Technology

10 Tools Google untuk Membantu Kerja Webmaster

 

Loading...

Google telah menerbitkan berbagai macam produk. Beberapa di antaranya berupa alat yang dapat menunjang pekerjaan developer dalam mengembangkan web.  Analisis, statistik, hingga library source code. Berikut adalah 11 di antara sekian banyak alat dari Google:

1. Google Chrome Developer Tools

Fungsinya sama seperti modul Firebug pada Mozilla Firefox (YSlow). Yaitu untuk melakukaan pengujian kerja website anda. Tools ini sudah ada sejak pertama kali anda menginstal Google Chrome. Tidak percaya? Anda cukup pencet Ctrl+Shift +I di Google Chrome anda.

1

2. Google Browser Size

Browser Size adalah sebuah alat berbasis web yang sangat berguna untuk memvisualisasikan bagaimana tampilan web anda jika dilihat di berbagai macam browser populer. Kunjungi Browsersize di GoogleLabs. Alat ini membagi halaman website anda menjadi beberapa layer yang dibatasi berdasarkan kontur halaman website anda. Dari pembagian ini, anda dapat mengetahui sejauh mana visibility elemen yang penting di website anda.

2

3. Google Content Experiment

Salah satu prioritas desain anda adalah usability. Google Content Experiment (sebelumnya adalah Website Optimizer) dapat membantu anda menilai usability layout. Di sini, anda dapat menguji dua atau lebih halaman web dan membandingkan mereka dari sisi ke sisi. Proses ini juga dikenal dengan sebutan split testing. Fitur ini telah terintegrasi di dalam Google Analytics. Jadi, untuk menggunakannya, silakan sign in ke Analytic anda

3

4. Google Webmaster Tools

Fitur ini bisa anda dapatkan secara cuma-cuma dengan mendaftarkan akun anda di sini: Google Webmaster Tools. Sekali setup anda selesai dilakukan (caranya lihat di sini: Panduan Registrasi Google Webmaster) anda akan disajikan berbagai informasi yang dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan SEO website anda. Bahkan dengan menu Diagnostics, anda dapat merazia malware yang mungkin bersarang pada website anda.

5.  Google Analytics

Anda cukup mendaftarkan akun anda di sini: Google Analytic. Google Analytics akan menyajikan berbagai statistik mengenai trafik website kita. Beberapa di antaranya adalah lokasi pengunjung website kita, browser apa yang mereka gunakan, dan sebagainya. Jika anda bijak menggunakan statistik ini, maka anda akan memiliki sebuah acuan yang akurat untuk menentukan berbagai kebijakan dalam mengembangkan website anda.

4

6. Google Keyword Tool External

Apakah anda mengalami kesulitan dalam mencari kata kunci yang tepat untuk SEO artikel anda? Anda bisa memanfaatkan layanan Keyword Tool External dari Google Adwords untuk mendapatkan kata kunci, kalimat Adword, Meta Tag, dan judul artikel yang tepat. Cari tahu lebih banyak di sini: Tips Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Tools.

7. Google API Library

Google API Library adalah sebuah alternatif yang di dalamnya menyediakan library JavaScript populer seperti jQuery, MoTools, dsb untuk dipasang pada website anda. Dengan menggunakan alternatif ini, kemungkinan besar visitor yang mengunjungi halaman anda akan tercatat sebagai primed cache karena mereka mungkin sebelumnya telah mengunjungi situs lain yang juga menggunakan Google API Library, sehingga mereka tidak perlu mendownload ulang JavaScript yang anda pasang. Hal ini akan membuat waktu respon halaman menjadi lebih cepat, dan menekan penggunaan resource. Library ini bisa ditemukan di sini: Google API Library.

8. Google Maps API

Keterangan mengenai teknologi API ini bisa anda dapatkan di sini: Google Maps API. Teknologi ini adalah solusi yang sangat tepat bagi anda yang ingin memasang peta lokasi pada website anda, atau sekedar membuat aplikasi map sederhana pada gadget Android. Dengan Maps API ini anda bahkan bisa menampilkan gambar lokasi 3 dimensi pada website anda melalui Google Earth API.

9. Google Web Toolkit

Google Web Toolkit adalah sebuah framework yang memberi para developer sebuah landasan yang kuat untuk membangun proyek aplikasi berbasis web. GWT telah terintegrasi dengan produk Google lainnya seperti AdWords, FeedBurner, dan Google Ajax Libraries sehingga GWT merupakan solusi yang lengkap bagi pemrograman anda, terutama jika anda mempelajari Java. Halaman awal interface perangkat ini bisa ditemukan di sini: Google Web Toolkit.

 5

10. Project Hosting

Project Hosting adalah bagian dari Google Code yang awalnya bertujuan untuk memberi tempat bagi para developer open source untuk menyimpan proyek-proyeknya. Kini, Project Hosting telah menjelam menjadi sebuah repository (library) open source yang memungkinkan kita untuk menemukan file proyek open source dari developer lain yang dapat kita integrasikan ke website kita.

Alat-alat di atas mungkin sewaktu-waktu akan dihentikan layanannya oleh Google. Namun hingga artikel ini dirilis, alat-alat di atas masih online.

Jadi developer, Anda punya favorit lain? Bagikan cerita anda di sini yuk.

Loading...

3 komentar

  • 12 Mei 2013 - pukul 16:34

    Berbicara sewaktu-waktu layanan tersebut dapat dinonaktifkan oleh google, salah satunya adalah google reader, saya sangat sedih mendengarnya -.-

    • Administrator
      13 Mei 2013 - pukul 12:07

      Halo Jaka, iya sayangnya Google memang seringkali sewaktu-waktu tebang pilih :-)

  • 10 Juni 2013 - pukul 1:19

    mantap nih postingnya, sangat membantu sekali untuk para webmaster :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *