KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Mebiso Partisipasi di Road to DSC Season 15, Beri Edukasi Pendaftaran Merek

DSC Season 15

Mebiso partisipasi di road to DSC season 15, untuk memberikan edukasi terkait pentingnya pendaftaran merek. Hal ini diungkapkan oleh CEO Mebiso, Hesti Rosa. Kegiatan yang diselenggarakan bersama Solopos Group ini bertajuk ENTREPRENEUR SHOW UP! ROAD TO 15th DSC “SERTIFIKAT HALAL, LANGKAH MUDAH, BENEFIT MELIMPAH”

Selengkapnya, kegiatan tersebut akan diulas pada artikel ini.

Pentingnya Sertifikat Halal Bagi Bisnis

Pendaftaran sertifikat halal bukan hanya kewajiban bagi pengusaha makanan, tetapi juga keuntungan yang memberikan manfaat bagi pelaku usaha dan konsumen. Sertifikat halal meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas pasar, meningkatkan citra bisnis, dan memberikan jaminan kehalalan dan kualitas produk bagi konsumen. 

Bagi pengusaha yang ingin sukses di industri makanan, mendapatkan sertifikat halal adalah langkah penting yang harus dipertimbangkan. 

Setelah mendapatkan sertifikasi halal, konsumen mendapatkan jaminan bahwa produk makanan yang mereka konsumsi telah diproses dan dikemas dengan cara yang halal dan sesuai dengan syariat Islam. Hal ini memberikan ketenangan dan kepastian bagi konsumen Muslim dalam menjalankan ibadah mereka.

Sertifikat halal tidak hanya menjamin kehalalan, tetapi juga menunjukkan bahwa produk telah memenuhi standar mutu dan keamanan yang ditetapkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Sehingga, konsumen memiliki hak untuk mendapatkan produk yang aman dan halal. Sertifikat halal memberikan bukti nyata bahwa pengusaha telah memenuhi hak-hak konsumen tersebut.

Sertifikat halal membuka peluang bagi pengusaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik domestik maupun internasional. Banyak negara, terutama negara-negara Muslim, memiliki regulasi ketat tentang produk halal, dan sertifikat halal menjadi syarat wajib untuk memasuki pasar tersebut.

Di tengah persaingan yang ketat di industri makanan, sertifikat halal dapat menjadi pembeda yang signifikan. Konsumen yang mencari produk halal akan lebih memilih produk dengan sertifikat resmi.

Mebiso Beri Edukasi Pendaftaran Merek

Dalam kesempatan tersebut, Hesti Rosa memberikan pemahaman pentingnya pendaftaran kekayaan intelektual. Ia memberikan contoh kasus merek usaha yang memiliki nama yang sama, misalnya Surabi Notosuman. 

Untuk itu, selain sertifikasi halal, setiap pengusaha yang sudah memiliki bisnis tidak perlu menunda pendaftaran merek. Sebab, prinsip perlindungan merek di Indonesia bersifat first to file. 

Artinya siapa cepat dia berhak. Pelaku usaha yang sudah mendaftarkan merek akan mendapatkan hak eksklusif setelah sertifikat mereknya terbit. Perlindungan merek ini diberikan sejak pendaftaran merek dimohonkan.

Sebelum melakukan pendaftaran merek, kata dia, wajib cek merek terlebih dahulu. Tujuannya, agar pemilik usaha bisa tahu apakah merek sudah unik atau masih ada kemiripan dengan milik orang lain.

Merek yang merupakan ide orisinil adalah merek yang bisa membuktikan bahwa merek benar – benar hasil dari ide kita dan tidak menjiplak, meniru atau membonceng merek orang lain.

Salah satu cara agar merek tidak ditolak adalah untuk meminimalisir agar merek tak ditolak saat mendaftar. Kebanyakan, merek yang ditolak karena memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek lain. Seperti persamaan fonetik, pengucapan dan lainnya.

Agar tak ditolak, berikan nama tambahan yang unik beserta dengan logo sebagai identifikasi yang kuat. Jika perlu, gunakan slogan untuk memperkuat kesan di benak konsumen.

Artikel di atas merupakan ulasan singkat saat Mebiso partisipasi di road to DSC season 15. Mebiso terus berupaya melakukan edukasi untuk memberikan pemahaman dan membangkitkan kesadaran pendaftaran merek kepada seluruh pengusaha. Baca selalu artikel kami.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu