KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Meningkatkan Brand Awareness Untuk Bisnis Sukses!

Cara Meningkatkan Brand Awareness Untuk Bisnis Sukses!

MEBISO.COM – Bukan sekedar berjualan, tapi kamu perlu cara meningkatkan brand awareness agar pembeli semakin mengenal produk dan tentunya mengakibatkan peningkatan penjualan.

Agar kamu tidak keliru dalam menjalankannya, berikut ini adalah kiat khusus untuk menjadikan bisnismu semakin sukses. 

Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar pelanggan bisa semakin mudah mengenali produkmu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya. 

1. Tentukan Brand Identity

Langkah pertama dalam cara meningkatkan brand awareness adalah dengan menentukan identitas dari brand milikmu. Kamu bisa membangun identitas dari produk melalui nama, warna, simbol, atau apapun yang nantinya akan kamu gunakan sebagai pengenal. 

Kalau kamu ingin meningkatkan brand awareness, pastikan untuk membuat identitas yang kuat lebih dulu. Misalnya dengan memilih sebuah istilah atau panggilan yang unik dan kreatif. 

2. Maksimalkan Channel Promosi

Selanjutnya adalah media untuk mengenalkan identitas produk tersebut. Untuk bisa membangun brand awareness, kamu perlu menyiapkan portal khusus yang menjadi tempat untuk pelanggan mendapatkan informasi mengenai produk. 

Saat ini, sudah banyak sekali media yang bisa kamu gunakan untuk melakukan promosi secara online. Misalnya seperti sosial media khusus untuk memasarkan produk maupun website perusahaan sendiri. 

3. Buat Konten Menarik

Setelah menemukan beberapa media yang pas untuk mengenalkan produk, maka langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan konten-konten menarik. Faktanya, konten menarik yang sesuai dengan selera pasar menjadi cara meningkatkan brand awareness dengan sangat ampuh. 

Konten pilihanmu untuk mengisi sosial media pun harus sebuah konten yang unik dan memberikan pesan sesuai dengan cara pandang dari konsumen. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mendapatkan perhatian para konsumen. 

4. Susun Jadwal Khusus

Cara membangun brand awareness selanjutnya setelah pembuatan konten unik adalah dengan konsisten mempostingnya. Agar bisa selalu konsisten dalam pembuatan konten untuk pelanggan, kamu bisa menyusun sebuah jadwal khusus untuk mempostingnya secara rutin. 

Ketika berhasil menyusun jadwal untuk mengirimkan postinganmu, jangan lupa juga untuk menerapkan trik-trik khusus supaya masing-masing postingan yang kamu buat berhasil menjadi pusat perhatian. 

5. Kerja Sama dengan Merek Terkenal

Untuk bisa terus meningkatkan tingkatan brand awareness dari bisnismu, pertimbangkan untuk melakukan kerja sama dengan pemilik brand-brand besar. Contohnya seperti influencer yang sedang naik daun. 

Terkadang, seperti influencer, pemilik brand besar itu tidak harus sebagai pemilik produk yang mirip atau berkaitan dengan produkmu. Kamu bisa saling memanfaatkan nama besar masing-masing meskipun produknya tidak berkaitan.

Langkah ini bisa menjadi cara meningkatkan brand awareness yang tidak hanya untuk produkmu tetapi juga produk dari partner bisnismu tersebut. 

6. Manfaatkan Iklan Pada Sosial Media

Sekarang ini, sosial media tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk mengenalkan produk saja. Tapi, kamu juga bisa menggunakannya untuk promosi melalui iklan bahkan sebagai portal untuk melakukan transaksi. 

Karena fungsinya yang semakin beragam tersebut, rasanya rugi kalau kamu tidak memanfaatkannya secara maksimal. Caranya, adalah dengan memasang iklan pada postingan di media sosial milikmu. 

Dengan begitu, selain dari konten yang kuat dan unik, kamu akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari bantuan iklan. 

7. Tingkatkan Interaksi dengan Audiens

Kalau kamu sudah berhasil membuat konten yang baik dan juga memaksimalkan fitur-fitur bisnis dalam sosial media, tapi ternyata masih banyak pelanggan yang belum mengetahui produkmu, maka kamu perlu meningkatkan interaksi dengan audiens. 

Caranya, mulailah jawab beberapa komentar yang masuk pada sosial mediamu. Undang para audiens itu untuk berdiskusi lebih lanjut melalui DM atau arahkan mereka untuk sekedar mampir ke website perusahaan. 

Hal ini menjadi sebuah cara meningkatkan brand awareness dengan mudah apalagi kalau kamu sudah berhasil mendapatkan perhatian dari audiens melalui postingan yang kamu buat. 

8. Jangan Ketinggalan Tren

Agar kamu bisa terus mendapatkan perhatian dari audiens, tetaplah fokus mengikuti tren yang ada saat ini. Kamu bisa memanfaatkan banyak hal dari adanya tren, misalnya seperti menjadi ide konten baru atau sebagai evaluasi minat dari audiens dari waktu ke waktu. 

Terbukti, cara meningkatkan brand awareness dengan memanfaatkan tren tidak pernah gagal di pasaran. 

9. Terlibat dalam Event

Selanjutnya, agar pelanggan bisa semakin mengenalmu dan juga produkmu, kamu bisa menunjukkan keterlibatan dalam beberapa event. Contoh keterlibatannya adalah dengan menjadi sponsor dari acara-acara sosial maupun yang berkaitan dengan komunitas tertentu.

Berikan beberapa produk atau setidaknya kamu sudah memasukkan nama produkmu dalam event tersebut. 

10. Maksimalkan Strategi Marketing

Agar bisa meningkatkan kemampuan pelanggan dalam mengenali produk, usahakan untuk melakukan beberapa strategi marketing. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan hal ini dengan menyesuaikan dengan strategi yang paling pas. 

Kamu bisa meniru kesuksesan dari beberapa perusahaan yang sudah berhasil, tapi tetap sesuaikan juga dengan kebutuhan dari produk dan perusahaanmu. 

Strategi Pengamanan Produk

Kalau cara meningkatkan brand awareness di atas sudah kamu terapkan dengan baik, maka inilah saat yang tepat untuk menjamin keamanan bisnis dari usaha tiruan. Caranya adalah dengan menghubungi Jasa Proteksi Merek dari Mebiso.

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi