KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Bisnis yang Menguntungkan, Tips dan Triknya untuk Pengusaha

Bisnis yang Menguntungkan, Tips dan Triknya untuk Pengusaha

MEBISO.COM – Bagaimana cara membangun bisnis yang menguntungkan? Tentunya, saat pertama kali menjalankan usaha, kamu mengharapkan akan mendapat keuntungan besar. Nah, agar kamu tidak salah langkah, berikut ini adalah tips dan trik menjalankan bisnis agar mendapatkan untung. 

Langkah Membangun Bisnis yang Menguntungkan

Menjalankan bisnis menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kekayaan secara cepat. Tapi terkadang langkah yang salah justru membuat pengusaha rugi besar. Agar kamu tidak menjadi pengusaha yang rugi, cobalah mengikuti langkah di bawah ini. 

1. Kuasai Pola Pikir Bisnis

Sebelum terjun sebagai pebisnis handal, mulailah menerapkan pola pikir bisnis. Hal ini akan membantumu menjalankan bisnis sesungguhnya di kemudian hari. Pola pikir bisnis ini misalnya, dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian bisnis yang akan kamu jalankan. 

Kamu bisa melatihnya melalui pertimbangan-pertimbangan kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kamu akan terbiasa memikirkan keuntungan dan kerugian bisnismu. 

Selain itu, kamu juga harus memaksimalkan niat berbisnismu. Fungsinya, agar kamu  bisa mendapatkan tambahan energi untuk terus menjalankan bisnis. Dengan begitu, kamu akan lebih kuat menghadapi risiko bisnis kedepannya. 

2. Fokus

Apapun bisnis yang kamu jalankan, selalu ada pasang surutnya. Tapi penting untuk pengusaha selalu fokus menjalankan satu bisnisnya. Usahakan untuk tidak berganti-ganti lini bisnis setiap kali usaha yang kamu jalankan mulai menurun. 

Dengan fokus menjalankan satu bisnis saja, menjamin bisnismu aman dan tetap stabil. Kamu pun bisa selalu melakukan evaluasi perbaikan layanan kapan saja hingga menjadi bisnis yang menguntungkan. 

Kamu juga memiliki banyak waktu untuk memantau dan memahami perkembangan usaha setiap saat. Hal ini juga memberikanmu kesempatan untuk mendalami bisnis yang kamu bangun. 

3. Sesuaikan dengan Passion

Tips lainnya adalah dengan menjalankan bisnis sesuai dengan passionmu. Kamu bisa mulai menanyakan pada dirimu kira-kira apa yang kamu sukai? Apakah hal itu bisa mendatangkan keuntungan untukmu?

Hal ini juga bisa meningkatkan semangatmu dalam menjalankan bisnis. Terlebih, karena kamu menyukai bidang tersebut, sehingga kamu akan leluasa melakukan pengembangan bisnis. 

4. Riset

Proses riset sebelum menjalankan bisnis juga memegang peranan penting. Apalagi kalau kamu ingin bisnismu aman sampai kapan pun. Melalui riset juga kamu bisa mengetahui apa risiko yang kemungkinan akan muncul di kemudian hari.

Termasuk kemungkinan ancaman kompetitor, sehingga kamu punya cukup waktu untuk menyiapkan strategi perlawanannya. 

Contohnya, dengan melakukan riset lebih dulu, kamu bisa menemukan penggunaan nama-nama bisnis oleh kompetitormu. Tetapi meskipun nama itu berhasil di pasaran, kamu bisa menemukan nama lainnya yang lebih aman untuk pendaftaran ke DJKI sekaligus menunjukkan hal baru kepada para pelanggan. 

5. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial 

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau sekarang ini para pebisnis mulai mengenalkan produknya melalui media sosial. Pasalnya, mengenalkan produk melalui media sosial merupakan tahap awal kamu bisa meraup keuntungan melalui teknologi ini. 

Melalui media sosial, kamu bisa melakukan promosi dengan modal yang minim. Tentunya, hal ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar sehingga usahamu berhasil menjadi bisnis yang menguntungkan. 

Terlebih, media sosial saat ini juga sangat membantu untuk mencapai target pasar yang sesuai. Alhasil, kamu pun tidak perlu khawatir promosi yang kamu berikan itu salah sasaran. 

Bahkan kamu juga bisa memamerkan produk melalui postingan di media sosial. Hal ini bisa menjadi portofolio abadi sehingga kamu tidak perlu lagi mencetak portofolio setiap kali pelanggan memintanya. 

6. Buka Kritik dan Saran

Bisnis yang menjanjikan adalah bisnis yang selalu terbuka terhadap kritik dan saran. Kamu bisa saja menjalankan bisnis sesuai dengan keinginanmu, tapi pendapat dari pelanggan selalu penting untuk pengembangan bisnis. 

Jadi, bukalah beberapa jalur agar pelanggan bisa leluasa memberikan kritik maupun sarannya. Bisa melalui media sosial, email, atau penyampaian kritik secara langsung pada saat transaksi. 

Kritik maupun saran yang kamu dapatkan, akan memberikan ide-ide baru sebagai inovasi produk. Tentunya hal ini akan menjadikan usahamu sebagai bisnis yang tidak ada matinya. 

Meskipun pada kenyataannya, tidak semua kritik bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan dalam mengembangkan bisnis. Jadi, pilihlah beberapa masukan saja yang paling sesuai dengan kebutuhan usahamu saat ini. 

7. Bijak dalam Mengelola Keuangan

Banyak bisnis yang menguntungkan gulung tikar karena tidak bijak dalam mengelola keuangannya. Oleh karena itu, kemampuan mengelola keuangan akan menjadi sangat penting ketika kamu terjun ke dunia bisnis. 

Kamu harus bisa memilah-milah aspek apa saja yang bisa kamu tekan pengeluarannya. Selanjutnya, jangan lupa juga untuk memaksimalkan pendapatan. Lalu, pastikan kamu juga memiliki dana darurat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Pernah terbayang bisnis yang kamu harapkan bisa sukses tiba-tiba terjerat masalah hukum? Misalnya, seperti perebutan nama merek yang sebenarnya sudah kamu daftarkan. 

Hal ini bisa mengancam bisnismu kapan saja. Artinya, memiliki bukti pendaftaran resmi dari DJKI saja tidak cukup untuk menjamin merekmu aman. Masih perlu usaha ekstra agar menjamin keamananya. 

Alternatif Perlindungan Ekstra terhadap Bisnis

Agar kamu benar-benar mendapatkan bisnis yang menguntungkan sekaligus aman sesuai dengan impianmu, mulailah mempertimbangkan menggunakan fitur Perlindungan Merek dari Mebiso khusus untuk pengamanan ekstra terhadap merek.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda