KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Canggih! Sekarang Bisa Download E Sertifikat Merek Sendiri

Canggih! Sekarang Bisa Download E Sertifikat Merek Sendiri

MEBISO.COM – Download e sertifikat merek apakah harus melalui konsultan? Karena sudah semakin canggih, sekarang kamu bisa mengunduh dokumen sertifikat sendiri dari rumah! Bagaimana caranya? Simak baik-baik cara mendapatkan sertifikat merek dari artikel berikut.

Apa Itu E Sertifikat?

Sebuah dokumen yang menentukan kalau proses pemeriksaan merek kamu sudah selesai. Singkatnya, kamu bisa memahami sertifikat seperti itu. Untuk bisa mendapatkan dokumen ini, kamu harus melakukan pendaftaran dulu. 

Nantinya, pada saat sertifikat terbit, kamu akan mendapatkan dua dokumen. Pertama, adalah bukti pengajuan perlindungan dan selanjutnya adalah dokumen pendaftaran merek. Tidak semua pengusaha bisa mendapatkan dokumen ini, karena ada proses pemeriksaan yang harus berhasil dilewati dulu. 

Beberapa tahapan yang harus dilalui untuk bisa mendapatkan dokumen ini adalah:

  1. Pemeriksaan persyaratan awal;
  2. Pemeriksaan substansi merek;
  3. Penerbitan sertifikat.

Dan, untuk bisa menyelesaikan seluruh tahapannya juga berbeda-beda per masing-masing merek. Tapi, karena seluruh prosesnya sudah dilakukan secara online, kamu tidak perlu khawatir. 

Sekarang, dokumen sertifikat bisa terbit bahkan kurang dari 1 tahun! Walaupun banyak juga yang baru bisa mendapatkan sertifikat sampai 3 tahun sejak pengajuannya pertama kali. Mau bisa dapat sertifikat dengan cepat? 

Coba perhatikan beberapa tips berikut:

  1. Pengajuan merek sudah tepat sesuai dengan produk yang kamu pasarkan
  2. Penggunaan nama sudah aman jika dibandingkan dengan merek lain atau ketertiban umum
  3. Pemilik merek responsif dalam setiap notifikasi yang dikirimkan

Kalau sudah memastikan kamu melakukan hal-hal di atas, jangan khawatir lagi karena sertifikat bisa segera kamu terima dari kotak masuk akun merekmu. Ingat, kamu hanya bisa mendapatkan sertifikat dari kotak masuk akun merek. 

Inilah alasan penyebutannya menjadi download e sertifikat merek. Lalu apakah semua orang bisa mendownload sertifikatnya sendiri? Simak jawabannya pada sub bab berikutnya.

Apakah Bisa Download E Sertifikat Sendiri?

Pertanyaan yang masih sering muncul adalah “Apakah pengusaha bisa langsung mendownload sertifikat sendiri?”

Beruntungnya, saat ini DJKI sudah semakin memudahkan proses mendapatkan hak merek. Pernah mengalami pengajuan penerbitan sertifikat memakan waktu berbulan-bulan? Atau kamu bahkan perlu mengeluarkan biaya tertentu untuk dapat sertifikat?

Sekarang kamu sudah tidak perlu lagi seperti itu. Tanpa perlu biaya pengajuan penerbitan sertifikat, atau tambahan biaya untuk mencetak sertifikat secara fisik karena kamu sudah bisa mendapatkan sertifikat secara instan!

Masih ingat akses akun merek yang kamu buat pertama kali pada saat mengajukan merek? Ketika status merek sudah menjadi “terdaftar”, kamu bisa langsung menuju akun merek lalu melihat pada bagian kotak masuk. 

Salah satu pesan yang dikirimkan oleh DJKI itu bisa saja adalah dokumen sertifikat yang sudah kamu tunggu-tunggu. Setelah itu, kamu bisa langsung melihat lampiran yang dikirimkan oleh DJKI.

Pastikan semua isian sudah sesuai, mulai dari nama pemohon, alamat, dan jangan lupa juga identitas merek. Kalau sertifikat yang kamu terima ternyata bukan untuk merekmu, kamu masih punya kesempatan untuk mengajukan perbaikan. 

Bahkan setelah mengajukan perbaikan pun kamu tidak perlu waktu yang lama, DJKI akan dengan cepat merespon permohonanmu lalu sertifikat merek yang tepat akan segera dikirimkan kembali ke akun merek. 

Satu-satunya cara untuk mendapatkan sertifikat hanya melalui akun merek masing-masing pemilik. Bahkan kamu pun sudah tidak perlu mencetak dokumen itu. E sertifikat itu sudah sama kuatnya dengan sertifikat fisik jaman dulu. Untuk bisa menentukan waktu yang tepat download e sertifikat merek, sekarang kamu bisa mencari tahu tentang perkembangan status merek melalui fitur Monitoring Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda