PLATFORM PERLINDUNGAN MEREK USAHA
Mebiso LOGO

Pastikan Ciri-Ciri Ini Dulu Untuk Pilih Kelas Merek 7

Pastikan Ciri-Ciri Ini Dulu Untuk Pilih Kelas Merek 7

MEBISO.COM – Masih ragu pilih kelas merek 7? Karena semakin banyak pilihannya, satu skill yang wajib kamu kuasai adalah kemampuan menentukan kelas yang paling tepat untuk perlindungan merekmu.

Walaupun fungsi utamanya adalah untuk menilai sesuai dengan golongannya, tapi kamu juga perlu memilih kelas bahkan sebelum mengirimkan permohonan pendaftaran merek di sistem. 

Untuk itu, perhatikan baik-baik seluruh isi artikel ini agar kamu lebih mudah dalam menentukan kelas merek. 

Penjelasan Kelas Merek 7

Pertama yang perlu dipahami adalah kelas ini fungsinya untuk membagi berdasarkan golongan. Artinya, sesuai dengan jumlah kelas yang ada, maka akan ada 45 golongan yang perlu kamu pahami. 

Untuk bisa memahami pembagian golongan ini juga ada cara cepatnya. Langkah pertama, adalah dengan melihat dari cara pemasaran. Dari seluruh kategori yang tersedia, DJKI membuat 2 golongan besar antara penyediaan barang secara langsung atau melalui perantara. 

Penyediaan barang secara langsung kepada konsumen akhir, berarti masuk ke dalam kelompok kelas barang. Sedangkan sisanya masuk ke dalam jenis kelas jasa. Untuk kelas 7 ini, masih termasuk ke dalam jenis yang melindungi barang secara langsung. 

Jadi, pastikan kamu adalah benar-benar pihak yang memproduksi barang tersebut lalu menjualnya langsung kepada pembeli. 

Selain itu, kalau kamu hanya perantara yang menjual barang, kamu sudah tertutup untuk memilih kelas 7. 

Khusus pada kelas 7 ini, kamu akan memproduksi benda yang penggunaannya untuk menggerakkan suatu kendaraan atau bisa juga berupa mesin. Kelompok benda yang masuk ke dalam perlindungan kelas ini adalah mesin, motor, kopling mesin, alat-alat pertanian, dan juga alat pengeram.

Karena kamu sudah mengetahui kelompok besar perlindungan di kelas 7, selanjutnya kamu akan mempelajari tentang ciri-ciri benda di kelas 7.

Ciri-Ciri Kelas Merek 7

Karena kamu ingin mendaftarkan merek di kelas ini, maka kamu wajib paham tentang ciri-ciri yang muncul pada kelas 7. 

1. Pastikan produk kamu itu termasuk ke dalam kelompok barang

Barang, artinya kamu sendiri yang memang memproduksinya. Bukan sebagai perantara atau bahkan distributor yang membantu konsumen mendapatkan barang impiannya. 

Bagaimana cara menentukannya? Bisa dari cara kamu menjual barang, atau bisa juga dari hasil akhirnya. Kalau memang kamu sendiri yang membuat barang tersebut, jangan ragu lagi untuk memilih kelas 7 ini. 

Dengan begitu, kamu sudah lolos dalam pemilihan jenis kelas berdasarkan proses pemasarannya. 

2. Tergolong dalam kelompok mesin

Mesin, menggunakan teknologi dalam proses kerjanya, dan juga menggunakan serangkaian rumit untuk bisa menjalankan suatu benda. Inilah fungsi utama dari produk-produk yang dilindungi di kelas 7. 

Dan tidak cukup sampai disini, kamu juga harus berhati-hati karena kategori mesin akan muncul pada beberapa kelas merek lainnya. Untuk itu, perhatikan juga ciri-ciri lainnya yang dimiliki oleh kelas 7. 

3. Digunakan untuk menggerakan benda

Tujuan utama produk-produk yang terdapat pada kelas ini adalah untuk menggerakkan suatu benda. Jadi pastikan juga benda yang kamu jual fungsinya untuk menggerakan sesuatu. 

Kalau sudah begitu, sekarang kamu sudah bisa memasukkan nama produk kamu ke dalam mesin pencari kelas merek dan pilih sesuai dengan produk yang paling tepat. Untuk bisa memilih kelas merek 7, kamu bahkan sudah tidak perlu repot lagi. Sekarang sudah ada pengembangan fitur dari Mebiso yaitu fitur Cari Kelas Merek agar kamu bisa menemukan kelas yang paling tepat.