KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

6 Cara Memulai Bisnis UKM: Tips dan Triknya untuk Pengusaha!

6 Cara Memulai Bisnis UKM: Tips dan Triknya untuk Pengusaha!

MEBISO.COM – Kabarnya, untuk menjalankan usaha, langkah yang paling sulit adalah cara memulai bisnis UKM. Lalu, bagaimana agar usaha yang kita impikan bisa berjalan dengan lancar? Berikut ini adalah tahapan berikut tips dan trik yang bisa kamu tiru untuk mulai membangun bisnis. 

6 Cara Memulai Bisnis UKM

Agar usaha yang kamu jalankan bisa berjalan lancar sesuai dengan yang kamu inginkan, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan. 

1. Mulai dengan Riset 

Pertama, sebelum benar-benar menawarkan produk, kamu harus melakukan riset lebih dulu. Riset ini bisa sangat luas, mulai dari komposisi yang akan kamu gunakan dalam produkmu, cara memasarkan yang paling sesuai dengan produk, bahkan sampai dengan penggunaan nama yang tepat. 

Kamu bisa melakukan riset melalui beberapa metode. Misalnya dengan cara survey atau observasi baik secara online maupun offline. Tujuannya adalah mencari jawaban yang paling tepat untuk menjalankan usahamu. 

Hasil dari riset ini akan sangat membantumu menyusun strategi bisnis kedepan dan juga menghindarkan perusahaan dari masalah hukum. 

2. Siapkan Mental

Menjalankan suatu usaha membutuhkan kesiapan mental, apalagi dunia bisnis sangat sering berubah-ubah. Risiko yang akan kamu hadapi nantinya juga akan berubah. Termasuk juga tantangan dalam menjalankan usaha. 

Seorang pengusaha yang sukses harus memiliki mental yang kuat dan juga tahan banting. Artinya, sebelum memulai usaha kamu harus menyiapkan segala potensi yang mungkin terjadi di kemudian hari secara berani. 

3. Bangun Relasi

Sebuah bisnis tidak bisa berdiri sendiri. Untuk bisa semakin berkembang, pengusaha harus mau bekerja sama dengan perusahaan lain atau bisa juga dengan sebuah organisasi. 

Relasi yang luas, akan memberikan kemudahan untuk bisnismu. Misalnya, bisa dengan meningkatkan jumlah konsumen atau bahkan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas produk. 

4. Modal

Apapun usaha yang akan kamu jalankan, pasti akan memerlukan modal. Modal ini bukan hanya berupa uang. Tapi, bisa juga berupa kemampuan yang mumpuni untuk memproduksi sebuah komoditas. 

5. Memilih Lokasi

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi secara strategis. Penentuan lokasi yang tepat, baik untuk usaha dagang atau jasa akan mendatangkan pelanggan dengan mudah. 

Usahakan untuk memilih tempat yang mudah dijangkau atau berada di lokasi yang ramai. Sekarang ini, bisnis tidak hanya membutuhkan lokasi secara fisik. Tapi juga membutuhkan lokasi secara digital. 

Contoh lokasi digital untuk perusahaan adalah seperti sosial media atau platform digital yang mana saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh bisnis UMKM

6. Mengamankan Merek

Terakhir, yang paling penting adalah kamu harus mengamankan merek usaha. Mengamankan merek ini perlu beberapa tahapan. Mulai dari langkah pertama di atas ketika kamu memulai riset, jangan lupa lakukan juga riset untuk merekmu. 

Riset disini adalah untuk mencari tahu apakah merekmu akan aman atau tidak. Dengan begitu, kamu sudah menjalankan upaya untuk mengamankan bisnis sekaligus mereknya juga. 

Tapi, fungsi dari riset mengenai merek ini hanya untuk langkah pertama saja. Karena khusus untuk merek ada banyak sekali tahapan yang harus kamu lakukan. Seperti memantau perkembangan nama-nama bisnis yang baru muncul. Lalu, pastikan kamu sudah melakukan langkah tepat agar nama-nama baru itu tidak mengganggu. 

Tips dan Trik Memulai Bisnis

Nah, agar tahapan di atas tidak sia-sia dan sesuai dengan jalurnya, kamu bisa menerapkan tips dan trik berikut.

1. Tentukan Ide Bisnis

Agar bisa memulai suatu usaha, kamu perlu menentukan satu ide lebih dulu. Untuk menentukan ide ini bisa kamu mulai dengan menyesuaikan anggaran yang ada atau melalui permasalahan di sekitarmu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan riset secara terarah. 

2. Lakukan Promosi

Memberikan beberapa penawaran terbaik sebagai cara memulai bisnis UKM adalah langkah yang cerdas. Pelanggan akan menyukai promosi yang kamu berikan dan tentunya hal ini bisa menjadi langkah untuk menarik perhatian pelanggan baru. 

Pastikan juga promosi yang kamu lakukan tidak berlebihan dan masih sesuai dengan anggaran. 

3. Memanfaatkan Teknologi

Sebagai pengusaha baru, jangan ragu untuk selalu memanfaatkan teknologi. Bahkan dengan memanfaatkan teknologi secara tepat, kamu akan menghemat lebih banyak biaya untuk melakukan promosi. 

Contohnya seperti yang banyak dilakukan oleh pedagang di sosial media. Melalui berbagai fiturnya, pedagang bisa langsung berinteraksi dengan pelanggan dan menawarkan produk dagangannya. 

Tapi saat ini kamu juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengamankan merek. Dengan semakin banyaknya pengusaha yang memanfaatkan media sosial, tentu kamu akan semakin mudah juga untuk menemukan nama-nama merek yang baru. 

Satu hal yang sering terlewat oleh pengusaha yang fokus menjalankan bisnisnya adalah melengkapi dokumen legal. Padahal, melengkapi legalitas sejak memulai bisnis justru akan menyelamatkan bisnismu di masa depan. 

Dokumen legal ini mulai dari perizinan berusaha sampai dengan bukti perlindungan merek. Karena dengan kelengkapan dokumen tersebut, kamu bisa selamat dari jerat hukum bahkan menghindari adanya penjiplakan dari kompetitor. 

Solusi Kemudahan Perlindungan Bisnis

Sekarang, sudah ada langkah pengamanan canggih untuk cara memulai bisnis UKM milikmu. Caranya, dengan memanfaatkan fitur Perlindungan Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda