KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Kelas Merek 30 Jadi Yang Paling Populer Di Antara 45 Kelas

Kelas Merek 30 Jadi Yang Paling Populer Di Antara 45 Kelas

MEBISO.COMKelas Merek 30 Jadi Yang Paling Populer Di Antara 45 Kelas. Kelas merek adalah jenis pengelompokan yang di buat oleh sebuah organisasi dunia. Fungsi pengelompokan ini agar pengusaha lebih mudah sekaligus lebih tepat dalam menentukan perlindungan mereknya. Lebih spesifik, kelas merek 30 ini banyak di gunakan untuk produsen kopi. 

Tidak sembarangan, bahkan pengelompokan merek ini juga yang menunjukkan kegiatan usaha dari pemilik merek. 

Apa Itu Kelas Merek?

Bisa dibilang, kelas adalah kelompok dari barang dan jasa. Setiap kegiatan usaha yang di jalankan oleh seorang pengusaha, selalu memiliki karakteristiknya sendiri. Karakteristik inilah yang membagi kelas-kelas tersebut. 

Jadi salah satu hal yang wajib sebelum bisa memproses pengajuan merek, langkah pertama untuk menentukan kelas adalah pengusaha harus memahami bisnisnya dulu. Mulai dari cara mendapatkan bahan baku, cara pemasarannya, bahkan jenis produk akhir yang di pasarkan. 

Setelah itu, pengusaha bisa memilih kelas yang paling tepat dengan jenis usahanya. Cara mudah lainnya, calon pemilik merek bisa melihat pendaftaran merek yang dilakukan oleh kompetitornya. 

Seperti data yang berhasil di rekam oleh Ditjen KI, saat ini ada kelas favorit pengusaha dengan permohonan terbanyak di bandingkan dengan kelas lainnya. Kelas ini adalah kelas 30. 

Baca juga: Pengertian Kelas Merek

Kelas Merek 30

Jadi yang paling populer, sampai akhir Februari 2023 lalu, kelas 30 ini sudah di proses sampai 15 ribu permohonan. Artinya, ada 15 ribu pengusaha yang menjalankan kegiatan usaha serupa. 

Kelas merek 30, berada di kelompok merek produk. Secara spesifik, ada produk makanan ringan berupa roti dan kue, lalu juga produk minuman seperti kopi dan teh. Selain itu, kelas ini juga melindungi produk kebutuhan dapur lainnya seperti gula, garam, dan bumbu dapur lain. 

Karena menjadi kelas paling populer, maka pengusaha yang bergerak dalam bidang serupa pada kelas 30 ini juga perlu berhati-hati sebelum memproses pendaftaran mereknya. Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan sebelum memilih kelas 30 sebagai berikut:

Penggunaan nama

Di antara 15 ribu pemilik merek di kelas 30, apa kata yang paling banyak di gunakan dalam mendaftarkan merek? Kalau kamu sudah menemukannya, sebaiknya kamu menghindari nama yang sudah banyak itu agar kamu bisa tetap mendapatkan hak merek. 

Pemilihan produk

Sudah pasti memilih kelas 30, tapi ternyata tidak bisa hanya berhenti disitu saja. Kamu masih perlu memilih barang secara spesifik di dalam kelompok kelas 30 itu. 

Pemilihan produk yang tepat, ternyata bisa menyelamatkan nama merekmu. Nyatanya, Ditjen KI bisa memberikan kemungkinan pendaftaran atau penghapusan sebagian ketika terjadi perebutan merek. 

Artinya, bisa saja ketika kamu terlanjur memilih nama merek yang sama dengan nama merek lain, Ditjen KI meloloskan nama merek kamu karena adanya produk yang berbeda. 

Memilih keterangan produk yang tepat juga bisa menjadi strategi perlindungan merek yang mudah bagi pelaku usaha. Dengan begitu, permohonan pengajuan merek selalu aman sampai terbit sertifikat. 

Selain 2 hal yang harus kamu perhatikan tersebut, ada cara yang lebih mudah untuk menyelamatkan nama merek. Caranya adalah dengan menghubungi Jasamerek.com yang terbukti berhasil mendaftarkan merek dengan cepat dan tepat. 

Jasamerek.com adalah sebuah biro jasa yang sudah bekerja sama dengan Mebiso, sehingga kamu tidak perlu lagi ketepatan dalam menyelesaikan permohonan kamu. 

Karena tingginya permohonan di kelas merek 30, pengusaha memang perlu lebih berhati-hati. Tapi saat ini kamu sudah bisa tenang, karena sekarang Mebiso sudah menyediakan fitur Cek Merek sehingga pencarian nama merekmu akan semakin mudah.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu