Inspirasi

Dr. Tirta : Dokter Plus Pengusaha yang Gencar Lawan Corona

 

Dr. TirtaNama dr. Tirta semakin terdengar di tengah pandemi Corona, lantaran aksi solidaritasnya untuk menangani virus tersebut. Pria ini terlebih dahulu dikenal sebagai seorang influencer sekaligus pengusaha muda yang sukses. Simak kisah inspiratifnya berikut ini.

Mengenal dr. Tirta, dokter yang bukan sekadar dokter

Pria kelahiran Surakarta yang bernama lengkap Tirta Mandira Hudhi ini sebelumnya berprofesi menjadi dokter di IGD. Dokter lulusan UGM ini bukan dokter biasa. Ia juga merupakan pebisnis yang luar biasa.

Dokter muda ini tersohor akan bisnis perawatan sepatu, topi, dan tas bernama Shoes and Care. Selain itu, ia juga mendirikan Tukutu Indonesia, marketplace khusus untuk jual-beli sepatu. Bahkan, ia juga populer sebagai influencer yang sering membahas soal sepatu. Semenjak pandemi Corona, ia juga sangat gencar mengedukasi followers-nya tentang bahaya Corona.

Berprofesi sebagai seorang dokter rupanya tak memadamkan jiwa entrepreneur di dalam dirinya. Ketika dinyataakan terserang bronkitis kronis pada 2018, dr. Tirta lebih memilih bisnisnya dan vakum menjadi dokter IGD. Kini, ia aktif menjalankan berbagai program untuk melawan virus Corona seperti menyediakan pasokan perlengkapan medis untuk keselamatan nakes (tenaga kesehatan).

Meroket bersama Shoes and Care

Salah satu kesuksesannya adalah usaha laundry sepatu yang diberi nama “Shoes and Care”. Shoes and Care ini bisa dibilang pelopor jasa perawatan sepatu premium yang kini menjamur. Shoes and Care merupakan jasa perawatan premium sepatu pertama di Indonesia yang berbasis medos, lho.

Siapa sangka, ternyata usaha sebesar ini ia mulai dari kamar kosnya. Pada awalnya, customer-nya masih terbatas teman-temannya saja. Namun ia tetap gigih menekuni usaha ini. Setelah mencuci sepatu hingga bersih, ia rajin meng-upload hasil kerjanya ke media sosial.

Ide untuk membuka usaha laundry sepatu ini berawal dari hobinya dalam mengoleksi sepatu. Ia melihat bahwa orang-orang sangat memperhatikan perawatan pakaian dan celana, namun cenderung melupakan perawatan sepatu.

Masih belum ada jasa untuk perawatan sepatu, tidak seperti baju dan celana yang telah tersentuh jasa laundry. Padahal, sepatu pun harganya tak murah. Melihat celah tersebut, ia pun tergerak untuk menjalankan bisnis perawatan sepatu secara premium dengan mendirikan Shoes and Care.

Usaha yang didirikan sejak tahun 2013 tersebut kemudian berkembang pesat. Tak hanya menyediakan perawatan sepatu, Shoes and Care juga menyediakan layanan perawatan topi dan tas. Menariknya, dr. Tirta banyak memberdayakan kaum marjinal seperti anak jalanan, anak putus sekolah, anak punk, serta napi untuk menjadi pegawainya di Shoes and Care, lho.

Kini, Shoes and Care telah memiliki 53 lokasi workshop yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, lho. Luar biasa sekali, bukan?

Gigih dalam menggalang aksi solidaritas untuk melawan Corona

Hal inspiratif lainnya dari dr. Tirta adalah semangatnya dalam menjalankan aksi solidaritas untuk melawan virus Corona. Membagikan perlengkapan medis adalah salah satu bentuk aksi nyatanya. Ia sangat vokal dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya Corona. Ia juga mengajak banyak pihak untuk turut serta berkontribusi.

Bahkan, dr. Tirta sempat jatuh sakit dan dinyatakan sebagai PDP alias Pasien Dalam Pengawasan. Syukurlah, ternyata dr. Tirta dinyatakan negatif dari Corona dan telah pulih. Setelah menjalani perawatan dan pulih, ia pun kembali aktif dalam melanjutnya aksi solidaritasnya.

Jangan lewatkan kisah inspiratif pengusaha lainnya hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo: Instagram @dr.tirta

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *