KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Keuntungan Daftar Merek Lewat Konsultan, Yuk Manfaatkan!

Keuntungan Daftar Merek Lewat Konsultan, Yuk Manfaatkan!

MEBISO.COM – Sedang mencari solusi perlindungan merek terbaik? Mungkin ini saatnya kamu mempertimbangkan keuntungan daftar merek lewat konsultan! Apa saja yang bisa kamu manfaatkan? Ini dia penjelasan lengkapnya. 

Proses Pendaftaran Merek

Untuk bisa memutuskan akan menggunakan jasa konsultan atau tidak, kamu perlu paham mengenai langkah atau tahapan dari proses pendaftaran merek itu sendiri. Ini adalah penjelasan lengkap mengenai tahapannya. 

1. Pra Pendaftaran

Tahap pertama adalah pra pendaftaran atau tahap sebelum kamu memasukkan permohonan ke DJKI. Pada tahap ini saja, kamu akan melewati berbagai proses. Pertama adalah proses pengecekan. 

Proses ini wajib untuk seluruh calon pemilik merek. Apalagi tujuannya adalah untuk menilai atau menimbang keberhasilan dari merek. Caranya, dengan membandingkan kemiripan atau unsur-unsur yang sama berdasarkan merek sebelumnya sehingga menemukan nilai pembeda pada merekmu. 

Selesai dengan proses pengecekan, kamu akan masuk ke tahap menyiapkan dokumen. Pada saat mendaftarkan merek, beberapa dokumen kemungkinan berbeda sesuai dengan jenis permohonanmu. 

Bahkan kegagalan melengkapi dokumen persyaratan bisa menjadi alasan kegagalan merek. 

2. Pendaftaran

Untuk bisa menimbang keuntungan daftar merek lewat konsultan, kamu juga harus mempertimbangkan pada proses pendaftarannya. Ketika berhasil menyiapkan seluruh dokumen, selanjutnya kamu bisa mulai memasukkan permohonan pada sistem. 

Pada proses ini, yang perlu kamu lakukan adalah menuliskan data-data pada dokumen termasuk pada data mengenai merek.

Kamu tidak boleh melakukan kesalahan pada tahap ini karena kesalahan penulisan bisa mengakibatkan kekeliruan kepemilikan atau bahkan merek. Kemudian untuk bisa memperbaikinya, kamu hanya bisa mengajukan permohonan ulang. 

3. Pasca Pendaftaran

Dalam rangkaian perlindungan merek, ternyata tidak cukup sampai proses pendaftaran saja. Selain karena pemeriksaannya yang memerlukan waktu panjang, untuk bisa menentukan keberhasilan merek pun perlu melibatkan banyak pihak. 

Tidak hanya pemeriksa merek, tapi bisa saja pengusaha lain atau pihak lain yang berkaitan dengan merek. Hal ini bisa menjadi pertimbangan keuntungan daftar merek lewat konsultan. 

Konsultan Merek dan Konsultan KI

Berikutnya, kamu juga harus paham mengenai arti dari konsultan itu sendiri. Berbicara mengenai merek, maka kamu akan membahas tentang jenis dari Kekayaan Intelektual (KI).

Kemudian karena jenisnya yang beragam dengan masing-masing ketentuan yang berbeda pula, maka kemudian pemerintah membentuk sebuah program pendidikan khusus untuk bisa menjadi seorang Konsultan KI. 

Seorang Konsultan KI adalah ahli yang membidangi Kekayaan Intelektual berdasarkan pendidikan khusus. 

Dengan begitu, kamu sudah menemukan satu keuntungan daftar merek lewat konsultan yaitu karena penanganannya langsung bersama ahlinya. 

Lalu, ada beberapa pihak yang kemudian menyebutkan dirinya sebagai konsultan merek. Bisa saja konsultan tersebut tidak memiliki sertifikat khusus sebagai seorang Konsultan KI tapi karena pengalamannya sehingga kemudian memiliki keahlian tentang merek. 

Keuntungan Daftar Merek Lewat Konsultan

Selanjutnya, siapapun ahli pilihanmu nantinya, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bantuan ahli. 

1. Terjamin Ketepatannya

Mulai dari proses sebelum pendaftaran hingga proses pendaftaran kamu harus memasukkan data-data dan juga jenis permohonan secara tepat. Apalagi risikonya adalah pembayaran dan juga pendaftaran ulang. 

Dengan bantuan dari seorang ahli, kamu tidak perlu khawatir adanya kesalahan dalam proses tersebut. Hal ini karena konsultan sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk membantumu melindungi merek. 

2. Informasi Lengkap

Sebagai seorang pengusaha yang baru berniat mendaftarkan merek, maka kamu perlu informasi selengkap-lengkapnya mengenai proses tersebut. Ketika menggunakan jasa konsultan, maka kamu bisa mendapatkan penjelasan secara lengkap tentang seluk beluk merek. 

Kamu bisa menanyakan berbagai hal tentang merek yang akan kamu daftarkan. Keuntungan ini akan sangat kamu perlukan terutama pada saat proses pengecekan merek.

Biasanya, konsultan akan memberikan pertimbangan terbaik mengenai merek yang kamu ajukan. Misalnya, apakah merek tersebut bisa lolos pemeriksaan atau justru kamu harus menggantinya dengan merek lain. 

3. Memantau Perkembangan Merek

Keuntungan daftar merek lewat konsultan berikutnya adalah kamu bisa terus mendapatkan update perkembangan merek. Seperti penjelasan di atas, proses perlindungan merek itu tidak bisa hanya berhenti setelah pendaftaran saja. 

Selain pertimbangan dari petugas, merekmu pun akan diperiksa juga oleh pengusaha lain atau pihak lain yang berkaitan dengan merek. Akibatnya, kamu perlu melewati banyak tahapan dan kemungkinan adanya usulan penolakan.

Dengan adanya bantuan dari konsultan, kamu tidak perlu lagi khawatir mengenai perubahan status terkait. Bahkan kamu juga bisa meminta pendapat untuk menanggapi masing-masing perubahan statusnya. 

4. Kepastian Ketepatan Waktu

Berbicara mengenai merek, maka tidak bisa lepas dari ketepatan waktu. Terlambat satu menit saja maka bisa merubah hasil pemeriksaan merekmu. Untuk itu, kamu perlu pertimbangan yang sangat matang sehingga bisa mengajukan pendaftarannya dengan segera. 

Bantuan konsultan akan menjamin ketepatan waktu pendaftaran merekmu. Hal ini karena konsultan akan melakukan pemeriksaan lebih dulu, kemudian menimbang keseluruhan merek sehingga kamu bisa mendaftarkannya secara cepat. 

Bahkan tidak hanya urusan pendaftaran saja, ketika menanggapi hasil pemeriksaan pun kamu tidak akan terlambat. 

Konsultan Merek Terlengkap

Tahukah kamu? Kalau kamu sudah bisa mendapatkan seluruh keuntungan daftar merek lewat konsultan hanya melalui Mebiso. Mulai dengan menggunakan Cek Merek sebagai awal perlindungan merekmu!

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi