KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Kelas Merek 10, Harus Jadi Pilihan Utama Produsen Alkes!

Kelas Merek 10, Harus Jadi Pilihan Utama Produsen Alkes

MEBISO.COM – Sempat heboh pada saat pandemi, kelas merek ini jadi favorit perusahaan untuk melindungi produksinya. Kelas merek 10 jadi kelas merek yang wajib dipilih untuk produsen Alkes. 

Produk apa saja yang bisa di lindungi di kelas ini? Untuk memahami detailnya, kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai. 

Produk Kelas Merek 10

Produk-produk khusus kesehatan saja yang dilindungi di kelas 10. Inilah alasan utama kenapa kelas ini menjadi pilihan yang harus dipilih oleh produsen alkes. Kelompok utama perlindungannya memang produk-produk yang berkaitan dengan kesehatan manusia. 

Tapi, kalau lebih jeli lagi, kamu bisa menemukan bermacam-macam produk lainnya yang terdapat pada kelas 10. Misalnya seperti pemijat karet untuk bayi. Apakah produk ini banyak di produksi oleh perusahaan alkes?

Kalau kamu bukan golongan produsen alkes yang memproduksi barang tersebut, kamu bisa melihat lebih jauh lagi tentang produk yang bisa kamu lindungi. 

Seperti cerita pada saat pandemi lalu, banyak perusahaan-perusahaan yang menutup usahanya karena dampak pandemi. Tapi, dibalik kejadian ini banyak juga perusahaan yang kemudian merubah bisnisnya menjadi memproduksi alat rapid test, masker, dan produk lainnya. 

Nyatanya, kelas ini juga melindungi produk-produk itu. Mulai dari produk alkes yang di butuhkan untuk tindakan rumit, sampai produk kebutuhan sehari-hari yang justru fungsinya adalah mendukung kesehatan manusia. 

Jadi, jangan heran kalau nama merek kamu nantinya masuk dalam kelompok yang sama dengan merek-merek pemasok alat-alat kesehatan untuk rumah sakit besar. 

Penjelasan itu juga bisa kamu gunakan sebagai tips tambahan sebelum memilih kelas 10. Lebih rinci, di bawah ini adalah cara memastikan produk kamu sudah tepat dalam pemilihan kelas mereknya.

Cara Pasti Pilih Kelas Merek 10

Cara pertama sudah di sampaikan pada penjelasan sebelumnya, yaitu kamu harus sudah mengerti kegunaan atau fungsi utamanya dulu. Seperti contoh produk masker yang di jual pada saat pandemi. 

Walaupun sekarang sudah tidak lagi diwajibkan menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virusnya, dan orang-orang tidak lagi menggunakan masker untuk alasan kesehatan, tapi sesuai tujuan utamanya pembuatan produk adalah untuk kesehatan. 

Sehingga, walaupun konsumen dari masker itu menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari yang bahkan jauh dari alasan kesehatan, masker tetap di lindungi pada kelas 10.

Cara lainnya, kamu bisa memutuskan untuk memilih kelas 10 dari proses penjualan produk. Apakah kamu benar-benar produsen yang menjual sendiri alat kesehatan itu? Atau justru kamu hanya menjual kembali dari supplier?

Sayangnya, kelas ini hanya boleh untuk produsen alat kesehatannya saja. Agen atau distributor tidak bisa memilih kelas yang sama. 

Terakhir, selain tujuan utama dan cara penjualannya, kamu juga bisa memilih kelas ini ketika kamu membuat produk untuk mendukung fungsi organ tubuh manusia. 

Misalnya seperti alat bantu dengar, gigi palsu, dan juga ligamen palsu. Keberadaan produk-produk ini tidak bisa menyembuhkan atau mencegah penyakit tertentu. Hanya saja, karena bisa mendukung fungsi kesehatan manusia, maka produk-produk tersebut masuk juga ke dalam kelompok kelas 10. 

Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk melihat apakah produkmu sudah cocok masuk ke dalam kelas 10. Tentunya, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menyusun strategi perlindungan merek yang terbaik. 

Masih banyak produk lainnya yang masuk ke dalam kelas merek 10. Untuk bisa menemukan lebih banyak produk lagi, kamu bisa menggunakan fitur Cari Kelas Merek dari Mebiso.