KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Kelas Merek 4: Penjelasan dan Tips Memilih Produknya

Kelas Merek 4 Penjelasan dan Tips Memilih Produknya

MEBISO.COM – Sebagai penjelasan untuk jenis barang dan jasanya, memutuskan untuk memilih kelas merek 4 juga tidak bisa sembarangan. Karena dari seluruh kelompok yang disediakan, kelas 4 juga memiliki karakternya sendiri. 

Tentunya, pengusaha tidak bisa sembarangan memilih kelas ketika sudah mulai pendaftaran. Jadi, penting bagi pengusaha memahami artikel ini untuk mendapatkan penjelasan dan juga tips pemilihan produk di kelas 4.

Penjelasan Kelas Merek 4

Pada keterangan yang disampaikan oleh DJKI mengenai kelas 4, kelompok kelas ini melindungi pada jenis produk minyak, lilin, dan juga bahan bakar lainnya. Pada kelompok ini, secara garis besar adalah melindungi bahan bakar.

Tapi, berdasarkan cara penggunaannya, pemilik merek juga bisa memilih kelas ini untuk produk yang tidak di gunakan sebagai bahan bakar. Hal ini bisa kamu gunakan sebagai bekal dalam memilih kelas merek. 

Misalnya, pada pangkalan data yang disediakan oleh DJKI, ketika kamu memasukkan kode klasifikasi 4, pastinya akan muncul beberapa nama merek yang berhasil terdaftar. Dalam satu kata kunci saja, kamu bisa menemukan beberapa jenis produk yang berbeda-beda. 

Misalnya adalah kata kunci “Candle”, apakah hanya produk lilin saja yang tersedia? Nyatanya tidak, karena ada juga produk-produk lilin aromaterapi yang di lindungi. Sama halnya dengan kata kunci “Oil”, yang nantinya akan muncul bukan hanya minyak bahan bakar saja. 

Beberapa pengusaha pemilik merek di kelas 4, juga melindungi produk minyak-minyak pelumas mesin yang di gunakan pada kendaraan bermotor. Dari penjelasan singkat di atas, maka penentuan kelas 4 itu ada beberapa cara:

  1. Penggunaan bahan dasar
  2. Cara memanfaatkan produk
  3. Manfaat dari produk

Tips Memilih Produk Kelas 4

Karena ada 3 kriteria yang menentukan kelas 4, maka tips untuk memilih dan menentukan kelas mereknya harus sesuai dengan kriteria tersebut.

1. Penggunaan bahan dasar

Misalnya, apa bahan dasar yang di gunakan untuk membuat produk lilin itu? Dalam kelas yang sama, tidak hanya menyediakan produk lilin yang kamu gunakan secara langsung itu. 

Ada juga bahan dasar lilin, juga ada sumbu lilin. Bahan dasar dan juga sumbu lilin yang terpisah ini semuanya terlindungi pada kelas yang sama. 

2. Cara memanfaatkan produk

Masih pada produk lilin, cara memanfaatkannya adalah dengan menyulutkan api pada sumbu lilin. Jadi, untuk lilin aromaterapi yang fungsinya bukan untuk penerangan juga di lindungi pada kelas yang sama. 

Contoh lainnya, untuk produk berbahan minyak. Sepanjang produk tersebut di gunakan untuk keperluan kendaraan bermotor, maka bisa termasuk ke dalam kelas merek 4. 

3. Manfaat dari produk

Pada penjelasannya secara umum, kelas 4 ini adalah untuk perlindungan bahan dasar untuk bahan bakar. Atau bisa juga sebagai sumber energi lainnya. Dicontohkan pada minyak pelumas, ternyata bahan berbentuk minyak yang kegunaan atau manfaatnya adalah untuk kendaraan bermotor akan masuk ke dalam kelas 4. 

Cara-cara di atas bisa kamu terapkan sebagai tips khusus untuk memilih kelas merek dengan tepat. Walaupun kamu bisa langsung memasukkan kata kuncinya, namun akan lebih baik lagi apabila kamu berhasil menentukan jenis barang atau jasanya secara spesifik. 

Dengan begitu, kamu sudah menutup kemungkinan kompetitor merebut nama merek karena kesalahan pemilihan kelas pada awal prosesnya. 

Kelas merek 4, bisa juga kamu artikan sebagai kelas merek yang fokusnya adalah untuk melindungi bahan-bahan yang berkaitan dengan energi. Untuk bisa mempelajari lebih jauh mengenai kelas-kelas merek yang ada, kamu bisa melihatnya melalui fitur Cari Kelas Merek dari Mebiso.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu