KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Daftar HKI Online, Lebih Cepat Mendapatkan Perlindungan

Daftar HKI Online, Lebih Cepat Mendapatkan Perlindungan

MEBISO.COM – Salah satu tujuan Ditjen KI meluncurkan sistem daftar HKI online, adalah agar semua proses pelayanan yang diberikan bisa lebih cepat. Banyak hal yang berhasil di pangkas dengan adanya sistem ini.

Mulai dari pengambilan antrian, pengiriman dokumen, proses pemeriksaan, bahkan sampai penerbitan sertifikat. Saat ini pelaku usaha sudah tidak perlu lagi mengirimkan dokumen fisik, begitupun sebaliknya. 

Sistem ini sangat praktis dan tentunya sangat membantu pengusaha. Misalnya seperti penerbitan sertifikat yang sudah optimal melalui akun masing-masing. Dengan kelebihannya tersebut, rasanya sayang kalau kamu tidak memaksimalkan fungsinya. 

Berikut ini, keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam menggunakan sistem daftar HKI online:

Lebih Hemat

Dengan sistem daftar HKI online, tentunya kamu bisa menghemat banyak pengeluaran. 

Misalnya biaya transportasi. Bayangkan berapa biaya transportasi yang harus kamu keluarkan apabila kamu harus selalu melakukan pengurusan ke kantor Ditjen KI. Sekarang, kamu bisa memprosesnya hanya dari rumah saja. 

Selain itu, ada biaya pencetakan dokumen. Misalnya, dokumen pengajuan paten yang bahkan bisa mencapai seratus halaman. Sekarang kamu sudah tidak perlu mencetaknya dalam bentuk fisik lagi. 

Setelah mempersiapkan seluruh data yang di perlukan, kamu bisa langsung mengirimkannya. 

Praktis

Praktis, karena sistem ini sangat membantu khususnya untuk para pengusaha dengan kesibukan yang sangat padat. 

Kamu sudah tidak perlu lagi membawa tas penuh berisi dokumen, menjelaskannya satu persatu kepada petugas, lalu menyerahkannya pada saat ingin mendapatkan perlindungan kekayaan intelektual. 

Kegiatan-kegiatan tersebut sekarang sudah di gantikan dengan menu-menu yang ada pada sistem. Dengan adanya nilai tambah berupa pelayanan yang lebih praktis, kamu harus juga menguasai fitur-fitur dalam sistem tersebut.

Masing-masing sistem memiliki fitur yang berbeda sesuai dengan fungsinya. Tapi, kalau ternyata kamu juga tidak punya waktu untuk mempelajari masing-masing fitur tersebut, kamu bisa mempercayakan kekayaan intelektual kamu kepada orang lain yang sudah lebih dulu menggunakan sistem tersebut. 

Misalnya, seperti Jasamerek.com sebagai penyedia jasa perlindungan merek usaha yang tentunya saat ini sudah bekerja sama dengan Mebiso. 

Lebih Cepat

Keuntungan selanjutnya adalah kamu bisa memproses perlindungan KI dengan lebih cepat. 

Sesuai dengan prinsip HKI yang hanya memberikan hak kepada siapapun pendaftar pertama. Sekarang, semua orang bisa mendapatkan hak dengan lebih cepat. Terbukti, saat ini proses pendaftaran merek bisa selesai dalam waktu 1-2 tahun saja. 

Tidak seperti pada saat kamu memprosesnya dengan sistem manual. Dalam satu kali proses pemeriksaan merek, pemeriksa bisa memerlukan waktu sampai dengan 4 tahun.

Baca Juga: Jangka Waktu Proses HAKI

Responsif

Dulu, penulisan alamat pada formulir permohonan perlindungan KI ini menjadi sangat penting. Hal ini agar Ditjen KI tidak salah dalam mengirimkan surat-surat pemberitahuan kepada pemilik. 

Bahkan kamu pun juga sebaliknya, harus mengirimkan surat-surat balasan kepada kantor Ditjen KI. Tapi sekarang tidak perlu lagi. Kamu sudah melakukan hal tersebut melalui akun kamu masing-masing. 

Pada saat kamu atau pemeriksa menekan tombol kirim untuk masing-masing suratnya, pada saat itu juga pihak lawan mendapatkan suratnya. Alhasil, tidak perlu waktu berminggu-minggu lagi untuk bisa dapat informasi tentang pendaftaranmu. 

Karena sekarang prosesnya sudah lebih cepat, jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk pengusaha memproses perlindungan kekayaan intelektualnya. Tapi jangan salah, hal itu juga yang dipikirkan pengusaha lainnya selain kamu. 

Jadi, terlambat sedikit saja, harta kamu bisa menjadi milik orang lain. Seperti yang sudah di catat oleh Ditjen KI saja, satu hari permohonan pendaftaran merek itu bisa mencapai ratusan. Kalau kamu khawatir berebut hak kekayaan intelektual dengan pengusaha lainnya pada saat daftar HKI online, kamu bisa coba menggunakan fitur Cek Merek dari Mebiso dari sekarang.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda