial Media]

7. Jujur

Ketika hendak menginformasikan sesuatu, terlebih di media sosial jangan menginformasikan sesuatu yang tidak benar alias berbohong. Ketika informasi yang ingin anda sampaikan membutuhkan sebuah riset, maka lakukanlah. Jangan hanya ingin instan namun memberikan informasi yang tidak benar. Ini bukan hanya merugikan pembaca, melainkan bagi reputasi anda sendiri.

[Baca juga: 50 Ide Menulis Konten Blog Bisnis]

8. Sikap

Jika anda memiliki sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital, tentu saja kegiatan yang anda lakukan akan berputar di dunia online. Apa yang anda lakukan di dunia online merepresentasikan perusahaan anda. Secara tidak langsung kehidupan pribadi akan menjadi bagian perusahaan anda. Maka sikap anda akan amat penting untuk menjaga reputasi.

9. Tetap berada pada jalur

Ketika menyampaikan informasi atau sekedar bercerita di media sosial, ada satu hal yang perlu di ingat: Jangan berbicara hal negatif tentang pesaing anda. Pemikiran pribadi tersebut sebaiknya disimpan saja untuk upaya anda bersaing dari sisis strategi. Bersaing secara sehat jauh lebih produktif.

[Baca juga: 50 Tips Social Media Marketing untuk Bisnis Anda]

10. Tepat waktu

Waktu memang sulit diprediksi sehingga Anda harus terus mengatur-atur jadwal. Namun tepat waktu adalah sebuah pilihan. Walau pada akhirnya, kembali lagi bahwa tepat waktu membuat kita lebih dihargai dan memperlihatkan komitmen kita.

[Baca juga: Kata Fajar Sandi, Founder AnugerahWaterproof.com tentang Komitmen dan Kedisiplinan]

source: inc.com
editor: Taufik M. Aditama
Loading...

  • 5
    Shares

2 komentar

  • 24 Februari 2014 - pukul 11:12

    Tips yang bermanfaat bagi pemula seperti saya.
    Akan aku coba.

  • 26 Agustus 2014 - pukul 12:52

    terimakasih atas trik trik bisnis onlinnya

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *