KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Brand Recall: Arti, Bentuk dan Manfaatnya untuk Pengusaha

Brand Recall: Arti, Bentuk dan Manfaatnya untuk Pengusaha

MEBISO.COM – Mimpi bagi seluruh pengusaha adalah produknya bisa diingat dengan baik. Inilah arti dari brand recall yang mana sangat bermanfaat bagi pengusaha. Lalu, bagaimana cara pelanggan bisa tetap mengingat produkmu? Simak penjelasannya pada artikel berikut. 

Pengertian

Istilah satu ini berkaitan dengan pengukuran kualitas mengenai seberapa baik nama brand itu di mata konsumen. Penilaian ini berkaitan dengan jenis, kelas dan juga kualitas dari produk. 

Terdapat beberapa metode untuk melakukan pengukuran tersebut misalnya melalui wawancara langsung atau melalui riset. Caranya, adalah dengan memberikan beberapa pertanyaan mengenai produk tersebut. Berikan pertanyaan yang lebih khusus sehingga bisa objektif menilai seberapa jauh konsumen mengenal produk. 

Istilah ini juga dapat kamu artikan sebagai kemampuan dari konsumen untuk mengingat brand. Ketika seorang konsumen berhasil mengingat brand, maka hal itu akan meningkatkan brand awareness dari suatu produk. 

Bentuk Brand Recall

Agar kamu dapat lebih memahami istilah ini, berikut adalah perbedaan berdasarkan bentuknya sebagai berikut. 

1. Aided

Pertama, adalah bentuk aided. Artinya, kamu bisa menilai kemampuan konsumen dalam mengenali merek dengan membandingkannya dengan kompetitor. Dalam bentuk ini, konsumen akan mengidentifikasi brand dengan komponen lainnya dari kompetitor tersebut. 

2. Unaided

Selanjutnya adalah bentuk yang berbeda, pada bentuk ini pengukuran yang dilakukan melalui membandingkan beberapa produk yang sama dari brand yang beragam. Konsumen akan mengidentifikasi nama brand berdasarkan pengetahuan konsumen masing-masing. 

Manfaat Brand Recall

Karena ternyata hal ini sangat penting bagi dunia pemasaran, berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika berhasil memaksimalkannya. 

1. Meningkatkan Penjualan

Hal ini merupakan tujuan yang pasti diinginkan oleh semua pengusaha. Kemudahan pelanggan dalam mengenali merek akan berbanding lurus dengan jumlah penjualan. Terlebih, sebelum memutuskan untuk membeli produk pelanggan harus lebih dulu yakin dan mengenali mereknya. 

Bahkan ketika kamu berhasil membuat pelanggan terus mengingat produkmu, maka besar kemungkinan mereka akan kembali lagi dengan transaksi yang sama meskipun muncul produk baru lainnya. 

Tentunya, kamu harus memastikan ingatan pelanggan terhadap produkmu itu merupakan ingatan yang baik. 

2. Menjadi Top of Mind

Ketika pelanggan berhasil mengingat produk dengan baik, kamu telah berhasil mendapatkan perhatian pelanggan sepenuhnya. Dengan begitu, meskipun muncul nama-nama baru dengan berbagai inovasinya, konsumen akan memprioritaskan merekmu dibandingkan merek yang baru muncul itu.

Berasal dari ingatan konsumen inilah produk yang kamu pasarkan akan mendapatkan kepercayaan lebih. 

3. Mendapatkan Brand Bisnis yang Kuat

Kepercayaan konsumen terhadap produkmu bisa menguatkan pondasi terhadap bisnismu. Tahukah kamu? Merek merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh perusahaan. 

Artinya, merek yang kamu miliki saat ini bisa mempengaruhi keberlangsungan bisnismu. 

Tips Meningkatkan Brand Recall

Apa yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan konsumen dalam mengenali produkmu? Berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan agar pelanggan semakin mengenalmu. 

1. Bentuk Iklan sebagai Cerita

Saat ini sudah banyak brand-brand besar yang menggunakan cerita sebagai iklannya. Hal ini karena konsumen lebih tertarik dengan cerita orang lain dibandingkan iklan yang hanya menampilkan keunggulan produk. 

Inilah yang kemudian menyebabkan perusahaan berlomba-lomba membuat cerita yang menarik sebagai sebuah iklan. 

2. Pemasaran Ulang

Sistem ini adalah sebuah cara untuk menawarkan produk kembali kepada para pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi terhadap produk. Melalui cara ini, kamu sudah tidak perlu susah-susah lagi mengenalkan produk karena mereka sudah tahu kualitas dari produk. Alhasil, cara ini berpotensi meningkatkan konversi penjualan.  

3. SEO 

Teknik ini merupakan sebuah cara untuk meningkatkan kunjungan pada website bisnismu. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat konten-konten menarik untuk ditampilkan pada website. 

Pastikan konten yang kamu tampilkan tersebut orisinil karena Google bisa mendeteksi konten-konten jiplakan dan hal ini akan mengurangi penilaian Google terhadap websitemu. 

Mempertahankan Brand Recall

Setelah berhasil meningkatkan kemampuan merekmu dikenali oleh pelanggan, tugas pengusaha selanjutnya adalah mempertahankannya. Cara agar brand tetap aman adalah melalui proses pendaftaran. 

Karena hanya dengan cara inilah pengusaha bisa mendapatkan jaminan dari negara. Meski begitu, pendaftaran bukanlah satu-satunya cara. Karena hanya dengan pendaftaran saja, ternyata masih banyak pemilik merek yang saling berebut satu nama. Hal inilah yang menjadi awal mula konflik antar para pengusaha. 

Alhasil, cara yang dilakukan oleh kompetitor adalah membuat satu nama yang mirip sedemikian rupa. Meskipun pada dasarnya hal ini dilarang, tetapi DJKI masih memerlukan keterlibatan masyarakat maupun pemilik merek untuk turut memberikan penilaian. 

Misalnya, dengan cara mengajukan laporan kepada DJKI untuk suatu pendaftaran merek tertentu. Kamu pun bisa melakukan hal ini demi menyelamatkan merekmu. Jadi, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memantau perkembangan pendaftaran merek setiap harinya dan membuat laporan apabila ada merek yang mencurigakan. 

Kemudahan Mempertahankan Merek

Apakah langkah mempertahankan brand recall di atas terlihat sulit? Faktanya, menyisihkan waktu setiap hari untuk memantau perkembangan pendaftaran merek memang bukan hal yang mudah. Tapi, sekarang kamu sudah bisa bernafas lega, karena Mebiso memberikan jawaban melalui fitur Proteksi Nama Merek.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda