KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana yang Bisa Kamu Tiru

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana yang Bisa Kamu Tiru

MEBISO.COM – Perlu perencanaan yang matang untuk bisa sukses menjalankan sebuah bisnis. Untuk itulah, sekarang adalah saat yang paling tepat untuk mendapatkan panduan dari contoh bisnis plan makanan. 

Kalau kamu adalah salah satu pengusaha di bidang kuliner yang baru saja memulai bisnis, maka artikel ini akan menjadi sebuah rujukan yang tepat. 

Isian dalam Contoh Bisnis Plan Makanan

Bisnis plan adalah sebuah dokumen yang menjelaskan mengenai rencana-rencana dalam usaha yang akan kamu jalankan. Dalam dokumen ini kamu juga bisa berisi pedoman agar bisnis yang kamu jalankan bisa tetap sesuai jalurnya. 

Sebagai sebuah dokumen penting dalam berbisnis, berikut ini adalah beberapa isian yang harus ada dalam bisnis plan makanan. 

1. Identitas Perusahaan atau Bisnis

Pertama kamu perlu menjelaskan mengenai identitas dari perusahaan atau bisnis. Ketika baru menjalankan bisnis mungkin kamu belum mendirikan sebuah perusahaan dan masih menjalankannya secara perorangan. 

Meski begitu, kamu tetap perlu menjelaskan mengenai identitas dari bisnis itu sendiri. Beberapa hal yang termasuk sebagai identitas bisnis adalah seperti nama dari produk, kemudian siapa pemilik dari bisnis atau minimal pihak yang bertanggung jawab terhadap bisnis tersebut. 

Kemudian jangan lupa juga untuk memasukkan letak lokasi dan juga kontak untuk dapat menghubungi bisnismu. Dalam beberapa contoh bisnis plan makanan, kamu bisa menemukan data isian ini pada bagian pertama. 

2. Visi dan Misi

Isian yang tidak kalah penting berikutnya adalah penjelasan mengenai visi dan misi dari bisnismu. Penulisan visi dan misi fungsinya untuk menjelaskan mengenai alasan kamu mendirikan bisnis pertama kali. 

Kemudian untuk kebutuhan mencari partner bisnis, visi dan misi ini bisa membantu menjelaskan mengenai kecocokan berbisnis sehingga bisa menjadi partner di kemudian hari. Untuk itu, jangan lupa memasukkan visi dan misi dalam contoh bisnis plan makanan milikmu.

Visi dan misi juga bisa menjadi panduan utama menjalankan bisnis sesuai dengan tujuan awalnya. Alhasil, kamu tidak perlu khawatir adanya perubahan strategi mendadak di tengah jalan karena semuanya sudah terencana dengan baik. 

3. Deskripsi Usaha

Selanjutnya adalah penjelasan lengkap mengenai bisnis makananmu. Pada bagian ini kamu bisa memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana bisnis makanan itu kamu jalankan. 

Ceritakan tentang bagaimana kamu mendapatkan bahan baku, cara memproduksi, hingga mengirimkan produk ke pelanggan. Bahkan pada bagian ini kamu juga bisa menyampaikan tentang kelebihan produk sehingga pelanggan atau calon partner tertarik memilih produkmu. 

4. Tujuan dan Detail Produksi

Apa yang ingin kamu dapatkan dalam menjalankan bisnis makanan ini? Contoh bisnis plan makanan yang baik biasanya akan menampilkan juga tujuan pembuatan produk berikut detail produksinya. 

Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuktikan kalau seluruh proses produksi aman dan telah sesuai dengan aturan. 

Cara Membuat Bisnis Plan Makanan

Setelah mengetahui beberapa isian yang harus kamu lengkapi, berikutnya di bawah ini adalah tahapan untuk bisa mendapatkan bisnis plan yang sempurna. 

1. Mulai dengan Riset

Sebuah contoh bisnis plan makanan selalu mulai dengan mengumpulkan bahan melalui riset lebih dulu. Proses riset ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang target pasar dan kesesuaiannya dengan produkmu. 

Untuk itu, kamu perlu melakukannya secara hati-hati. Usahakan untuk mendapatkan informasi yang cukup mengenai target pasar sehingga kamu bisa menyusun strategi pemasaran berikutnya. 

2. Dapatkan Informasi Kebiasaan Pelanggan

Setelah mendapatkan informasi mengenai target pasarmu, selanjutnya lakukan riset lanjutan untuk mendapatkan informasi mengenai kebiasaan pelanggan. Caranya, adalah dengan memperhatikan detail-detail pada saat pelanggan berkumpul, kemudian bagaimana interaksi mereka, dan juga gaya interaksi mereka. 

3. Menetapkan Tujuan

Informasi di atas akan sangat membantumu untuk membuat contoh proposal bisnis plan makanan. Tapi langkah berikutnya kamu juga perlu menentukan tujuan dalam menjalankan bisnis. 

Tujuan dalam berbisnis ini biasanya berupa target perusahaan. Dengan begitu kamu akan selalu memahami arah bisnis kedepannya. 

4. Profil Perusahaan

Identitas perusahaan bisa kamu masukkan ke dalam profil. Pembuatan profil perusahaan ini sangat penting sebagai media menyampaikan informasi bisnis kepada para pelanggan. 

Semakin lengkap informasi yang kamu berikan, maka akan semakin mudah juga pelanggan untuk membuat sebuah keputusan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan transaksi nyata setiap harinya. 

5. Buat Kategori

Selain informasi lengkap pada profil perusahaan, selanjutnya jangan lupa untuk membuat kategori dari perencanaan bisnis. Fungsinya adalah untuk memberikan pembeda pada masing-masing jenis produk yang kamu tawarkan. 

Cara ini juga bisa membantu pelanggan untuk menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhannya. Untuk bisa membuat kategorisasi, kamu perlu melakukan analisis terlebih dahulu.

Cari tahu mengenai kelebihan dan juga kelemahan dari bisnis yang kamu jalankan. Jangan lupa juga untuk menyusun solusi dari kelemahan tersebut. Kamu pun bisa melakukan analisis berdasarkan beberapa pertimbangan eksternal seperti politik, ekonomi, dan juga sosial. 

Penerapan Bisnis Plan dengan Aman

Sudah dapat contoh bisnis plan makanan pilihanmu? Atau justru saat ini kamu sudah siap menerapkannya? Kalau begitu, mulai penerapan bisnismu dengan menentukan sebuah nama bisnis yang tepat dengan menggunakan Cek Merek dari Mebiso.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu