KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ini Tips Ajaib Untuk Lolos Pemeriksaan Substantif Merek!

Tips Ajaib Untuk Lolos Pemeriksaan Substantif Merek!

MEBISO.COM – Salah satu tahapan penentu apakah merekmu bisa terbit sertifikat atau tidak adalah proses pemeriksaan substantif merek. Tentu ada jaminan merekmu selamat kalau sudah berhasil menguasai proses pemeriksaan satu ini. 

Apa saja yang harus kamu pahami dalam proses penentu ini? Catat trik-trik khusus dalam artikel berikut!

Proses Pemeriksaan Substantif Merek

Proses ini akan selalu kamu alami untuk menyelesaikan rangkaian pendaftaran merek. Bahkan, proses ini juga yang bisa membuat kamu mendapat masalah atau lolos sampai terbit sertifikat! Dan karena proses ini sudah dijelaskan dalam peraturan kamu bisa menyiasatinya. 

Sebelum itu, mari kita pahami apa arti dari proses pemeriksaannya. 

Pemeriksaan substantif, sama seperti namanya adalah untuk menilai substansi dari sebuah merek. Cara menilainya juga memerlukan waktu yang relatif. Untuk bisa menentukan apakah substansi dari merekmu itu sudah sesuai, petugas menggunakan undang-undang sebagai pedoman. 

Dan undang-undang memberikan dua kriteria pada pemeriksaan substantif ini. Kriteria pertama adalah pertimbangan mengenai kesesuaian ketentuannya. Selanjutnya, adalah pertimbangan dengan menggunakan pembanding merek lain.

Dari situ, kamu sudah mendapat satu tips, yaitu untuk bisa sukses menjadi pemilik terdaftar, kamu harus juga mempertimbangkan kesesuaian dengan aturan sekaligus menggunakan merek lain sebagai pembanding. 

Kebanyakan pengusaha, saat ini hanya fokus pada merek pembanding saja. Padahal, ada pertimbangan lain yang juga ikut menentukan keberhasilan merek. Bahkan ketentuan ini disebut-sebut sebagai penilaian absolut merek. Artinya, kalau pemeriksa menilai kalau merekmu melanggar kriteria satu ini, akan sangat sulit mempertahankannya. 

Mau tahu apa saja tips ajaib untuk selamat pada tahap ini? Catat poin penting pada sub bab berikut. 

Tips Melewati Pemeriksaan Substantif Merek

Hampir sama dengan jumlah kriteria yang digunakan oleh pemeriksa, proses pemeriksaan substantif juga dilakukan sebanyak 2 kali. Dan yang perlu kamu tahu adalah, pertimbangan dalam melakukan pemeriksaannya agar kamu bisa memahami cara kerja dari petugas. 

Berikut ini adalah tips-tips ajaib agar merekmu selamat. 

1. Pahami lawan kamu

Proses pemeriksaan substantif itu menggunakan 2 alat. Pertama adalah undang-undang dan kedua adalah database merek. Untuk bisa sukses melewati penilaian berdasarkan undang-undang, pastikan kamu sudah mengetahui hal-hal berikut:

  1. Asal bahasa merek
  2. Apa arti dari pilihan namamu
  3. Cara membaca merek
  4. Alasan pemilihan merek
  5. Pastikan seluruh rangkaian itu membentuk nama yang baik

Meskipun arti “baik” sendiri masih sangat abstrak, tapi ada satu hal yang perlu kamu ingat. Jangan gunakan kata yang baik arti maupun penggunaannya berkaitan untuk menghina agama, adat, atau kelompok tertentu. 

Sudah berhasil menyusun satu nama dengan tips di atas? Karena kamu sudah menentukan suatu nama, selanjutnya melakukan penilaian dengan membandingkannya bersama merek lain. 

2. Cek merek

Pernah dengar kalau cara ini sangat ampuh untuk membuat merek selamat dari penolakan? Nyatanya, hal itu memang benar. Melakukan pengecekan merek bisa meningkatkan potensi merekmu berhasil. 

Alasannya sederhana, karena pemeriksa merek juga menggunakan database untuk menilai merekmu. Dan dari database yang bisa kamu akses itulah mereka membuat pertimbangan tentang penerbitan sertifikat. 

Kalau pemeriksa menggunakan database yang tersedia, kamu pun juga bisa melakukan hal yang sama. Bedanya, kamu menggunakan database tersebut untuk melihat apakah merekmu aman dilanjutkan atau tidak. 

Ingat, pengecekan merek ini lebih efektif kalau kamu menggunakannya sebelum mendaftarkan merek. Sudah yakin kamu akan berhasil melewati pemeriksaan substantif merek? Coba gunakan fitur Cek Merek dari Mebiso untuk menjawabnya!

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda