Leadership

5 Mentor yang Harus Dimiliki oleh Setiap Enterpreneur

 
  • 79
    Shares

Loading...

Seorang enterpreneur tidak dapat tumbuh dan berkembang membangun sebuah perusahaan hanya dengan kemampuannya sendiri. Bagaimanapun seorang enterpreneur juga membutuhkan seorang mentor atau penasehat dalam setiap usahanya. Hal ini dilakukan karena banyak ilmu baru yang belum diketahui oleh seorang enterpreneur, terutama enterpreneur muda. Bagaimana cara menentukan mana mentor yang sesuai dengan kita dan bisnis kita? Apa saja yang diperlukan seorang mentor agar mampu membantu kita dalam membangun usaha kita? Berikut ini adalah 5 mentor yang harus dimiliki oleh setiap enterpreneur:

1. Dia yang mengetahui diri Anda sejak awal

Seorang mentor tidaklah harus seorang sarjana prikolog, tidak juga seorang motivator handal. Seorang mentor, bisa saja dari orang – orang didekat kita, salah satu contohnya yaitu teman kita. Sebelum atau pada saat kita merintis sebuah usaha, tentu ada saja teman atau sahabat yang tahu tentang setiap perjalanan kita. Dia akan secara otomatis mengeluarkan banyak usulan, saran bahkan kritiknya untuk kita dan usaha kita. Dialah salah satu mentor yang kita butuhkan. Tidak harus membayar, tidak harus jauh – jauh mencari. Karena seorang teman yang mengetahui kita dari awal dan tahu perjalanan bisnis kita dari nol, adalah seorang mentor yang kita butuhkan.

2. Seseorang yang memiliki keterampilan yang sama dengan Anda

Pada saat Anda belajar untuk berbisnis, tentu saja Anda akan bertemu dengan orang – orang baru. Anda juga akan bertemu dengan orang – orang yang memiliki pemahaman, hobi dan keterampilan yang sama dengan Anda. Jangan bingung mencari seorang mentor, karena mereka juga bisa menjadi mentor Anda. Ketika Anda dan mereka sedang belajar bersama, Anda bisa mendapatkan ilmu, saran dan kritik yang tentu saja akan membangun.

3. Rekan kerja yang tidak suka bekerja dengan Anda

Salah satu tantangan untuk menjadi seorang enterpreneur adalah orang – orang yang tidak suka dengan kita, dengan cara kita dan dengan hasil yang kita miliki. Mereka bisa juga datang dari sekitar kita. Salah satu contohnya yaitu rekan kerja Anda. Bisa jadi ketika Anda baru memulai menjadi seorang enterpreneur, Anda masih berstatus sebagai karyawan disuatu perusahaan. Hal ini tentu saja akan banyak tantangan dari lingkungan kerja. Namun jangan salah, mereka bisa menjadi mentor kita. Apa yang mereka tidak sukai dari bisnis kita? Apa yang mereka tidak sukai dari cara kita bekerja dan belajar? Itu bisa menjadi salah satu bahan untuk kita belajar menjadi seorang yang lebih baik. Terlebih untuk membangun sebuah bisnis.

4. Seorang yang memiliki perbedaan dengan Anda

Mencari seorang mentor yang paling tepat adalah yang memiliki kemiripan dengan diri Anda. Karena akan lebih mudah untuk diri kita dalam belajar dan memahami ilmu baru. Namun didunia nyata, Anda akan membutuhkan juga seorang mentor yang memiliki perbedaan dengan diri Anda. Bukan hanya dari sisi sifat dan perilaku, namun juga dari keterampilan dan ilmu. Ketika Anda menguasai sebuah ilmu IT, tidak ada salahnya Anda juga mencari seseorang yang memiliki ilmu desain untuk belajar bersama. Hal itu akan membuat Anda memiliki ilmu – ilmu baru. Dan tentu saja akan sangat mempengaruhi usaha Anda kedepannya.

5. Seorang yang tahu Anda akan menjadi seorang enterpreneur

Teman yang baik adalah mereka yang selalu mendampingi Anda disaat apapun. Dan untuk kita yang ingin memulai sebuah usaha, tentu saja membutuhkan seorang teman untuk menjadi tempat berbagi dan meminta saran mengenai usaha kita. Ketika Anda sedang mencari mentor, Anda tidak perlu bingung siapa yang pantas. Karena teman Anda yang tahu Anda akan menjadi seorang enterpreneur adalah pilihan yang tepat untuk menjadi seorang mentor. Mereka bukan hanya akan menjadi tempat Anda berbagi, mereka akan mendukung setiap hal baik yang Anda lakukan demi usaha Anda.

Loading...

  • 79
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *