KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ini Langkah Menemukan Ide Bisnis Dengan Cara Yang Sederhana!

Menemukan ide Bisnis

MEBISO.COM – Mau mencoba peruntungan menjadi seorang pengusaha, tapi masih bingung mencari ide bisnis yang tepat? Untuk kamu para calon pengusaha yang sedang mencari ide bisnis, artikel ini akan membantumu untuk menemukan ide bisnis dengan cara yang sederhana. 

Langkah Menemukan Ide Bisnis

1. Riset 

Biasakan untuk memulai bisnis dengan melakukan riset. Riset ini bisa berarti dengan mencari tahu mengenai bisnis yang akan kamu jalankan berikut produk yang nantinya mungkin bisa kamu pasarkan. 

Pada langkah pertama, selalu usahakan untuk melakukan riset lebih dulu. Semakin canggihnya teknologi saat ini kamu bisa mendapatkan banyak informasi mengenai bisnis yang akan kamu jalankan melalui internet. 

2. Tiru Kesuksesan Bisnis Lain 

Cara menemukan ide bisnis dengan cara yang sederhana selanjutnya adalah dengan meniru kesuksesan bisnis orang lain. Tentunya, untuk bisa meniru bisnis orang lain kamu juga perlu trik tersendiri. 

Lakukan sedikit modifikasi pada bisnis yang sudah ada. Perbaiki hal-hal yang mungkin kurang sempurna, berikan juga sentuhan ciri khasmu. Dengan begitu, kamu sudah mendapatkan ide bisnis yang unik. 

3. Jadikan Masalah Menjadi Potensi

Kebanyakan bisnis yang sukses, justru bermula dari permasalahan yang dialami sendiri oleh para pebisnis. Dengan begitu, bisnis yang akan kamu jalankan sudah terbukti berhasil menyelesaikan masalah. Minimal adalah masalahmu sendiri. 

Saat ini, banyak perusahaan-perusahaan rintisan baru yang menjalankan bisnis dengan tujuan menyelesaikan masalah tertentu. Salah satu contoh yang bisa kamu tiru adalah Gojek.

Pada dasarnya, pendirian Gojek ini dikarenakan permasalahan yang dihadapi oleh penumpang dan juga tukang ojek. Keduanya, sama-sama memerlukan waktu yang begitu lama hanya untuk mendapatkan penumpang atau sebaliknya. 

Dan dengan adanya sebuah aplikasi Gojek, masalah tersebut dengan mudah teratasi dan sangat menyingkat waktu. 

4. Belajar Dari Masalah Orang Lain

Kalau di atas kamu sudah meniru kesuksesan orang lain, maka salah satu cara untuk menemukan ide bisnis dengan cara yang sederhana adalah dengan menjadikan pelajaran dari masalah orang lain. 

Ingat, kamu hanya boleh meniru kesuksesan bisnis lain. Tapi, tentunya akan selalu ada pelajaran dari kesalahan yang dilakukan bisnis lain. Untuk itulah melakukan riset sebelum menjalankan bisnis adalah salah satu langkah yang wajib dilakukan. 

Kamu bisa menampung informasi terbaru mengenai perkembangan bisnis yang sudah ada sebanyak-banyaknya. Gunakan informasi itu untuk menyusun strategi atau langkah yang paling aman dalam menjalankan bisnismu sendiri. 

Salah satu contohnya adalah ketika kamu mendapatkan berita mengenai seorang pengusaha yang terkena masalah karena belum melakukan pendaftaran merek. Dengan begitu, kamu bisa segera menyiapkan nama merek yang aman dan tentunya sesuai dengan bisnismu. 

5. Mencari Trend Saat Ini

Dengan mencari trend saat ini, akan sangat mungkin kamu mendapatkan ide bisnis secara instan. Caranya adalah dengan mengamati apa yang dibicarakan banyak orang, atau apa yang sedang menjadi perhatian banyak orang saat ini. 

Salah satu contoh nyatanya adalah pada saat pandemi Covid lalu. Banyak orang kebingungan untuk mendapatkan handsanitizer. Sampai pada akhirnya ada salah satu orang yang berhasil membuat handsanitizer. 

Akhirnya, hal tersebut kemudian menjadi sebuah ide bisnis baru bagi sebagian pengusaha UMKM. Dan terbukti, produk buatan industri rumahan itu berhasil laku keras. Setelah kamu berhasil menemukan ide bisnis dengan cara yang sederhana, saatnya untuk menentukan nama merek yang paling pas. Mulailah melakukan risetnya dengan menggunakan fitur Cek Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda