Content Marketing e-Marketing & Sales

Kiat Strategi Marketing UKM yang Wajib Dilakukan!

 

Strategi marketing UKM – Strategi marketing dilakukan supaya dapat melambungkan nilai angka penjualan. Tak terkecuali bagi bisnis UKM. Strategi marketing UKM nyatanya dapat meningkatkan nilai penjualan melalui kegiatan promosi atau non-promosi.

Tak hanya semata-mata melakukan promosi, pembelian produk juga melibatkan target market sehingga Anda perlu memerhatikan kebutuhan dan masalah pelanggan, agar promosi yang dilakukan dapat berjalan sukses. Oleh karena itu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan strategi marketing bisnis UKM.

Kenali target strategi marketing UKM Anda

penting untuk mengetahui terlebih dulu target market Anda sebelum melakukan promosi.
Sumber: Green Chameleon di Unsplash

Sudah dapat dipastikan jika Anda tidak mengenali target market bisnis ukm Anda, maka Anda tidak akan bisa memberikan solusi yang tepat dan signifikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui terlebih dulu target market Anda sebelum melakukan promosi.

Perlu diingat, hal ini bukan tentang jumlah orang yang akan Anda tuju saja, tapi juga termasuk info-info penunjang lainnya seperti dimana mereka tinggal, apa yang mereka sukai hingga seberapa mampu mereka membelanjakan uangnya untuk membeli produk Anda. Pastikan bahwa data apapun yang Anda miliki harus terkumpul dan digunakan.

Anda bisa mendapatkan data dari berbagai sumber. Mulai dari melakukan riset, pengamatan, hingga melakukan survey terhadap calon pelanggan atau pelanggan potensial Anda. Dengan mengetahui target market maka akan dapat mempermudah Anda dalam melakukan penjualan produk.

Pilih jenis marketing yang sesuai dengan karakter bisnis Anda

Anda bisa pilih tipe marketing yang disesuaikan dengan budget, target, dan karakter bisnis UKM. Salah satunya, Anda bisa pilih tipe content marketing yang paling umum di Indonesia.

Content marketing adalah tipe marketing yang menarik potensial customer melalui sebuah postingan artikel. Poin plusnya, marketing tipe ini membutuhkan biaya yang paling sedikit diantara yang lain.

Sebab, nyatanya content marketing terbukti mampu meningkatkan potensial pelanggan. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang bisa di optimalisasi mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, Tiktok, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa memilih tipe marketing yang menggunakan teknologi digital yaitu digital marketing. Marketing tipe ini adalah yang mampu menarik potensial customer paling banyak terlebih di era serba canggih seperti saat ini.

Dengan menambahkan sebuah video dalam konten digital nyatanya mampu membantu 96% pelanggan ketika berbelanja online, meningkatkan 50% menjadi halaman pertama google, 86% mampu meningkatkan konversi.

Perhatikan strategi dalam menyampaikan pesan marketing UKM Anda supaya lebih jelas

semakin jelas pesan yang Anda sampaikan maka semakin mudah mendorong calon pelanggan untuk melakukan pembelian
Sumber: Johanna Buguet di Unsplash

Terbukti bahwa semakin jelas pesan yang Anda sampaikan maka semakin mudah mendorong calon pelanggan untuk melakukan pembelian. Meski ada banyak cara untuk menyampaikan pesan, tapi cara yang paling mudah selain melalui tulisan yaitu melalui video dan gambar.

Pasalnya, pesan dalam video dan gambar yang mampu membuat ilustrasi fungsi dan cara kerja dari suatu produk terbukti mendongkrak keinginan orang untuk melakukan pembelian. Selain itu, pastikan pula untuk menyampaikan pesan yang menyebut bahwa produk yang Anda jual dapat memberikan solusi atas suatu permasalahan yang terjadi.

Dengan kata lain, dapat memenuhi kebutuhan yang dicari oleh market Anda. Sehingga, saat produk Anda dikeluarkan, produk tersebut benar-benar menjadi incaran setiap orang karena dapat menyelesaikan masalah.

Amati, koreksi, dan evaluasi strategi marketing Anda

Setelah merencanakan dan mengaplikasikan strategi marketing, Anda wajib menilai, mengontrol dan mengevaluasi hasilnya. Cari tahu apa saja yang Anda raih dan dapatkan dari strategi yang sudah diberlakukan.

Perlu diingat, tugas Anda bukan hanya menyelesaikan dan mengikuti alur kerja, tapi juga melakukan kontrol terhadap diri sendiri. Apakah strategi marketing Anda sudah benar atau tidak? Jika memang perlu perbaikan, segera lakukan perbaikan.

Sangat penting bagi sebuah tim untuk saling melihat dan mengamati, apakah semua anggota tim mengaplikasikan strategi yang telah disepakati. Sebuah kesalahan pasti ada dalam setiap yang dikerjakan, tapi melakukan koreksi dan perbaikan harus terus dilakukan.

Suatu bisnis UKM tidak akan sukses tanpa adanya strategi marketing dan promosi yang baik. Apabila saat strategi marketing dan promosi yang Anda lakukan saat ini belum ampuh, itu berarti saatnya Anda mengevaluasi kembali dan menerapkan kiat-kiat dari Mebiso ini. Jangan patah semangat ya!

Sumber gambar: Campaign Creators di Unsplash

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *