KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Mebiso Edukasi Merek ke Pengusaha di Kegiatan Entrepreneur Hub 

Mebiso Edukasi Merek ke Pelaku Usaha Dalam Kegiatan Entrepreneur Hub

Mebiso edukasi merek ke pelaku usaha dalam kegiatan Entrepreneur Hub (E-Hub) di Bandung, 7-8 Juni 2024. Program entrepreneur hub (ehub) ini merupakan platform atau wadah untuk mengumpulkan ekosistem wirausaha di Indonesia.

Selengkapnya, kegiatan tersebut akan diulas pada artikel ini.

Tentang Program Entrepreneur Hub

Program entrepreneur hub (ehub) ini merupakan platform atau wadah untuk mengumpulkan ekosistem wirausaha di Indonesia. Melalui platform ini, para pengusaha (UMKM) bisa saling terhubung bersama dengan pihak terkait (lembaga pemerintahan dan pemangku kepentingan).

Terdapat beberapa program kewirausahaan untuk memenuhi kebutuhan pelaku usaha. Seperti kelas atau webinar. Pada kesempatan tersebut, seluruh jejaring wirausaha berkumpul di Entrepreneur Hub yang akan mempermudah pelaku usaha berkolaborasi dan mengembangkan usahanya.

Kegiatan sudah di berbagai daerah. Antara lain Lombok, NTB, Jakarta, Buleleng dan Bogor. Terbaru, kegiatan ini diadakan di Bandung, Jawa Barat bertajuk “Wirausaha Digital dan Teknologi Fiesta: “Grow And Sustain” pada tanggal 7-8 Juni 2024.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengembangkan ekosistem guna mendukung penumbuhan wirausaha berbasis digital dan teknologi.  

Kemudian, menumbuhkan ekosistem kewirausahaan yang dinamis dan berkelanjutan serta memperkuat peran generasi muda dan wirausaha muda dalam membangun masa depan ekonomi Indonesia. Seperti, membentuk ekosistem kewirausahaan yang mendukung penguatan kewirausahaan di sektor digital dan teknologi dari berbagai aspek.

Selain itu, program ini juga membuka peluang jejaring bagi berbagai pihak dalam upaya pengembangan kewirausahaan di sektor digital dan teknologi di Indonesia. Kemudian, meningkatkan kapasitas wirausaha sektor digital dan teknologi dalam pengembangan bisnis melalui materi yang implementatif sekaligus memberikan insight terkait mindset entrepreneurship.

Serta, memberikan insight kepada wirausaha sektor digital dan teknologi terkait growth hacking, legal and ethical basics dan funding untuk dapat masuk ke dalam pasar yang lebih luas.

Entrepreneur Hub sebagai program kolaboratif yang mengintegrasikan seluruh sumberdaya para pihak ke dalam satu gerak langkah yang terpadu dan konvergen pada satu visi bersama. 

Kontribusi Mebiso

Di hadapan 200 pelaku usaha digital di tanah air, Mebiso dipercaya untuk mengisi materi di sesi legal and ethical basics for digital ventures. Sesi ini akan membahas mengenai awareness terkait legal dan juga etika dalam bisnis tamanya sektor digital dan teknologi. 

Beberapa fokus yang akan dibahas dalam sesi ini diantaranya aspek kelembagaan dalam bisnis digital dan teknologi, perlindungan Kekayaan Intelektual (KI) diantaranya paten, merek, desain industri, hak cipta, dan indikasi geografis terhadap produk digital dan teknologi serta kejelasan kepemilikan dan peran pendirinya.

Sebelum melakukan pendaftaran merek, wajib cek merek terlebih dahulu. Tujuannya, agar pemilik usaha bisa tahu apakah merek sudah unik atau masih ada kemiripan dengan milik orang lain.

Merek yang merupakan ide orisinil adalah merek yang bisa membuktikan bahwa merek benar – benar hasil dari ide kita dan tidak menjiplak, meniru atau membonceng merek orang lain.

Dia menambahkan, para pengusaha untuk tidak menunda pendaftaran merek. Sebab, prinsip perlindungan merek di Indonesia bersifat first to file. 

Artinya siapa cepat dia berhak, sehingga setelah yakin merek merupakan ide orisinil dan sudah melakukan pengecekan merek maka segera untuk mendaftarkan merek.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan Mebiso edukasi merek ke pelaku usaha. Ikuti kegiatan kami lainnya.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu