KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Penyebab Kegagalan Bisnis: Faktor, Contoh dan Cara Mengatasi

Penyebab Kegagalan Bisnis: Faktor, Contoh dan Cara Mengatasi

MEBISO.COM – Memahami penyebab kegagalan bisnis sekarang juga akan menjaga usahamu dari kegagalan yang sesungguhnya di masa depan. Untuk itu, artikel ini akan mengupas semua hal yang bisa menjadi alasan kegagalan bisnis. Berikut penjelasannya!

5 Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis

Apa saja yang bisa menjadi faktor gagalnya sebuah bisnis? Pertama, yang harus kamu pahami adalah mengenai alasan runtuhnya sebuah bisnis seperti penjelasan di bawah ini. 

1. Tidak Ada Rencana

Menyusun rencana sejak awal membangun bisnis adalah salah satu moda yang kamu perlukan. Fungsinya, adalah untuk membantumu menjalankan bisnis termasuk menyiapkan risiko yang mungkin terjadi kemudian. Sehingga, kamu akan lebih siap ketika risiko tersebut benar-benar terjadi.

2. Tidak Mampu Beradaptasi

Menjalankan sebuah bisnis juga melatih kemampuan untuk beradaptasi. Faktanya, bisnis itu tidak ada yang tetap. Selalu ada hal baru yang muncul setiap harinya dan kamu harus bisa mengatasi perubahan tersebut. 

Tidak jarang juga, ketidakmampuan pengusaha dalam menghadapi perubahan inilah yang menjadi alasan kegagalan bisnis. 

3. Kurang Kompeten dalam Menjalankan Usaha

Faktor lainnya, adalah karena pengusaha kurang kompeten dalam menjalankan bisnisnya. Menjadi seorang pengusaha itu harus terus mengasah kemampuan diri. Kalau saat ini kamu merasa belum cukup mampu untuk mengelola bisnis, usahakan untuk merekrut orang-orang yang kompeten di bidang tersebut. 

Dengan begitu, kamu sudah menjalankan satu langkah menghindari terjadinya kegagalan bisnis. 

4. Kurang Pengalaman

Membangun sebuah bisnis memang perlu pengalaman yang mumpuni. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa memulai tanpa pengalaman apapun. Kamu selalu bisa belajar dari banyak hal. Misalnya, dari pelatihan khusus atau cerita kegagalan atau keberhasilan bisnis lain.

Hal itu akan menambahkan pengalamanmu dalam menjalankan bisnis. Ingat, sudah banyak contoh bisnis-bisnis yang gagal karena pemiliknya kurang berpengalaman terhadap suatu kasus. 

Jadi, sepanjang bisnismu berjalan, jangan pernah berhenti untuk memperdalam keilmuanmu. 

5. Kurangnya Promosi

Faktor lainnya adalah karena perusahaan kurang melakukan promosi. Tahukah kamu? Agar bisnis bisa tetap bertahan di pasaran harus mendapatkan perhatian publik secara konstan. 

Nah, cara untuk mendapatkan perhatian ini adalah dengan melakukan promosi. Sehingga, produk bahkan perusahaan yang kamu jalankan akan semakin dikenal luas. 

Jangan lupa juga, sebelum kamu benar-benar menjadi terkenal, perhatikan juga aspek keamanan dari suatu merek. Pastikan nama merekmu sudah aman dari aksi pencuri atau penjiplak merek agar terhindar dari alasan kegagalan bisnis tersebut. 

Cara Mengatasi Penyebab Kegagalan Bisnis 

Dari penjelasan mengenai beberapa faktor yang bisa menyebabkan bisnismu hancur dalam sekejap, tentunya kamu perlu tips khusus agar menjadikannya faktor keberhasilan usaha. Contohnya adalah seperti penjelasan di bawah ini. 

1. Rencanakan secara Matang 

Bisnis yang baik adalah bisnis yang terencana. Hindari bisnis musiman karena saat ini sedang tren. Karena tanpa rencana yang matang, ide bisnis yang baik itu bisa saja hancur dalam sekejap. 

Buat rencana bisnismu mulai dari apa produk yang akan kamu tawarkan. Lalu lanjutkan dengan bagaimana cara kamu memasarkannya, siapa yang akan menjadi pelangganmu, bahkan berapa harga yang paling tepat untuk produk tersebut. 

Tentunya, kamu bisa menggunakan berbagai macam sumber untuk dapat menyusun perencanaan tersebut. Bisa melalui pelatihan-pelatihan bisnis atau bisa juga dengan cara mengamati bisnis yang berjalan di sekitarmu. 

2. Tingkatkan Kemampuan Beradaptasi

Cara mengatasi penyebab kegagalan bisnis selanjutnya adalah dengan terus meningkatkan kemampuan beradaptasi. Tentunya hal ini harus dimulai dengan keberanian dalam menghadapi berbagai perubahan.

Sebagai pengusaha, kamu harus selalu siap dengan perubahan. Bahkan sekecil perubahan harga bahan baku dari produk. Ketika hal ini terjadi, kamu harus menyiapkan langkah lanjutan agar bisnis yang kamu bangun bisa tetap stabil walaupun terdapat kenaikan harga bahan baku. 

3. Tingkatkan Kemampuan Berbisnis

Dengan kemudahan informasi seperti sekarang tentunya kamu tidak harus gagal dulu untuk bisa terus meningkatkan kemampuan berbisnis. Banyak media yang bisa kamu gunakan untuk belajar tentang bisnis. 

Mulai dengan pelatihan-pelatihan khusus sampai dengan mempelajari secara mandiri strategi bisnis sukses yang sudah ada. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih handal dalam menjalankan bisnis. 

Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuanmu sepanjang bisnis masih berjalan. 

4. Tingkatkan Pengalaman

Untuk bisa mengatasi permasalahan ini, usahakan untuk menjalankan bisnis dengan bidang yang benar-benar kamu kuasai. Kamu selalu bisa memulai bisnis di bidang yang sama dengan pekerjaanmu dulu. 

Atau, kalau kamu memang ingin menjadi pengusaha di bidang tertentu, mulai siapkan pengalaman yang memadai agar bisnismu nantinya semakin kuat. 

5. Tingkatkan Promosi 

Terakhir, kamu juga tidak perlu takut untuk melakukan promosi. Uang yang kamu keluarkan itu nantinya akan kembali menjadi keuntungan yang lebih banyak apabila digunakan secara tepat. 

Artinya, kamu juga harus menentukan metode promosi yang paling tepat dengan target pasarmu. Berikan diskon di hari-hari khusus yang berkaitan dengan target pasarmu atau sekedar peluncuran paket baru yang banyak diminati. 

Antisipasi Penyebab Kegagalan Bisnis Melalui Merek

Nah jangan lupa juga, sebelum gencar melakukan promosi, pastikan nama merekmu sudah aman, ya! Pasalnya, untuk mengamankan nama merek ini tidak cukup hanya dengan pendaftaran saja. Kamu pun perlu memantau perkembangan pendaftaran merek baru setiap harinya. Agar antisipasi penyebab kegagalan bisnismu semakin mudah, pertimbangkan menggunakan fitur Perlindungan Merek dari Mebiso!

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda