KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Parfum Terkenal Di Dunia, Juga Perlu Perlindungan Merek?

parfum terkenal di dunia

MEBISO.COM – Berbicara mengenai parfum terkenal di dunia, memang sekarang sudah banyak jenis dan nama merek yang beredar. Bahkan beberapa merek fashion juga banyak yang meluncurkan produk parfumnya sendiri. Tapi tahukah kamu kalau parfum ternyata sudah dikenal sejak dulu. 

Dan bahkan bangsawan-bangsawan dulu sudah mulai menggunakan produk parfum favoritnya. Nah seperti yang kamu tahu undang-undang perlindungan merek di Indonesia yang saat ini adalah terbitan tahun 2016. Kira-kira bagaimana sistem perlindungan merek pada saat parfum-parfum bangsawan itu muncul?

Parfum Terkenal Di Dunia Asal Italia

Dari Italia ada salah satu parfum pertama di dunia yang sudah di kenal sejak tahun 1533. Nama parfum ini Acqua di S.M Novella. Menurut ulasan dari fragrantica.com, Acqua di Cologne ini juga biasa disebut sebagai Acqua della Regina. 

Meskipun awalnya di produksi secara manual tanpa bantuan pabrik, tapi saat ini parfum Acqua di S.M Novella sudah di produksi melalui proses industri dari pabrik Officina Profumo – Farmaceutica di Santa Maria Novella. 

Dengan produksi massalnya, tentu perusahaan akan memerlukan perlindungan merek. Kira-kira bagaimana perlindungannya saat ini?

Berdasarkan data pendaftaran merek dari WIPO, nama parfum ini sudah memiliki beberapa bukti pendaftaran merek. Dan bahkan tidak hanya di satu negara saja, perusahaan juga dengan serius melindungi nama mereknya di beberapa negara. 

Meskipun di buat sejak tahun 1533, ternyata pendaftaran mereknya yang paling awal ada di tahun 2022. Artinya, apakah sejak tahun 1533 sampai tahun 2022 nama merek ini tidak di lindungi?

Kalau menurut data perlindungan merek, hal itu adalah benar. Dan nama mereknya baru menjadi eksklusif sejak tahun 2022. Itupun hanya di negara-negara tertentu yang menerima pendaftarannya saja.

Pertanyaannya, bagaimana kemudian perlindungan nama parfum ini sejak tahun 1533? Untuk bisa menjawabnya, perlu di tinjau ke belakang lagi tentang sistem perlindungan merek di Italia.

Perlindungan Merek Parfum Terkenal Di Dunia

Menurut sejarahnya, perlindungan Kekayaan Intelektual di Italia pertama kali muncul pada tahun 1470. Apalagi dengan andil para ilmuwan besar, tentu permasalahan mengenai paten tidak bisa di anggap remeh pada saat itu. 

Dengan maraknya kemunculan beberapa penemuan baru, kepentingan perlindungan paten semakin mendesak. Secara umum, di sekitar tahun ini, perlindungan paten artinya adalah perlindungan atas penemuan-penemuan baru. 

Tentunya, penemuan atas parfum tersebut termasuk juga ke dalam penemuan baru. Dan atas dasar itulah seharusnya parfum tersebut juga berhak atas perlindungan KI. Dengan di kenalkannya perlindungan KI sejak tahun 1470, menyebabkan banyak negara lainnya yang kemudian mengadaptasi konsep perlindungan paten di Italia.

Dengan banyaknya negara lain yang mulai menyadari mahalnya sebuah penemuan, mengakibatkan pengetahuan tentang KI ini semakin berkembang. Barulah negara-negara yang berminat atas perlindungan KI kemudian menyatukan suaranya pada Konvensi Paris. Konvensi yang di adakan pada tahun 1883 ini kemudian mendorong munculnya jenis-jenis KI lainnya. 

Bukan hanya paten, tapi banyak istilah lain yang muncul seperti merek, desain industri, dan hak cipta. Mungkin disinilah awal mula adanya kebingungan penyebutan “paten atau merek”. Konvensi Paris ini mendorong lahirnya pengaturan mengenai perlindungan KI masing-masing negara anggotanya. 

Bisa dibilang Konvensi Paris ini tidak langsung memerintahkan negara-negara anggota untuk membuat peraturannya. Karena masing-masing negara juga memerlukan waktu untuk menyusun peraturan tersendiri. 

Sampai akhirnya peraturan mengenai KI muncul di Italia pada tahun 1942 muncul sebuah peraturan yang secara khusus menjelaskan mengenai “Trademark Rights and Use”. Sekitar 400 tahun kemudian sejak nama parfum itu dikenalkan. 

Sejak itulah muncul kemungkinan pendaftaran merek di Italia. Lalu bagaimana dengan penemu parfum pertama kali? Pada dasarnya, khusus untuk merek, yang bisa memproses pendaftarannya adalah pihak yang memasarkan meskipun bukan penemu pertama kali. Mau menjadi pemilik merek parfum terkenal di dunia juga? Mulai dengan melakukan pengecekan merek dengan fitur dari Mebiso.

Eksklusif Hanya Lewat Email!
Dapatkan Insight Seputar Merek, Paten, Bisnis dan Legal
We won’t spam you or sell your information.
Eksklusif Hanya Lewat Email!
Dapatkan Insight Seputar Merek, Paten, Bisnis dan Legal
We won’t spam you or sell your information.
WIKI KATEGORI
Mebiso newsletter
Langganan Email dan Dapatkan Insight Seputar
  • Merek
  • Tips Bisnis
  • Perlindungan Usaha
  • Legal
We won’t spam you or sell your information.
Mebiso newsletter
Langganan Email dan Dapatkan Insight Seputar
  • Merek
  • Tips Bisnis
  • Perlindungan Usaha
  • Legal
We won’t spam you or sell your information.
Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda