PLATFORM PERLINDUNGAN MEREK USAHA
Mebiso LOGO

Disini, Satu-Satunya Tempat Kamu Bisa Urus HAKI Online

urus haki online

MEBISO.COM – Dimana tempat urus HAKI online? Sampai saat ini masih banyak alternatif yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengurusan HKI. Apalagi semenjak Ditjen KI memutuskan untuk menutup seluruhnya jalur pendaftaran secara offline hal ini semakin memberikan kemudahan untuk para pelaku usaha. 

Selanjutnya, kamu hanya perlu menyesuaikan mana tempat pengurusan yang paling bisa membantu kebutuhan kamu. Setidaknya, ada dua pilihan tempat pengurusan HKI yaitu secara langsung melalui website Ditjen KI atau memilih bantuan dari biro jasa. 

Melalui artikel ini, akan dibahas satu persatu kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan pengurusannya sebagai berikut:

Secara mandiri

Kelebihan melakukan pengurusan secara mandiri, kamu bisa bertanggung jawab penuh atas seluruh kekayaan intelektual kamu. Tentunya, semua keputusan akan menjadi kehendak kamu sebagai pemilik. 

Selain itu, kamu pasti juga akan mengelola sendiri setiap akun kekayaan intelektual yang kamu miliki, sehingga bisa mendapatkan updatenya secara langsung. 

Tapi, dibalik semua keuntungannya tersebut, kamu juga harus siap-siap terhadap kelemahan melakukan pendaftaran sendiri seperti yang ada di bawah ini. 

Pendaftaran secara mandiri, artinya kamu harus menentukan sendiri jenis KI yang akan di lindungi. Karena ada setidaknya 7 jenis yang harus kamu ketahui dan masing-masing memiliki perbedaan.

7 website itu adalah:

  1. https://merek.dgip.go.id/ 
  2. https://paten.dgip.go.id/ 
  3. https://e-hakcipta.dgip.go.id/ 
  4. https://desainindustri.dgip.go.id/
  5. https://ig.dgip.go.id/
  6. https://rd.dgip.go.id/ 
  7. https://dtlst.dgip.go.id/ 

Mulai dari website pengajuan, persyaratan, cara pengajuan, dan juga harga yang harus kamu bayarkan juga berbeda-beda. Jadi, kalau kamu tidak mengetahui cara berikut tipsnya, lebih baik kamu mulai mempertimbangkan untuk mencari jasa urus HAKI online.

Belum lagi kamu harus selalu menyediakan waktu untuk memantau sekaligus mengirimkan tanggapan yang di minta Ditjen KI. Karena kalau kamu terlambat, kamu harus mengulang semua tahapannya dari awal.  

Melalui bantuan biro jasa

Daripada kamu harus melakukan semuanya sendiri, ada pilihan lainnya yaitu dengan bantuan biro jasa. 

Dengan biro jasa, kamu bisa di untungkan tanpa perlu repot memilih website yang tepat, membaca semua aturan tentang masing-masing kekayaan intelektual, dan terakhir kamu juga tidak perlu mengurus semua detailnya sendiri. 

Tapi, walaupun menggunakan jasa urus HAKI online menjadi sangat praktis, kamu juga harus berhati-hati. Bantuan biro jasa itu juga bisa menyebabkan beberapa kerugian seperti di bawah ini.

Kamu bisa terlambat mendapatkan update tentang pengajuan KI milikmu. Karena biro jasa tidak hanya membantu kamu sebagai kliennya, tentu ada beberapa batasan yang tidak bisa di bantu seperti terus menerus memantau perkembangan dari permohonanmu. 

Alhasil, kamu masih perlu memantau kembali perubahan masing-masing dari statusnya. 

Tapi, walaupun ternyata biro jasa juga mempunyai beberapa kelemahan, kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang ada jasa yang menjawab semua kelemahan itu. Jasamerek.com adalah biro jasa praktis yang bisa memberikan perlindungan all in untuk merek kamu. 

Mulai dari pengecekan sebagai garda pertama perlindungan, monitoring sampai merek berhasil terdaftar, semua bisa melalui satu pintu Jasamerek.com.

Urus HAKI online saat ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan hak. Tentunya, karena semuanya sudah melalui online, proses pengurusannya juga sudah semakin cepat. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk menunda perlindungan merekmu. Segera gunakan fitur Cek Merek dari Mebiso sebagai langkah awal pendaftaran merek.