KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Catat! Berikut Ini Cara Membuat Merek Dagang Yang Menarik

Cara Membuat Merek Dagang

MEBISO.COM – Banyak sekali pertanyaan tentang cara membuat merek dagang yang menarik diajukan oleh pengusaha-pengusaha baru. Entah pengusaha yang baru mau memasarkan produknya atau justru yang sudah lama berjualan tapi baru mau mendaftarkan merek. 

Faktanya, membuat merek yang menarik itu juga ada rumusnya yang bahkan bisa kamu temui di peraturan. Dan berikut ini adalah rincian mengenai rumus membuat merek dagang yang baik.

Cara Membuat Merek Dagang Yang Menarik

Pemerintah melalui undang-undang sudah memberikan kisi-kisi mengenai pembuatan merek yang baik. Dan siapa sangka dengan menerapkan ketentuan ini, ternyata banyak juga yang sudah berhasil menjadi merek yang menarik. 

Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari kisi-kisi yang ada di peraturan:

1. Gunakan kata yang baik

Merek memang harus unik, tapi unik saja tidak cukup. Karena kamu juga harus memenuhi syarat merek yang baik. Pertama, tidak menggunakan istilah SARA. Pastikan juga merekmu itu tidak menyinggung siapapun. 

Dengan begitu, kamu bisa menarik perhatian orang lain tanpa perlu menyinggung pihak tertentu. 

2. Jauhi kata yang umum

Sudah banyak yang menggunakan atau menyebutkan kata itu? Lebih baik hindari untuk merekmu! Kata yang sedang populer itu tidak selalu baik untuk dipasang pada suatu produk. 

Buatlah tren-mu sendiri untuk merek dan kamu akan menguasai penjualan. 

3. Bahan dasar dan nama produk itu tidak menarik

Ingat baik-baik kalau nama produk dan bahan dasar yang kamu gunakan itu tidak cukup menarik untuk dijadikan sebagai merek. Bahkan kata-kata itu sudah terlalu umum. 

Misalnya adalah kata “Singkong” untuk produk keripik yang berasal dari umbi-umbian. 

Kalau dari ketiga tips di atas nama apa yang saat ini kamu bayangkan? 

Sudah banyak contoh merek yang menerapkan ketiga tips itu, misalnya seperti MEBISO. Sebuah nama yang tidak menyinggung, bukan merupakan kata yang kerap diucapkan, dan tentunya bukan menjadi nama bahan dasar atau nama dari produk. 

Keuntungan Membuat Merek Yang Menarik

Setelah kamu menerapkan cara membuat merek dagang yang menarik, saatnya kamu segera mendaftarkan mereknya. Dan dari situ kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

1. Membuat konsumen penasaran

Apa yang pertama kali dipikirkan konsumen ketika mendengar kata “Shell” untuk sebuah bahan bakar? Mungkin bisa berbagai macam perspektif muncul di masing-masing pemikiran konsumen. 

Tapi, satu hal yang pasti adalah sebelum konsumen memikirkan arti dari kemungkinan nama-nama merek itu, mereka sudah lebih dulu penasaran terhadap produknya. Penasaran inilah yang menjadi langkah awal seorang konsumen kemudian membeli produk yang dijual tersebut. 

2. Tidak mudah ditiru

Nama yang unik menjadi otentik milikmu sendiri. Apalagi kalau kamu juga sudah mendaftarkannya. Tentu konsumen akan semakin cepat mengingat nama merekmu. Dan kalau kamu sudah berhasil mendapatkan hak mereknya, sudah tidak ada celah lagi untuk orang lain menirunya. 

3. Kamu bisa bebas melakukan eksperimen

Dengan nama yang menarik, kamu sudah berhasil menarik perhatian konsumen. Sekarang saatnya kamu melakukan eksperimen terhadap produkmu. Sepanjang konsumen sudah mengetahui merek yang kamu pasarkan, meluncurkan beberapa varian produk bukan lagi menjadi masalah untukmu. 

Beberapa contoh nama yang menarik lainnya adalah, “Nike”, “Adidas”, “MCDonalds”, dan lain sebagainya. Peniruan terhadap merek-merek itu pasti akan sangat mudah dikenali karena namanya sendiri yang sudah sangat unik. Cara membuat merek dagang yang menarik adalah satu hal, selanjutnya kamu masih harus mendaftarkan merek. Dan untuk pendaftaran yang aman, pastikan kamu sudah mencoba fitur Tools Cek Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda