KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Membuat Nama PT yang Bagus sebagai Identitas Bisnis

Membuat Nama PT yang Bagus sebagai Identitas Bisnis

MEBISO.COM – Berencana meningkatkan bisnismu menjadi sebuah badan hukum? Bisa saja PT adalah sebuah bentuk yang paling tepat. Kalau begitu, saran mengenai membuat nama PT yang bagus akan menjadi sebuah solusi tepat untukmu.

Artikel ini akan memberikan panduan berikut saran-saran terbaik untuk kamu terapkan dalam bisnismu. 

Syarat Membuat Nama PT

Untuk bisa berhasil menciptakan sebuah nama perusahaan, ada beberapa ketentuan yang perlu kamu pahami. Ini dia persyaratan wajib bagi pengusaha dalam pembuatan nama PT. 

1. Menggunakan Bahasa Latin

Meskipun kamu bebas memilih nama yang paling pas untuk usahamu, tapi syarat pertama yang harus kamu penuhi adalah mengenai penggunaan bahasa latin. Artinya, nama tersebut tertulis dan terbaca sesuai dengan kaidah yang sudah ditentukan. 

2. Berbeda

Berikutnya kamu juga harus memastikan kalau nama tersebut berbeda dengan nama-nama perusahaan yang sudah ada. Ketentuan ini juga berlaku pada anak perusahaan milikmu. Ketika kamu membangun sebuah perusahaan lain, usahakan untuk memberikan sedikit perbedaan. 

3. Tidak Bertentangan dengan Peraturan

Mudahnya, kamu harus menggunakan kata-kata yang memiliki arti baik. Kamu perlu memperhatikan ketertiban umum dan juga kesusilaan. Akan lebih baik lagi kalau kamu mempertimbangkan peraturan yang berlaku saat ini baik dari segi kenegaraan, agama, dan juga ada istiadat. Dengan begitu, kamu akan berhasil membuat nama PT yang bagus tanpa hambatan. 

4. Tidak Menggunakan Nama Lembaga

Kemudian syarat lain yang harus kamu penuhi adalah dengan menghindari penggunaan nama lembaga sebagai nama dari bisnismu. Baik itu nama dari lembaga negara, pemerintah, atau internasional. 

Kamu hanya bisa menggunakan nama-nama ini ketika sudah berhasil mendapatkan izin dari lembaga yang bersangkutan. 

5. Tidak Berarti Perseroan

Maksudnya, kamu tidak menggunakan kata “PT Perseroan Terbatas” atau “PT Perusahaan”. Membuat nama PT yang bagus harus merupakan rangkaian kata unik yang bisa benar-benar menjadi identitas dari bisnismu. 

6. Tidak Hanya Menyebutkan Kegiatan Usaha

Berikutnya kamu juga harus memastikan kalau nama pilihanmu itu tidak hanya menyebutkan kegiatan usaha. Misalnya, “PT Perdagangan” atau “PT Industri”. Kalau kamu berniat menggunakannya sebagai unsur utama, maka usahakan untuk menambahkan kata lainnya juga. 

7. Sesuai dengan Kegiatan Usaha

Syarat terakhir, sebaiknya kamu menggunakan kata-kata yang berkaitan dengan jenis bisnismu. 

Cara Membuat Nama PT

Kalau kamu sudah siap dengan segala persyaratan di atas, berikutnya adalah mewujudkan nama pilihanmu itu menjadi sebuah nama yang legal. Ini dia tahapannya. 

1. Memilih Minimal 3 Kata

Seluruh persyaratan membuat nama PT yang bagus di atas, harus kamu tuangkan ke dalam minimal 3 kata. Sesuai dengan ketentuan mengenai pembuatan nama perusahaan, seorang pemilik bisnis harus menyediakan nama perusahaannya dalam 3 minimal 3 kata. 

Bahkan ketika kamu berniat menggunakan singkatan sebagai nama perusahaan, maka singkatan tersebut akan menjadi 1 kata dan kamu harus menambahkan 2 kata lainnya. 

2. Melakukan Pengecekan

Karena salah satu syaratnya adalah nama tersebut harus berbeda, maka sebelum mendaftarkannya sebagai sebuah nama perusahaan resmi kamu harus melakukan pengecekan lebih dulu. 

Caranya, adalah dengan melalui sistem pengecekan nama perseroan milik AHU. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui nama-nama yang masih tersedia atau yang mungkin tidak bisa kamu gunakan. 

Kemudian, karena adanya kesamaan prinsip terhadap pemilihan nama PT ini dengan nama merek, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan pengecekan merek dan juga nama PT secara bersamaan. 

Apalagi, kalau kamu berencana menggunakan salah satu unsur dari nama perusahaan sebagai nama merek juga. 

3. Mendaftarkan Perusahaan

Cara paling tepat untuk mengamankan nama perusahaan adalah dengan melakukan pendaftarannya. Untuk proses pendaftaran sendiri, kamu perlu mendatangi notaris, lalu memberikan nama pilihan berikut dengan alamat dan juga rencana bisnis kedepannya. 

Berikutnya barulah notaris yang akan memproses pengesahan sehingga nama perusahaan pilihanmu menjadi resmi. 

Tips Membuat Nama PT yang Bagus

Agar rencana pendirian bisnis milikmu menjadi lancar, kamu bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan nama terbaik. 

1. Nama yang Unik 

Selain membuat nama PT yang bagus, kamu juga harus memilih sebuah nama yang unik. Ini adalah tugas pertama sebelum benar-benar melakukan pendaftaran. Apalagi, nama perusahaan bisa menjadi identitas dari bisnis itu sendiri. 

Alhasil, dengan memilih sebuah nama yang unik pelanggan akan lebih mudah mengenali perusahaan berikut dan juga bisnismu. 

2. Sesuai dengan Kegiatan Usaha

Tanpa perlu melihat dokumen akta atau dokumen perizinan, melalui nama perusahaan yang sesuai dengan kegiatan usaha, pelanggan akan lebih mudah mengenali bisnismu. Tidak harus menyebutkan kegiatan usaha secara langsung, tapi kamu bisa menggunakan kata-kata yang identik dengan bisnismu. 

3. Menghindari SARA

Meskipun kata pilihanmu sedang tenar atau populer di kalangan tertentu, kalau ternyata kata tersebut mengandung unsur SARA maka kamu harus menghindarinya. Dengan begitu, kamu sudah berhasil menemukan sebuah nama perusahaan yang bagus. 

4. Daftarkan Merek

Tips terakhir hanya berlaku ketika kamu berniat menggunakan nama perusahaan itu sebagai nama merek juga. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan perlindungan ekstra dari bukti pendirian perusahaan dan juga dari bukti perlindungan merek. 

Mengamankan Nama PT dan Merek

Kalau sudah berhasil membuat nama PT yang bagus, selanjutnya kamu bisa mengamankannya. Mulailah dengan Cek Merek lebih dulu sebagai cara mendapatkan rekomendasi terbaik.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu