KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Company Profile UMKM: Isi, Contoh, dan Cara Buatnya

Company Profile UMKM: Isi, Contoh, dan Cara Buatnya

Dalam memulai bisnis, branding merek sangat penting, tak terkecuali bagi UMKM. Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan company profile UMKM yang mampu menunjukkan identitas bisnisnya.

Adanya company profile dapat membuat UMKM lebih dikenal oleh calon konsumen dan mitra bisnisnya. Selain itu, company profile dapat langsung menawarkan produk atau layanan sehingga menjadi strategi marketing sekaligus.

Pentingnya Company Profile untuk UMKM

Bagi UMKM sekalipun, company profile tetap penting. UMKM yang memiliki company profile dapat memudahkan pelanggan dalam menemukan produk atau layanan spesifik yang pelanggan butuhkan. 

Company profile akhirnya bisa membuka berbagai peluang baru bagi UMKM untuk berkembang dan menjalin kerjasama bisnis yang lebih luas.

Selain itu, profil perusahaan yang komprehensif mampu menyoroti kekuatan dan rekam jejak UMKM. Dengan menampilkan prestasi dan sertifikasi yang telah diraih, UMKM dapat menciptakan kesan yang mendalam dan berkelanjutan bagi pelanggannya.

Company profile juga berfungsi untuk menunjukkan kemampuan UMKM dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Itulah sebabnya, profil usaha UMKM perlu memiliki company profile yang mendukung branding bisnisnya.

Isi Company Profile UMKM

Sebagai pemilik bisnis, tentu saja pelaku UMKM perlu memberi kesan yang baik. Itulah sebabnya kamu perlu membuat company profile yang menarik. Berikut informasi penting yang harus kamu sertakan saat membuat profil perusahaan:

1. Cover dan Daftar Isi

Cover yang menarik dapat memicu rasa ingin tahu audiens untuk membaca isinya. Kamu perlu membuat cover yang menarik dengan menambahkan logo dan slogan perusahaan.

Selain itu, tambahkan juga halaman daftar isi. Tujuannya agar pembaca mudah menemukan informasi spesifik dengan cepat.

2. Informasi Tentang Perusahaan / Sejarah Perusahaan

Selain desain yang mencuri perhatian, company profile UMKM harus menceritakan sejarah tentang UMKM. 

Tulis narasi yang menginspirasi mulai dari kapan usaha berdiri, sudah punya pencapaian apa saja, hingga ide-ide pengembangan bisnis. Tambahkan informasi tentang pendiri perusahaan, kategori bisnis, dan detail lainnya. 

3. Visi dan Misi Perusahaan

Visi adalah gambaran mengenai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Untuk mencapai visi, kamu perlu misi yaitu berupa rencana, upaya, dan strategi pencapaian visi tersebut.

4. Produk/Layanan dan Portofolio Perusahaan

Elemen company profile UMKM ini adalah komponen paling penting dari profil perusahaan. Kebanyakan calon pelanggan atau mitra bisnis akan fokus pada membaca apa produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Berikan rincian produk yang kamu jual, termasuk detail fitur lengkap dengan foto atau gambarnya.

5. Keunggulan Atau Alasan Memilih Perusahaan

Apa yang menjadi keunggulan usahamu jika dibandingkan dengan UMKM lain? Kamu perlu mengeksplorasi hal ini. Jelaskan agar pembaca paham dan terkesan dengan bisnismu.

6. Testimoni Pelanggan

Lengkapi company profile dengan testimoni klien atau pelanggan yang pernah membeli produkmu. Pilihlah testimoni dari orang-orang yang berpengaruh sehingga mendorong calon pelanggan lain untuk menggunakan layananmu juga.

7. Cover Belakang dan Informasi Kontak

Cover belakang sama pentingnya dengan sampul depan. Pada bagian ini kamu harus menambahkan informasi kontak perusahaan. Tuliskah nomor HP, alamat usaha, akun media sosial, laman website, dan sebagainya.

Contoh Company Profile UMKM

Berikut adalah contoh company profile untuk UMKM yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan kerajinan tangan.

[Kerajinan Nusantara]

Tentang Kami

Kerajinan Nusantara berdiri pada tahun 2015. Pendiri merupakan sekelompok pengrajin yang memiliki visi untuk mempromosikan kekayaan budaya Indonesia melalui produk-produk kerajinan tangan berkualitas tinggi. 

Berawal dari usaha kecil di tempat sederhana, Kerajinan Nusantara kini telah berkembang menjadi salah satu produsen kerajinan terkemuka di Jawa Tengah. 

Visi dan Misi

Visi: Menjadi pemimpin dalam industri kerajinan tangan dengan mempromosikan keindahan dan nilai-nilai budaya Indonesia kepada dunia.

Misi: Menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas tinggi dengan desain yang unik dan inovatif dan memberdayakan pengrajin lokal melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan.

Produk dan Layanan

Kerajinan Nusantara menawarkan berbagai macam produk kerajinan tangan yang seperti perhiasan, aksesoris rumah, tas anyaman, barang dekoratif, dan sebagainya.

Keunggulan Kami

  • Kualitas Terjamin
  • Desain Unik
  • Pemberdayaan Pengrajin
  • Ramah Lingkungan

Klien Kami

Kami bangga telah bekerja sama dengan berbagai individu dan perusahaan dari berbagai sektor. Beberapa klien dan mitra kami termasuk toko-toko souvenir, butik, hotel, dan restoran yang mencari produk-produk unik untuk melengkapi dekorasi.

Testimoni Pelanggan

“Kerjasama kami dengan Kerajinan Nusantara telah menambah koleksi barang-barang dan memberikan sentuhan budaya Indonesia yang autentik kepada pelanggan kami.”  

Rina, Pemilik Butik

Kontak Company Profile UMKM

Jika kamu tertarik mengetahui lebih lanjut tentang produk kami atau ingin bermitra dengan Kerajinan Nusantara, jangan ragu menghubungi kami. Tim kami siap membantumu!

Alamat: Jl. Melati No. 25, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Telepon: +62 812 3456 7890

Media Sosial: 

  • Instagram: @kerajinannusantara  
  • Facebook: Kerajinan Nusantara  
  • X: @kerajinannusa

Cara Membuat Company Profile UMKM

Agar bisa membuat company profile yang lengkap dan menarik, yuk ikuti langkah-langkah berikut!

1.  Mulailah dengan Cerita 

Setiap perusahaan memiliki cerita unik. Bagikan kisahmu dalam profil untuk membantu merek meninggalkan kesan yang mendalam. Ciptakan narasi yang menarik, tidak perlu panjang, dan pastikan cukup detail untuk membantu pelanggan memahami usahamu.

2. Jelaskan Tujuan dan Misi 

Jelaskan tujuan dan pernyataan misi perusahaan untuk membantu audiens memahami nilai inti yang mendorong bisnismu. Susun dalam bentuk poin-poin agar lebih mudah dibaca.

3. Daftar Produk dan Layanan 

Tips buat company profile UMKM selanjutnya adalah tuliskan deskripsi tentang apa yang kamu tawarkan. Jelaskan produk dan layanan utama, mengapa kamu menciptakannya, dan bagaimana produk tersebut dapat membantu pelanggan.

4. Mudahkan untuk Menghubungi Anda

Jangan sembunyikan informasi kontak. Sertakan formulir kontak bersama dengan nomor telepon, akun media sosial, dan lainnya untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

5. Akhiri dengan Call to Action (CTA)

Pastikan untuk menyertakan CTA yang jelas di akhir profil. Misalnya berupa undangan untuk menjadwalkan konsultasi, mengunjungi situs web, atau mengikuti akun media sosial. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu bisa menyusun profil perusahaan yang menarik dan efektif dalam menarik minat pelanggan dan investor potensial.

Lindungi Merek Bisnismu

Membangun company profile UMKM adalah langkah penting dalam strategi bisnis. Namun, langkah ini tidak lengkap tanpa memastikan bahwa merek terlindungi dari pelanggaran dan risiko hukum. 

Layanan Cek Merek Mebiso menawarkan solusi untuk memverifikasi dan memastikan bahwa merek usahamu tidak melanggar hak intelektual pihak lain. Hal ini penting untuk menghindari konflik hukum yang mahal dan menjaga reputasi UMKM. 

Dengan memeriksa merek sebelum memulai usaha, kamu bisa memastikan bahwa merek dapat didaftarkan dan diterima secara sah. 

Kalau ingin memastikan bahwa merek bisnismu aman dari risiko hukum, sekarang adalah waktu yang tepat. Kunjungi https://mebiso.com/cek/ untuk memastikan identitas bisnismu tetap unik dan terlindungi.

FAQ

Apakah profil harus memuat informasi tentang peluncuran produk terbaru?

Secara umum, profil UMKM sebaiknya dirancang agar tetap relevan dalam jangka panjang. Oleh karenanya, sebaiknya kamu terus memperbarui profil.

Haruskah mempertimbangkan desain dan font?

Pertimbangkan platform tempatmu akan memposting profil. Namun, kebanyakan orang tertarik dengan desain yang eye catching.

Di mana sebenarnya saya akan menggunakan profil perusahaan?

Kamu bisa menggunakan company profile UMKM pada website. Pada landing page, sajikan informasi lengkap sesuai isi dari company profile ya!

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu