Interviews

Rick Hanes, Gitar Produk Lokal yang Menembus Pasar Internasional

 
  • 2
    Shares

Loading...

Rickhanerguitars.com adalah toko online yang menjual gitar produksi dalam negeri dengan kualitas Internasional. Pak Doddy (53) atau yang biasa dipanggil Mr. D, merupakan pemilik dari rickhanesguitars.com. Bersama rekannya, beliau mendirikan UKM di Kota Sidoarjo yang memproduksi berbagai macam jenis gitar. Sudah banyak prestasi yang ditorehkan oleh Rick Hanes baik di dalam negeri, maupun di luar negeri. Berikut ini adalah kisahnya dalam wawancara bersama Mediabisnisonline.com:

Halo Pak Doddy, bisa diceritakan sedikit mengenai awal mula Anda masuk ke dunia enterpreneur?

Awal mula saya masuk ke dunia enterpreneur ini pada saat saya bertemu dengan adik kakak Tommy Kaihatu dan Chris Kaihatu. Kami bertiga memiliki keinginan untuk membuat gitar yang lebih bagus dari yang sudah ada sekarang. Karena gitar yang ada di Indonesia belum bisa dibilang bagus secara playability, karakter soung, artistic dan kekuatannya. Kami bertiga juga saling bertemu dan mencoba gitar – gitar bagus, yang kebetulan merupakan gitar import koleksi Tommy Kaihatu. Dan beliau juga berkeinginan untuk mendirikan sebuah pabrik gitar.

Lalu menurut Pak Doddy, pengorbanan terbesar apa yang pernah Bapak lakukan selama menjalani bisnis ini?

Pengorbanan terbesar yang pernah saya lakukan adalah waktu dan materi. Research and Development Rick Hanes gitar sampai 2 tahun, dimulai pada Tahun 2009 sampai Tahun 2011.

Bisa diceritakan mengenai bisnis Anda serta jenis produk yang ditawarkan? Dan ide awalnya sendiri berasal darimana?

Rick Hanes menjual gitar karya anak bangsa dengan kualitas yang tidak kalah jika dibandingkan dengan gitar import dari luar negeri. Produksi gitar ini juga dilakukan oleh orang – orang Indonesia. Bahan yang digunakan juga berasal dari Indonesia. Rick Hanes turut mendukung perkembangan UKM di Indonesia, khususnya di Kota Sidoarjo dengan memproduksi barang berkualitas terbaik. Tahun 2008 Rick Hanes melakukan setting untuk mempersiapkan kedatangan CNC dan mesin Plek, dimana mesin tersebut sebagai tools untuk pembuatan gitar Rick Hanes dengan computer. Banyak keunggulan yang diberikan oleh gitar Rick Hanes ini sendiri, bukan hanya kualitas suara yang ditawarkan dengan sangat baik, namun juga kualitas fisik dari gitar yang terbilang sangat tangguh.

Jika boleh tahu, sentuhan apa yang membuat bisnis Bapak ini berbeda dengan jenis bisnis yang serupa?

Sentuhan yang membuat bisnis ini berbeda adalah hampir semua rekan – rekan di pabrik gitar ini adalah pemain gitar yang handal. Mereka tahu benar tentang gitar dan karakter sound. Sehingga mereka bisa menghasilkan kualitas gitar yang terbaik. Kerja teamwork adalah yang paling dibutuhkan dan QC (Quality Control) yang berlapis – lapis atau ketelitian yang sangat detail.

Prestasi terbaik apa yang sudah pernah dirain bisnis Anda?

Gitar Rick Hanes sudah mampu menyapu bersih dan menyandang “Guitar of the Year 2012” di London. Untuk lebih lengkapnya bisa dicek disini. Sudah hampir semua media meliput tentang prestasi ini, termasuk media luar negeri.

Wah, hebat sekali Pak. Ini sungguh membanggakan bagi banga Indonesia. Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Pasar di Indonesia sebenarnya sangat bagus dan menjanjikan, setelah kita memenangi predikat “Guitar of the Year 2012”. Tapi jika dibandingkan dengan pasar luar negeri, Indonesia masih jauh lebih baik dikarenakan pemain – pemain gitar luar negeri menggunakan gitar seperti fashion.

Sampai saat ini, menurut Bapak Doddy sendiri tantangan terbesar apa yang pernah Bapak alami, dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan terbesar yang sangat ironis yang pernah saya alami adalah persaingan dengan luar negeri. Karena saat ini sandal dan cat rambut yang ada di Indonesia masih harus import dari luar negeri. Sekarang ini kita bersaing dengan gitar import yang ada di Indonesia.

Rencana kedepan untuk mengembangkan bisnis dari Rick Hanes sendiri ini apa?

Kami akan selalu dan terus research and development terhadap produk gitar yang ada.

Siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda dalam membangun Rick Hanes ini?

Tokoh yang menjadi motivasi saya adalah Les Paul dan keluarga, serta rekan – rekan yang ada di sekitar saya.

Pengalaman paling berkesan apa yang sudah pernah Bapak dapatkan selama menjadi seorang enterpreneur ini?

Untuk pengalaman paling berkesan adalah permintaan gitar yang merupakan produksi anak bangsa bisa diminati di luar negeri. Dan sekarang di Indonesia sudah banyak public figur yang mengakuinya.

Lalu saran terbaik apa yang dapat Anda berikan kepada para enterpreneur dan pembaca?

Saran yang bisa saya berikan adalah selalu mencoba yang berbeda dnegan yang lainnya. Karena sulit untuk bisa di copy paste. Teruslah mencoba dan lakukan research and development. Jangan pernah menyerah.

Wah sungguh membanggakan memiliki produk terbaik yang bukan hanya berjaya di dalam negeri, namun juga dikenal di luar negeri. Sekali lagi selamat Pak, dan semoga Rick Hanes terus dan selalu mampu membawa Indonesia ke kanca Internasional ;-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnismediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *