Start A Business

Tahukah Anda apa yang Membedakan Produk dan Merek?

 
  • 8
    Shares

Loading...

Beberapa dari kita tentu akan langsung berfikir bahwa produkd an merek jelas berbeda. Perbedaan yang paling terlihat adalah bentuk fisik dari keduanya. Jika produk kebanyakan bisa kita sentuh sekalipun itu dalam bentuk jasa atau layanan, namun untuk merek hanya sebuah nama yang mewakili pengenalan produk tersebut kepada masyarakat. Tidak salah memang dengan pengertian kita sebagai orang awam atau masyarakat biasa dalam memandang arti produk dan juga merek.

Jadi apa sebenarnya yang membedakan antara produk dan merek? Entrepreneur.com menjelaskan bahwa perbedaannya terletak pada kata EMOSIONAL. Apa maksudnya?

Produk menciptakan fungsi

hosting

Produk merupakan sebuah perpaduan antara berbagai elemen yang jika dikombinasikan secara bersama – sama maka akan menciptakan sebuah nilai bagi yang menggunakannya. Mereka memiliki sifat apabila dikombinasikan secara bersamaan akan melakukan sesuatu bagi pelanggan. Tapi masalahnya adalah bahwa dalam setiap kategori tertentu, kebanyakan produk akan melakukan fungsi yang sama. Dan disini akan ada sedikit diferensiasi. Karena beberapa produk yang berbeda bisa menggunakan bahan yang sama.

Produk adalah semua hal yang dalam mereka lakukan untuk orang lain, dan tentu saja produk di sini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Fungsi, bahan dan kebutuhan itulah yang menciptakan suatu produk.

Merek menawarkan solusi

emosi

Sedangkan merek disini sebenarnya cukup berbeda dari produk, karena mereka tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan, tapi mereka memenuhi keinginan pelanggan. Ada kalanya pelanggan sudah tidak lagi tertarik dengan produk kita tapi mereka sudah terlanjur jatuh cinta dengan merek kita.

Merek memang menawarkan janji dan emosi kepada siapa saja yang melihat dan mengartikan. Merek adalah tentang bagaimana emreka membuat orang mampu merasa. Dan merek memenuhi keinginan pelanggan.
Janji, emosi dan keinginan, itulah yang diciptakan oleh sebuah merek.

Perbedaan besar

Singkatnya, Ketika seseorang membutuhkan sebuah produk, tapi mereka juga menginginkan sebuah merek. Jadi, misalnya ketika saya membutuhkan sebuah hosting dan domain khusus untuk Website WordPress saya, tapi saya ingin mendapatkannya di Beon.co.id.

Saya bisa saja mendapatkan produk itu di provider hosting lain, tapi apa yang terjadi ketika saya menginginkan website saya menggunakan hosting dari Beon.co.id? Saya bisa saja mendapatkan harga murah di tempat lain, tapi apa yang terjadi ketika saya hanya ingin memilih Beon.co.id?

Beon.co.id adalah merek dalam kasus ini, dan pengalaman di Beon adalah emosi yang saya ingin gunakan kali ini. Saya ingin hosting untuk WordPress di Beon, karena saya mendapatkan pengalaman menarik yang membuat saya terkesan sebelumnya. Mulai dari akses yang cepat dan keamanan data yang sudah terjamin. Dan itu membuat saya memilih Beon.co.id untuk menyalurkan emosi saya.

Produk = Fungsi

Merek = Emosi

Dari sini kita sendiri bisa melihat bahwa produk pada dasarnya sama antara satu dengan yang lain, mereka memenuhi kebutuhan yang sama dari pelanggan. Sedangkan merek adalah apa yang membedakan mereka dari yang lainnya, karena mereka unik dan membuat orang merasakan hal yang berbeda – beda.

Baca juga:

Cara Mendapatkan Merek yang Besar untuk Usaha Kecil

Peran Konsultan HKI dalam Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual Merek Bisnis

5 Strategi Membangun Merek Global

Loading...

  • 8
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *