KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Merek Yang Benar

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Merek Yang Benar

MEBISO.COM – Apakah cara mengisi formulir pendaftaran merek kamu sudah benar? Formulir adalah dokumen wajib bagi setiap permohonan. Dan permohonan yang berbeda, akan berbeda pula dokumen yang diperlukan. 

Untuk itu, agar menghindari kesalahan pemilihan dokumen dan juga kesalahan pengisiannya, kamu wajib memahami seluruh isi dari artikel ini. 

Dokumen Perlindungan Merek

Ada bermacam-macam dokumen yang disediakan DJKI untuk pengusaha bisa melindungi merek. Dokumen yang paling umum atau dasar adalah berupa formulir pendaftaran. Tapi untuk pendaftaran sendiri ada beberapa dokumen tambahan lainnya sesuai dengan permohonan yang kamu ajukan. 

Misalnya, ketika permohonan yang kamu ajukan adalah untuk pendaftaran dengan protokol madrid. Dengan permohonan ini, tidak cukup hanya dengan formulir pendaftaran merek biasa. 

Kamu juga harus melampirkan formulir protokol madrid dan juga formulir lain yang dibutuhkan pada saat mendaftarkan merek di luar negeri juga. Atau, ketika kamu memproses merek berdasarkan hak prioritas. 

Tentu cara pengisian dan juga dokumennya akan berbeda daripada cara mengisi formulir pendaftaran merek. Sehingga, penentuan apa yang akan kamu lakukan terhadap merekmu harus menjadi langkah paling awal yang kamu lakukan. 

Setelah kamu memahami apa yang di butuhkan oleh merekmu, sekarang saatnya menentukan dokumen berikut cara pengisiannya. Misalnya, kamu memproses merek sesuai dengan prosedur paling sederhana yaitu pendaftaran merek secara umum. 

Ini adalah dokumen wajib sekaligus dokumen utama yang harus kamu lampirkan. Apa saja isi yang ada pada formulir tersebut?

Isi Formulir Merek

Secara umum, kamu perlu memasukkan seluruh data diri yang ada pada kartu identitas kamu. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena data yang ditampilkan pada database DJKI hanya nama dan juga alamatmu saja. 

Meskipun begitu, isian berikut adalah data yang harus kamu sampaikan pada formulir:

1. Nama pemohon

Bagian nama bisa kamu isi sebagai nama perorangan atau nama perusahaan. Siapapun yang akan menjadi pemilik hak nantinya. Bisa juga berisi lebih dari satu orang. 

2. Alamat

Fungsi utamanya adalah untuk proses korespondensi dengan DJKI, jadi ketika alamat pada kartu identitas berbeda dengan alamat domisili saat ini, usahakan untuk memasukkan juga alamat domisilimu. 

3. Nomor telepon dan email

Karena saat ini semua proses pemberitahuan dan surat menyurat sudah dilakukan secara online, maka nomor telepon dan email adalah sebuah data wajib yang harus kamu tuliskan. 

Jangan sampai ada kesalahan, karena semua berita tentang merekmu akan di kirimkan juga melalui email.

4. Tipe merek

Kali ini sudah memasuki ke dalam data merek. Tipe merek ini bukan hanya untuk dipilih saja, tapi bisa juga kamu proses sebagai strategi pendukung pada perlindungan merek. 

5. Data merek

Mulai dari nama, logo, terjemahan, dan juga warnanya, masukkan semua karakteristik dari merekmu melalui bagian berikut. Jangan lupa juga masukkan data kelas merek. 

6. Tanda tangan

Menjadi salah satu cara mengisi formulir pendaftaran merek yang tidak kalah penting, karena tanda tangan ini nantinya juga akan dimasukkan pada bukti pendaftaran merek. 

Sudah siapkan semua data di atas? Sekarang adalah waktunya kamu memasukkan data-data di atas pada formulir yang sesungguhnya. 

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Merek

Karena sekarang kamu sudah paham tentang isi yang harus kamu masukkan pada formulir pendaftaran, sekarang adalah waktunya untuk benar-benar memasukkan data tersebut. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu ikuti:

1. Tentukan dulu proses apa yang akan kamu lakukan

Apakah pendaftaran merek biasa, pendaftaran dengan jalur UMKM, atau justru pendaftaran dengan menggunakan protokol madrid atau hak prioritas

2. Siapkan dokumen

Dokumen yang paling utama adalah seperti yang dituliskan di atas, tapi akan berbeda mengikuti dengan kebutuhan permohonanmu. Untuk formulir, cukup lengkapi data di atas saja. 

3. Masuk melalui akun merek

Tahap ini yang menjadi inti pengisian formulir. Kamu hanya bisa mengisinya melalui sistem merek sesuai dengan pilihan layanan pada awal permohonannya. Data-data yang sudah kamu siapkan di atas, hanya perlu kamu ketikkan satu persatu sesuai pada tempatnya. 

Kecuali untuk bagian tandatangan, karena kamu perlu melampirkan foto dari tandatanganmu. 

Apakah data yang sudah kamu masukkan ini akan otomatis diproses? Jawabannya adalah tidak. Pastikan kamu sudah melakukan satu langkah berikut. 

Cara Mengajukan Formulir

Sudah yakin dengan seluruh data yang kamu kumpulkan? Setelah mengisinya dengan hati-hati, ini dia saatnya mengirimkan formulir itu untuk kemudian diproses DJKI. Kemudian setelah mengirimkan permohonan ini, perlindungan merekmu akan dimulai dan berlaku sampai 10 tahun kedepan. 

Setelah mengirimkannya, kamu sudah tidak di perbolehkan lagi untuk merubah data. Seluruh perubahan yang mungkin kamu lakukan selanjutnya akan memerlukan biaya tambahan atau pengulangan cara mengisi formulir pendaftaran merek sejak awal. 

Oleh karena itu, sebelum menekan tombol kirim, pastikan semua isiannya sudah sangat tepat dan tidak ada lagi yang perlu kamu ubah. Ya, karena satu-satunya cara mengajukan formulir adalah dengan menekan tombol “kirim” pada sistem. 

Pada saat yang sama, bukti pendaftaran merekmu akan muncul dan sekarang kamu hanya perlu menunggu hasil pemeriksaannya oleh DJKI. Cukup mudah bukan cara mengisi formulir pendaftaran merek? Karena prosesnya yang mudah, jangan sia-siakan merekmu tanpa penelusuran lebih dulu. Gunakan fitur Cek Merek Mebiso untuk hasil yang akurat.

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi