KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Panduan Daftar Merek Online Untuk Calon Pengusaha

Panduan Daftar Merek Online Untuk Calon Pengusaha

MEBISO.COM Panduan Daftar Merek Online Untuk Calon Pengusaha. Calon pengusaha sekarang sudah tidak perlu pusing lagi. Karena dari sini  kamu akan bisa mempelajari panduan daftar merek online dengan lengkap dan tentunya mudah untuk diterapkan. 

Pendaftaran Merek Online

Karena DJKI sudah menutup jalur pendaftaran secara konvensional, kamu hanya bisa memprosesnya melalui sistem yang sudah disediakan. Sistem ini sudah berjalan selama sejak tahun 2019.

Dan karena sudah bisa diproses secara online, kamu harus mengetahui panduan pengurusannya secara tepat. Kunci utama dalam pengurusan merek secara online adalah dengan masuk ke sistem yang paling tepat. 

Pada waktu peluncuran sistem merek online, DJKI juga menyediakan sistem-sistem lainnya untuk perlindungan KI. Inilah pentingnya pengusaha memilih sistem yang tepat lebih dulu. Pastikan kamu sudah menyesuaikannya dengan kebutuhan pengurusan KI kamu. 

Khusus pengurusan merek, kamu harus mengurusnya ke dalam sistem merek.dgip.go.id. 

Panduan Daftar Merek Online

Setelah memastikan kamu sudah masuk ke sistem yang paling tepat, langkah selanjutnya adalah mengikuti tahapan sesuai dengan alur yang sudah di buat seperti berikut:

1. Membuat akun

Setelah masuk ke dalam sistem yang tepat, setiap calon pemilik merek wajib memiliki akun lebih dulu. Karena memprosesnya sendiri, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan identitas yang kamu miliki. 

2. Memesan kode billing

Setelah mendapatkan akun, ada satu langkah yang tidak boleh kamu lewatkan. Karena semua jenis pengurusannya, akan ada biaya yang dikenakan oleh DJKI. Jadi, setiap pemohon wajib untuk memesan kode pembayaran yang sesuai dengan pengurusannya. 

Setelah mendapatkan kode pembayaran, kamu harus segera membayarkannya karena ada batas waktu pembayaran yang di tetapkan oleh DJKI. 

3. Review isian formulir

Karena kamu sudah memasukkan data pada saat membuat kode pembayaran, setelah memasukkan kode billing, kamu hanya perlu meninjau isian sebelumnya. Saat ini, waktunya kamu memperbaiki isian-isian data yang masih perlu di perbaiki. 

Apabila semuanya sudah sesuai, lanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu memasukkan data tentang merek kamu.

4. Masukkan data merek

Mulai dari nama, warna, dan juga dokumen logo. Masukkan semua data dengan lengkap, pastikan juga kelas merek atau pilihan tentang barang atau jasa yang kamu inginkan sudah sesuai. 

Pada tahap ini kamu juga dibolehkan memasukkan tambahan-tambahan lainnya untuk memperkuat kekuatan merek.

5. Review kembali

Karena kesalahan yang kamu lakukan bisa berujung dengan pengajuan ulang, manfaatkan menu review terakhir kali sebelum benar-benar memutuskan untuk mengirim permohonannya. 

Ini adalah tahap terakhir sebelum kamu bisa benar-benar mengirimkan permohonannya. Jadi, usahakan untuk membaca kembali satu persatu isian yang sudah kamu isikan. 

Sebagai calon pengusaha, kamu tentu ingin mengeluarkan biaya paling minimal untuk pengurusan merek. Kalau semua isian sudah tepat, kamu tidak memiliki kewajiban untuk menyiapkan tambahan biaya lagi untuk perbaikan atau lainnya. 

Kamu juga bisa mendapatkan panduan daftar merek online secara lengkap bahkan dengan bantuan profesional melalui Jasamerek.com. Pendaftaran merek anti ribet melalui biro jasa terpercaya Jasamerek.com.

Terbukti berhasil tidak hanya membantu pengajuan merek saja, tapi merek kamu bisa aman sampai terbit sertifikat dan juga dari aksi-aksi penjiplakan. Perlindungan ekstra ini sudah bisa di gunakan dengan fitur monitoring merek. 

Artinya, kamu akan mendapatkan update setiap perubahan status pemeriksaan, sehingga kamu juga bisa menyiapkan langkah-langkah khusus. Sudah tidak ada alasan lagi untuk kamu ragu melindungi nama merek. 

Panduan daftar merek online di atas, akan jauh lebih mudah kalau kamu juga sudah memanfaatkan fitur Cek Merek dari Mebiso. Selain tahapannya sudah sesuai, kamu juga sudah memastikan nama yang di gunakan aman.

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi