Community

Mobil Google Street View akan Mulai Memetakan Wilayah Surabaya

 

   

Surabaya — Google Street View merupakan web application layanan Google yang menyediakan gambar foto panorama 360 derajat dari berbagai tempat dari seluruh dunia. Diluncurkan pada 25 Mei 2007, Google Street View mulai merekam gambar dari jalan-jalan kota, tempat wisata, pegunungan, hutan, daerah terpencil antartika, hingga pemandangan bawah laut pantai Australia.

Teknologi perekamnya menggunakan sebuah kamera berbentuk bola, Dodeca 2360. Kamera ini dapat mengambil gambar dari 11 angle sekaligus dalam bentuk video full frame beresolusi 2400 x 1200 pixel dengan kecepatan sampai 30 fps. Kemudian setelah perekaman selesai, gambar disusun dan disambung-sambung hingga menghasilkan foto panorama 360 derajat.

Untuk menjaga privasi warga, Google akan memburamkan pelat nomor dan wajah pengguna jalan yang terekam.

Indonesia adalah negara ke-45 yang gambarnya akan diunggah ke layanan Street View. Kota pertama yang dikunjungi oleh tim Street View adalah Jakarta (23-11-2012) kemudian dilanjutkan ke kota-kota lainnya. Bekerja sama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tim Street View akan mengambil gambar dari berbagai objek wisata di Indonesia. Juli lalu, proses perekaman gambar tengah dilakukan di daerah Bali. Rencananya gambar hasil rekaman akan resmi diluncurkan pada Google Street View tahun 2014 mendatang.

Kemarin sore, dalam perjalanan menuju kampus, saya sempat berpapasan dengan 3 mobil Google Street View yang melintas di daerah Siwalankerto, Surabaya. Proyek pemetaannya sendiri saya asumsikan masih belum beroperasi, melihat alat perekam di atas mobil masih terbungkus rapi. Sayangnya saya tidak sempat ambil gambar mobilnya. Namun akun Twitter @sissysaraswati sempat mengabadikannya.

Kalau benar mobil tersebut akan merekam kota Surabaya, maka Surabaya adalah kota ketiga yang dipetakan Google Street Vew setelah Jakarta dan Bali.

TIMELINE GOOGLE STREET VIEW

  • 25 Mei 2007 Pertama kali diperkenalkan ke publik Amerika Serikat
  • 12 Mei 2008 Pertama kali memperkenalkan teknologi face-blurring. Di tahap awal baru memburamkan foto wajah yang tak sengaja terekam di wilayah kota New York.
  • 16 April 2008 Layanan Google Street View terintegrasi penuh pada Google Earth 4.3
  • 10 Juni 2008 Teknologi face-blurring diterapkan di seluruh foto wajah yang terekam kamera.
  • 2 Juli 2008 Mulai merambah Perancis dan Italia, dua negara pertama di luar AS. Sekaligus memulai debut kamera Generasi 4.
  • 4 Agustus 2008 Mulai melayani kota-kota besar di Australia dan Jepang
  • 26 November 2008 Memperkenalkan ikon untuk mereprentasikan lokasi tertentu dan memperbarui sistem tombol navigasi.
  • 9 April 2009 Layanan Google Street View tersedia dalam opsi layar penuh (full-screen).
  • 5 Juni 2009 Memperkenalkan Smart Navigation yang memungkinkan pengguna melihat panorama dari sembilan angle berbeda
  • 14 Januari 2012 Pengguna yang menggunakan versi lebih rendah dari Google Earth 6.0 tidak bisa lagi mengakses konten Street View.
  • 23 November 2012 Indonesia menjadi negara ke-45 di dunia dan negara ke-3 di Asia Tenggara (setelah Singapura dan Thailand) yang dilayani Google Street View.

Yang terbaru dari Google Street View adalah layanan bagi para pemilik bisnis untuk bisa memasukkan gambar tempat bisnisnya ke dalam layanan Google Street View. Kita tunggu saja seperti apa kelanjutannya ;-)

                           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *