KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Untuk Apa Kelas Merek 2? Cek Cara Memilih Barangnya Disini

Untuk Apa Kelas Merek 2 Cek Cara Memilih Barangnya Disini

MEBISO.COM – Untuk apa perlindungan kelas merek 2? Dari seluruh kelas merek yang tersedia, pada kelompok ini masih melindungi untuk produk-produk berbahan dasar kimia. Tapi, apakah kelas 2 ini sama dengan kelas 1?

Seperti penjelasan di atas, ada kelas lain juga yang melindungi bahan-bahan kimia. Untuk itu, sebelum menentukan kelasnya, kamu perlu memperhatikan perbedaan keduanya. 

Perbedaan Kelas Merek 1 Dan 2

Karena keduanya memiliki bahan yang sama, yaitu berbahan dasar kimia, maka kamu perlu menerapkan cara lainnya. Setelah melihat dari bahan dasar yang digunakan, selanjutnya adalah dengan cara menentukan dari penggunaannya. 

Kelas 1, adalah bahan-bahan kimia yang penggunaannya untuk industri dan juga produk-produk untuk pertanian. 

Sedangkan kelas 2, mayoritas digunakan untuk cat, pewarna, dan alat-alat kesenian yang berbahan dasar kimia. Termasuk juga bahan-bahan yang dipergunakan untuk pewarna untuk printer.

Perbedaan selanjutnya, untuk memudahkan penentuan jenis barang yang tepat, ketika memasukkan kata kunci “cat” di kedua kelas tersebut bisa saja muncul beberapa pilihan. 

Kelas 1, untuk bahan dasar industri cat, sedangkan kelas 2 adalah hasil akhir dari cat itu sendiri. Sudah lebih mudah membedakannya?

Contoh Kasus 

Misalnya, pada suatu hari kamu sebagai pengusaha datang kepada ahli merek yang kamu percaya untuk mendaftarkan merekmu. Sebelum pengajuannya dikirim, ahli merek itu bertanya terkait detail barang yang kamu pasarkan. 

Selanjutnya kamu memberikan jawaban sebagai berikut: “Saya adalah produsen berbagai macam cat. Mulai dari mengolah bahan mentahnya, membuat campuran, kemudian menjual hasil jadinya. Produk-produk yang saya pasarkan berupa cat minyak, cat akrilik, dan juga tinta printer.

Berdasarkan penjelasan di atas, kira-kira kelas merek apa yang paling cocok dengan kegiatan usaha kamu?

Kata kuncinya ada pada hasil akhir produk sampai ke tangan konsumen. Menurut penjelasanmu tersebut, kelas yang paling cocok adalah kelas merek 2. Walaupun kegiatan produksinya meliputi proses pencampuran bahan-bahan mentah atau bahan dasar, tapi kamu tidak membuat sendiri bahan campurannya tersebut.

Sekaligus, kamu juga hanya mendapatkan keuntungan langsung dari hasil penjualan produk cat jadi. Akan menjadi berbeda ketika kamu ikut menjual juga bahan untuk campuran cat tersebut. 

Akibat Salah Memilih Kelas

Kenapa kamu perlu memperhatikan dengan sangat baik sebelum memutuskan sebuah kelas merek? Kesalahan dalam memilih klasifikasi ini bisa menjadi alasan merekmu direbut orang lain. 

Misalnya, kamu sudah memiliki nama merek “Sukses” dan sudah didaftarkan di kelas 1. Selang berapa lama kamu menemukan orang lain dengan bisnis serupa mendaftarkan di kelas merek 2 dengan nama merek “Sukses” juga. 

Ternyata, setelah kamu lakukan riset lebih lanjut, merek yang kamu miliki lebih cocok untuk masuk di kelas 2. Setelah itu kamu pun segera mendaftarkan kembali di kelas yang lebih tepat.

Sayangnya, kamu sudah tidak bisa memilikinya karena ternyata kompetitor lah yang pertama kali mendapatkan nama “Sukses” di kelas 2. Dengan begitu, kamu hanya bisa memilih nama lain lalu memperhatikan kembali mana kelas yang paling pas. 

Karena ada 45 pilihan, kamu bisa mulai dengan memasukkan kata kunci paling umum lebih dulu, lalu menyortir pilihan-pilihan yang paling tepat dengan cara menyesuaikan dengan bisnis yang sedang berjalan saat ini. Sekarang memilih kelas merek 2 juga sudah jauh lebih mudah dengan fitur Cari Kelas Merek dari Mebiso.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu