KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ini Dia Tanda-Tanda Kamu Harus Pilih Kelas Merek 6!

Ini Dia Tanda-Tanda Kamu Harus Pilih Kelas Merek 6

MEBISO.COM – Masih ragu pilih kelas merek 6? Penjelasan di bawah ini akan meyakinkan kamu untuk memilih kode 6 untuk dicantumkan pada formulir pendaftaran merek kamu.

Penjelasan Kelas Merek 6

Selesai dengan barang-barang dengan bahan dasar kimia, DJKI kemudian memberikan bahan dasar logam untuk kode 6 pada kelas merek. Sudah disampaikan oleh DJKI kalau kelompok ini akan lebih banyak melindungi produk dengan bahan dasar dari logam.

Lalu, logam seperti apa yang bisa kamu mintakan perlindungan di kelas 6?

Khusus untuk pengusaha, wajib memperhatikan penjelasan berikut. Pada kode kelas 6, logam yang dilindungi memiliki karakter sendiri. Bukan sembarang logam, karena kelas ini khusus untuk barang-barang yang penggunaannya adalah untuk keperluan bangunan dan rumah tangga. 

Misalnya, kalau kamu adalah pengusaha yang menjalankan produksi patung sebagai bentuk hiasan pada bangunan atau rumah. Tidak menggunakan semen, tapi kamu memilih untuk membuat hiasan tersebut dari logam.

Selain itu karena tujuannya adalah sebagai hiasan pada bangunan atau rumah, kamu membuatnya dengan bahan dasar logam. Tapi, bukan juga menggunakan logam mulia yang biasa digunakan untuk perhiasan. 

Sesuai penjelasan tersebut, kamu sudah tidak perlu ragu lagi untuk memilih kode nomor 6 pada saat pendaftaran merek. Selanjutnya, pastikan kamu juga memasukkan detail jenis barang di kelas yang sesuai.

Dengan begitu, kamu sudah sukses menjadi pemilik merek di kelas yang paling sesuai. Apakah ada hal lain yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih kelas 6?

Tentunya, sebagai pemilik merek, kamu perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini juga.

Tips Memilih Kelas Merek 6

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan pilihan kamu sudah yang paling tepat:

1. Logam

Pastikan bahan dasar dari produk kamu itu benar-benar dari logam. Karena sistem klasifikasi yang dibuat DJKI itu juga menganut bahan yang digunakan, maka pastikan langkah pertama ini sudah sesuai. 

2. Fungsi penggunaan utamanya adalah untuk perlengkapan rumah tangga

Karena banyak fungsi yang bisa digunakan dari bahan logam, langkah kedua yang bisa membantu kamu untuk memilih kode dengan tepat adalah dengan melihat dari cara penggunaannya. 

Apakah benda, yang kamu buat itu fungsi utamanya mendukung kebutuhan rumah tangga? Kalau jawabannya iya, maka kamu sudah semakin dekat dalam menentukan kelas merek yang paling tepat. 

3. Tidak mengandung logam mulia

Pastinya kamu sudah paham mengenai beberapa jenis logam yang ada. Dan apabila kamu tidak menggunakan logam mulia sebagai bahan dasarnya, artinya kamu sudah menemukan kelas yang paling tepat saat ini. 

Setelah menemukan kelas yang tepat, ada satu cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk bisa memastikannya kembali. Cara itu adalah dengan melihat pendaftaran merek milik kompetitor yang bergerak di bidang yang sama denganmu. 

Apakah pilihan kodenya juga sama dengan pilihan klasifikasimu? Kalau memang sudah sama, maka cara di atas sudah berhasil kamu terapkan. Selanjutnya, kamu sudah bisa mendaftarkan merek dengan kelas yang sama. 

Ingat juga, kamu perlu berhati-hati mengajukan permohonannya karena kalian sudah memilih kelas yang sama, artinya ada kemungkinan penolakan. Alasan terbesar penolakannya adalah karena kemiripan. Entah itu kemiripan yang sedikit atau justru benar-benar sama 100%.

Kamu juga sudah bisa mencari nama-nama merek kompetitor di kelas merek 6 dengan menggunakan fitur Cek Merek dari Mebiso.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu