KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Membuat NIB, Dokumen Wajib untuk Seluruh Pengusaha

Cara Membuat NIB, Dokumen Wajib untuk Seluruh Pengusaha

MEBISO.COM – Tahukah kamu? Sekarang ini ada dokumen wajib bagi seluruh pengusaha yang bernama NIB. Sudah mempersiapkan cara membuat NIB untuk bisnismu?

Kalau belum, artikel ini akan menjadi sebuah panduan mudah untuk kamu ikuti. 

Pengertian NIB Adalah 

Istilah ini merupakan sebuah singkatan salah satu dokumen perizinan untuk pengusaha. Kepanjangan NIB adalah Nomor Induk Berusaha yang mana tujuan dari dokumen ini pada mulanya adalah sebuah identitas dari perusahaan. 

Atau, pada awal kemunculannya, NIB berfungsi sebagai kartu identitas dari sebuah bisnis. Apakah hanya bisnis yang berbentuk perusahaan saja? Nyatanya tidak. Pemerintah memukul rata ketentuan mengenai kepemilikan NIB ini. 

Alhasil, kalau ada pertanyaan NIB wajib atau tidak? Maka jawabannya adalah wajib untuk seluruh jenis usaha yang kamu jalankan. Kemudian karena merupakan dokumen wajib, tentu pengurusan dokumen ini menjadi kebutuhan banyak orang. 

Dengan masifnya kebutuhan akan dokumen ini, pemerintah kemudian memberikan solusi dengan daftar NIB online. 

Syarat Membuat NIB

Sebagai sebuah dokumen wajib, kamu juga harus menyiapkan persyaratan dengan lengkap sebelum menuju pada cara membuat NIB. Ini dia beberapa persyaratan yang harus kamu lengkapi. 

1. Kartu Identitas

Dokumen identitas atau kartu identitas yang kamu miliki akan menjadi sebuah dokumen utama untuk bisa mendapatkan NIB perusahaan. Dokumen identitas yang harus kamu kirimkan adalah atas nama pemilik atau penanggung jawab perusahaan. 

Bahkan ketika perusahaan tersebut adalah milik asing, maka kamu juga perlu mengirimkan dokumen paspor dari pemilik perusahaan tersebut. Walaupun sebaiknya, kamu juga menunjuk seorang direktur WNI untuk urusan perizinan seperti ini. 

Akan lebih mudah ketika kamu menjalankan bisnis seorang diri, sehingga hanya KTP milikmu yang akan menjadi dokumen persyaratan. 

2. Dokumen Perusahaan atau NPWP

Berikutnya dalam rangkaian cara membuat NIB kamu juga perlu menyiapkan dokumen perusahaan atau minimal berupa NPWP. Meskipun pada kenyataannya syarat untuk mendapatkan NPWP adalah dokumen legalitas lengkap. 

Ketentuan berbeda ketika kamu menjalankan usaha kecil tanpa menggunakan badan usaha. Maka persyaratan NPWP ini bisa menggunakan NPWP pribadi milikmu. 

3. Keterangan Lokasi

Untuk persyaratan berikutnya, kamu juga harus menyediakan penjelasan mengenai lokasi usaha yang kamu gunakan. Baik berupa sewa, atau justru milik sendiri. Ketentuan ini juga berlaku ketika kamu menjalankan bisnis dari rumah. 

Pastikan kamu sudah melengkapi keterangan lokasi dari rumah tersebut. Hal ini karena salah satu langkah dalam cara membuat NIB adalah dengan mengirimkan bukti kepemilikan dari lokasi usaha tersebut. 

Cara Membuat NIB

Kalau seluruh persyaratan di atas sudah lengkap, selanjutnya kamu bisa memulai proses pengurusannya melalui sebuah sistem. Ini dia rincian mengenai cara mengurus NIB yang harus kamu lakukan. 

1. Pendaftaran Akun

Mulai cara membuat NIB dengan pendaftaran akun lebih dulu. Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan akun pada sistem. Pada tahap inilah kamu harus mengirimkan data pemohon baik untuk perusahaan maupun perorangan, lengkap dengan kontak yang masih aktif. 

Sistem akan melakukan verifikasi melalui kontak yang kamu lampirkan tersebut, dan akan memberikan hasilnya melalui email. Hasil dari verifikasi ini nantinya yang akan kamu gunakan untuk masuk ke dalam sistem perizinan.

2. Pengajuan Permohonan

Berhasil dengan proses verifikasi, selanjutnya kamu bisa menuju halaman pertama untuk mengajukan permohonan. Tenang saja, meskipun ada banyak jenis perizinan dalam sistem ini, tapi pertama kali sistem akan mengarahkanmu pada pengajuan NIB. 

Hal ini karena seperti penjelasan di atas, NIB adalah dokumen identitas berikut perizinan wajib bagi seluruh kegiatan usaha. Kalau setelah mendapatkan dokumen ini kamu perlu izin-izin yang lain, maka keputusannya berdasarkan NIB ini. 

3. Pengisian Data

Cara membuat NIB yang tidak kalah penting berikutnya adalah pada saat pengisian data. Karena dari sinilah yang akan menentukan apakah dokumen NIB berhasil terbit, dan bisa juga menentukan dokumen berikutnya yang mungkin kamu perlukan. 

Misalnya, seperti SIUP, atau izin-izin lanjutan lainnya. Sebenarnya apa perbedaan SIUP dan NIB? 

Nah, sekitar tahun 2020 ada perubahan besar-besaran mengenai dokumen perizinan. Tadinya, kamu harus memiliki NIB sebagai identitas bisnis, lalu juga dokumen izin sesuai dengan kegiatan usaha yang kamu jalankan. 

Kemudian, dengan adanya perubahan ini, dokumen perizinan sudah semakin ringkas. Ketika bisnis yang kamu jalankan termasuk sebagai risiko rendah, maka kamu tidak akan memerlukan SIUP atau izin lanjutan lain. 

Hal ini karena SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdagangan yang akan terbit ketika bisnis perdaganganmu termasuk sebagai risiko tinggi. 

4. Pengisian Komitmen

Selesai dengan informasi perusahaan berikut kegiatan usahanya, cara membuat NIB berikutnya adalah dengan mengisi komitmen pengusaha. Tidak ada data yang perlu kau masukkan disini, karena kamu hanya perlu mencermati, memahami, dan menyetujuinya.

5. Cetak Dokumen

Langkah terakhir adalah ketika sistem sudah mengarahkanmu untuk melakukan pencetakan dokumen. Bukan hanya NIB, tapi bisa saja kamu mendapatkan beberapa dokumen tambahan pada proses ini. 

Sekarang, dokumen perizinan milikmu sudah bisa dilakukan cek NIB online dan sudah bisa dilihat oleh pengusaha lainnya. Bahkan, ketika sudah selesai proses cetak, sistem akan memberikanmu contoh NIB untuk melakukan perubahan apabila ada kesalahan. 

Melengkapi Dokumen Perusahaan

Berhasil dengan cara membuat NIB di atas? Lanjutkan proses melengkapi dokumen perusahaan milikmu dengan perlindungan merek. Caranya, mulai gunakan fitur Cek Merek untuk mendapatkan rekomendasi merek terbaikmu!

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu