KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Jangan Salah! Ada Jasa Yang Unik Di Kelas Merek 42

Jangan Salah! Ada Jasa Yang Unik Di Kelas Merek 42

MEBISO.COM – Kalau saat ini kamu sedang mendaftarkan merek kemudian menemukan klasifikasi yang paling sesuai itu adalah di kelas merek 42, kamu tidak perlu terkejut. Mungkin memang kelas yang paling cocok untukmu ada di nomor 42. 

Mau tahu apa saja yang bisa masuk ke dalam kelompok ini? Berikut adalah penjelasan singkatnya. 

Kelompok Jasa Yang Ada Di Kelas Merek 42

Selalu berangkat dari penjelasan DJKI, menurutnya kelas ini adalah untuk jasa yang berkaitan dengan jasa penelitian dan teknologi, jasa analisis, dan jasa perancangan atau pengembangan perangkat lunak.

Tapi seperti ciri khas kelas merek sebelumnya, dari penjelasan ke detail kelompoknya akan banyak sekali jenis komoditi lain yang tidak berhubungan dengan penjelasan awal. Untuk itulah sebagai pengusaha yang ingin mempunyai hak merek kamu perlu lebih jeli menentukan kelompok untuk usahamu. 

Seperti misalnya, ketika kamu membuka jasa yang bergerak di bidang kecantikan, rasanya akan kurang pas kalau kamu bergabung dalam komunitas untuk penyedia jasa di bidang makanan. Bisa saja kamu mendapatkan pelanggan baru dari komunitas itu, tapi akan sedikit sulit kalau mau membicarakan tentang kebutuhan bisnismu. 

Sama halnya dengan menentukan kelas merek, salah pilih klasifikasi mungkin kamu masih bisa menggunakannya, tapi juga ada ancaman merekmu dihapus oleh pemerintah karena tidak sesuai dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. 

Di kelas 42 ini, yang perlu kamu tahu ada berbagai macam jasa yang fokusnya adalah untuk penelitian dan pengembangan. Bisa juga untuk manusia, pada tanaman, atau seperti yang sudah disampaikan adalah pengembangan mesin seperti komputer. 

Kalau kamu menjalankan bisnis yang kegiatan utamanya melakukan penelitian atau pengembangan, pertimbangkan untuk memilih kelas 42 ini. Agar lebih jelas, kamu bisa melihat referensi pilihan jenis jasa lainnya di kelas yang sama berikut. 

Jenis Jasa Lainnya Di Kelas Merek 42

Masih ragu memantapkan pilihan di kelas ini? Beberapa referensi berikut mungkin bisa membuatmu lebih yakin.

Pertama, ada sebuah layanan penyedia aplikasi berbasis online. Mungkin kamu bisa menemukan layanan yang serupa, namun yang dimaksud di kelas 42 ini adalah aplikasi berbasis online yang tidak dapat diunduh yang menampilkan teknologi yang memudahkan pengguna berbagi video. 

Kedua, ada juga jenis jasa penelitian yang kegunaannya untuk meneliti madu entah secara kimia, bakteriologi, dan fisika. Atau penelitian kosmetika dan uji mutu madu. 

Selanjutnya, masih berhubungan dengan kegiatan teknologi informasi, ada jusa jasa hosting perangkat lunak dan juga jasa penyedia aplikasi lainnya. Tapi, kalau kamu bukan perusahaan yang menyediakan aplikasi dan hanya bertindak sebagai pihak yang melakukan pemeliharaan ada juga di kelas ini jasa yang serupa.

Lebih jauh lagi, di bidang teknologi yang hanya menyediakan kemampuan sebagai kosultan. Kamu bisa memilih layanan konsultasi di bidang teknologi telekomunikasi. Atau hampir mirip dengan layanan konsultasi dan nasehat teknologi. 

Sedikit beranjak dari kegiatan usaha yang bergerak di bidang teknologi, masih di kelas yang sama juga ada layanan kreatif seperti jasa dekorasi untuk studio foto, dekorasi untuk acara hiburan, dan pameran tata letak tempat. 

Bahkan kelas ini juga bisa melindungi kegiatan teknik konstruksi, konsultasi dan penelitian di bidang bakteriologi, dan konsultasi mengenai bidang astronomi. Bidang konsultasi, penelitian, dan pengembangan ini memang sangat luas jika dijabarkan lebih rinci lagi.

Selain memilih kelas merek 42, kamu pun juga harus bisa memastikan merekmu aman lebih dulu. Caranya cukup mudah karena kamu bisa menggunakan fitur Cek Merek Dagang dari Mebiso.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu