KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Pengusaha Wajib Paham Daftar Kelas Merek Dagang Berikut!

Pengusaha Wajib Paham Daftar Kelas Merek Dagang Berikut

MEBISO.COM – Dimana pengusaha bisa menemukan daftar kelas merek dagang? Semua jawabannya bisa kamu temukan melalui website resmi DJKI. Tapi untuk menentukan pilihan yang tepat terkait kelas, itu adalah hal lain. 

Disini kamu akan menemukan jawaban mengenai kelas-kelas merek yang tersedia sekaligus cara memilih klasifikasi terbaik untuk pengusaha.

Daftar Kelas Merek Dagang

Walaupun sebuah merek memang harus digunakan sebagai kegiatan perdagangan, tapi khusus untuk klasifikasi terkait produk ternyata ada pembagiannya. Dari seluruh kelas yang disediakan oleh DJKI, penjualan produk akhir disediakan sejumlah 34 pilihan.

Bagaimana dengan kelas lainnya? Khusus mengenai klasifikasi penggolongan merek sisanya dari 34 golongan itu adalah untuk penyedia jasa. Karena DJKI menyediakan 45 kelas, artinya kelas untuk barang/dagang lebih banyak dari pada kelas untuk penyedia jasa.

Kelas merek dagang, dalam bahasa sistem perlindungan merek penggolongan 34 kelompok itu adalah untuk produk-produk jadi. Penjualan barang secara langsung dan juga penyediaan barang yang tujuannya adalah untuk diterima langsung oleh konsumen. 

Dari kelas 1 sampai 5, kamu bisa menemukan barang-barang yang menggunakan bahan kimia sebagai bahan dasarnya. Mulai dari kelas 6 sampai 8 adalah untuk barang-barang dengan bahan dasar logam atau besi.

Selanjutnya mulai dari kelas 9 sampai 11 adalah barang-barang perkakas kebutuhan sehari-hari. Di kelas 12 adalah kendaraan-kendaraan yang bisa di gunakan oleh manusia, 13 adalah kelompok senjata, dan 14 adalah barang-barang perhiasan. 

Untuk kelas 15 adalah kelompok favorit musisi karena melindungi alat-alat musik. Kelas 16 mulai melindungi barang-barang berbahan dasar kertas atau karton. 17 barang dengan bahan dasar karet dan getah. 

Selanjutnya kelas 18 untuk produk dari kulit, berbeda lagi dengan kelas 19 sampai 22 menjadi kelompok produk yang di gunakan untuk kebutuhan rumah. Lebih khusus lagi kelas 23 sampai 27 untuk produk-produk berbahan dasar kain dan tekstil. 

Kelas 28 adalah untuk alat-alat permainan. Dan ada juga kelas favorit usaha F&B yaitu di kelas 29 sampai 33. Terakhir kelompok dengan kode 34 yang menyediakan produk berbahan dasar tembakau.

Jadi, dari 34 kelas, yang mana kah yang paling sesuai dengan usahamu?

Trik Memilih Daftar Kelas Merek Dagang 

Kira-kira kode yang mana yang paling sesuai dengan usahamu dari 34 kelas tersebut? Pembahasan selanjutnya adalah tentang cara ampuh memilih kode yang paling tepat. 

1. Buat daftar cara produksi 

Fungsinya adalah agar kamu paham seluk beluk produk yang kamu jual. Mulai dari cara produksi, bahan yang di gunakan, sampai bentuk terakhir yang kamu pasarkan. Seperti apa hasil produksi kamu?

2. Masukkan bahan dasar yang digunakan

Mungkin dalam satu kali produksi kamu menggunakan berbagai komposisi yang berbeda. Tapi apa komposisi yang paling banyak kamu gunakan? Dari jawaban tersebut coba masukkan nama atau kata kuncinya kepada sistem klasifikasi merek. 

Pilih pada beberapa pilihan maksimal sampai pada kode 34 saja. Abaikan dulu pilihan kelas jasa, karena kamu saat ini ingin mendaftarkan merek pada klasifikasi merek dagang.

3. Nama produk akhir yang kamu buat

Produk apa yang sebenarnya kamu jual? Langkah terakhir yang tentunya harus kamu lakukan adalah memasukkan nama produk akhir. Masih sama seperti langkah sebelumnya, karena kamu perlu mengabaikan dulu kelas lainnya. 

Masih perlu bimbingan ahli untuk menentukan kelas? Selain dari 3 trik di atas, ada satu cara cepat dengan langsung menemui ahli dari Jasamerek.com untuk mendapatkan kepastian terkait kode paling pas yang harus kamu pilih. Dari daftar kelas merek dagang yang sudah tersedia, kamu bisa lebih dimudahkan jika menggunakan fitur Cari Kelas Merek dari Mebiso.